STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MENGATASI KEJENUHAN BELAJAR SISWA DI SD INPRES GARING KECAMATAN TOMPOBULU KABUPATEN GOWA
Abstract
Penelitian ini bertujuan 1). Untuk mengetahui Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Proses Belajar Mengajar siswa di SD Inpres Garing Kecamatan Tompobulu Kabupaten Gowa. 2). Gambaran Kejenuhan Belajar Siswa di SD Inpres Garing Kecamatan Tompobulu Kabupaten Gowa. 3). Hasil Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi kejenuhan belajar siswa di SD Inpres Garing Kecamatan Tompubulu Kabupaten Gowa. Metode yang digunakan penelitian adalah penelitian kualitatif. Data-data yang diperlukan dalam penelitian ini berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Seluruh data yang terkumpul dianalisis berupa reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitan menunjukkan bahwa, strategi ekspositori guru Pendidikan Agama Islam dalam proses belajar mengajar merupakan interaksi edukatif yang dilakukan oleh Guru dan peserta didik di dalam situasi tertentu, dan kemampuan dalam membuat perancangan materi pelajaran hendaknya menyesuaikan metode pembelajaran yang digunakan sesuai dengan karakteristik siswa dan memotifasi mereka untuk belajar, Gambaran kejenuhan belajar siswa di SD Inpres Garing Kecamatan Tompobulu Kabupaten Gowa dalam melakukan proses belajar mengajar, siswanya sering keluar masuk kelas dengan alasan buang air kecil, buang sampah, dan cuci muka karna mengantuk dan ada juga teriak-teriak sambil pukul-pukul meja, ada pula yang tidur dimeja. Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi kejenuhan belajar siswa dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah, menggunakan strategi ekspositori dengan cara mengatasinya menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, diantaranya menghindarkan suasana kaku, tegang, apalagi menakutkan dalam belajar, menyisipkan humor - humor yang segar dan mendidik tidak memberikan soal - soal yang terlalu sukar, dan membuat lingkungan belajar yang menggairahkan menciptakan suasana kelas yang nyaman seperti meja belajar di hiasi dengan sesuatu yang menyegarkan dan memberi semangat pada siswa dan mengadakan refresing caranya bisa dengan menyertakan musik dalam ruangan belajar dan pada saat tertentu ajak siswa belajar di luar kelas seperti di lapangan. selain untuk melihat kemampuan guru juga mampu meningkatkan prestasi belajar siswa karna dengan adanya strategi dalam mengatasi kejenuhan belajar siswa ini, guru lebih gampang untuk mengarahkan siswa dalam belajar agar lebih mudah dipahami.
Kata kunci: Strategi Guru Pai dan Kejenuhan belajar siswa
Full Text:
PDFReferences
Al-Qur’an, Al-Karim.
Al-Rasyidin dan Nasution Wahyudin Nur. 2015, Teori Belajar dan Pembelajaran. (Medan: Perdana Publishing).
Alma, Buchari. 2009, Guru Profesional Menguasai Metode dan Terampil Mengajar, (Cet. II; Bandung: Alfabeta).
Arikunto, Suharsimi. 2006, Prosedur Penelitian Sesuatu Pendekatan Praktik, (Jakarta: Rineka Cipta).
Ahmadi, Abu. 1997, Strategi Belajar Mengajar ( Bandung : Pustaka Setia).
Djamarah, Syaiful Bahri. 2013, Strategi Belajar Mengajar, (Jakarta : Rineka Cipta).
Dimyati dan Mudjiono, 2006, Belajar dan Pembelajaran (Rineka Cipta, Jakarta).
Gunawan, Imam. 2013, Metode Penelitian Kualitatif Teori dan Praktek,(Jakarta: Bumi Aksara).
Hasbullah, 2012, Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional, ( Jakarta: Rajawali Pers).
Hasil Observasi awal di SD Inpres Garing Kecamatan Tompobulu Kabupaten Gowa, Pada Hari Kamis Tanggal 17 November 2022, pukul. 09.00-11.00 WITA.
Hakim, Thursan. 2005, Belajar secara Efektif (Cet, V; Jakarta: Puspa Swara).
Kementrian Agama 2005 RI“Al-Quran Dan Terjemahnya” (Bandung, CV Penerbit Diponegoro).
Maman Sutarman dan Asih. 2016, Manajemen anak Usia Dini (Bandung: Pustaka Setia).
Muhaimin,et.al. 2004, Paradigma Pendidikan Islam Upaya Mengektifkan Pendidikan Agama Islam,(Bandung: Remaja Rosda Karya).
Moleong, Lexy J. 2010, Metodologi Penelitian Kualitatif, (Bandung : Rosda Karya).
Nawawi, Hadari. 2011, Metode Penelitian Bidang sosial,(Yogyakarta Gadja Mada University Press).
Reinhartz, Judy and Beach, Don M. 1997, Teaching and Learning in Elementary School. Columbus, Ohio : Merril, an Imprint of Prentice Hall.
Shapiro, Lawrence E. 1997 Kiat-kiat Mengajarkan Emosional Anak, ( Jakarta: Gramedia).
Subagyo, Joko P. 2005, Metode Penelitian Dalam Teori dan Praktek,(Jakarta: Rineka Cipta).
Sugiyono, 2011, Metode Penelitian Pendidikan, (Bandung : Alfabeta).
Slameto, 1991, Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya ( Jakarta: Rineka Cipta).
Sudarman, Paryati. 2004, Belajar Efektif di Perguruan Tinggi, (Bandung: Simbiosa Rekatama Media).
Suryabrata, Sumadi. 1988, Metodologi Penelitian (Jakarta Raja Grafindo Persada).
Sanjaya, Wina. 2006, Penelitian Pendidikan, (Bandung,Kencana Prenada Media Group).
Syah, Muhibbin. 2004 Psikologi Dengan Pendekatan Baru (Cet. IX; Bandung: Remaja Rosdakarya).
Umar Husain, 2009, Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis Bisnis,(Jakarta: Rajawali Pres).
Refbacks
- There are currently no refbacks.