Korelasi Antara Kemampuan Membaca Al-Qur’an Dengan Program Tahfidzul Qur’an Di Mts/Ma Muallimat Aisyiyah Cabang Makassar

Tahira Nur Annisa, Sumiati Sumiati, Elli Elli

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kemampuan Membaca Al-Qur’an siswa di MTs/MA Muallimat Aisyiyah Cabang Makassar dan untuk mengetahui Peran Program Tahfidzul Qur’an di MTs/MA Mualliamt Aisyiyah Cabang Makassar serta untuk mengetahui Korelasi Antara Kemampuan Membaca Al-Qur’an Dengan Program Tahfidzul Qur’an di MTs/MA Mualliamat Aisyiyah Cabang Makassar. Hasil uji pendahuluan meliputi Kemampuan Membaca Al-Qur’an Antara Kemampuan Membaca Al-Qur’an Dengan Program Tahfidzul Qur’an diperoleh hasil bahwa hasil analisis kemampuan membaca al-Qur’an diperoleh nilai tertinggi 97, nilai terendah 76 dan nilai rata-rata 85. Dengan demikian, rata-rata kemampuan membaca al-Qur’an yang dimiliki oleh siswa tahfidz termasuk dalam kategori “Baik”. Berdasarkan perolehan nilai rxy dan rtabel yaitu pada taraf signifikansi 5% menunjukkan rxy   rtabel dengan nilai (0,552  0,404) dan pada taraf signifikansi 1% menunjukkan rxy   rtabel (0,552  0,151). Menyatakan bahwa (Ha) diterima. Artinya terdapat korelasi antara kemampuan membaca al-qur’an dengan program tahfidzul qur’an.

 

Kata Kunci : Program, Tahfidz, Tahfidzul, Korelasi


Full Text:

PDF

References


Abu al-Husain Muslim bin al-Hajjaj al-Qusyairi an-Nasaiburi. Shahih Muslim, Jus 1, Jakarta: Almahira, 2012.

Achmad Annuri. Panduan Tahsin Tilawah Al-Qur’an dan Pembahasan Ilmu Tajwid, cet ke-1, Jakarta: Pustaka Al-Kautsar, 2010.

Ahmad Syarifuddin. Mendidik Anak Membaca, menulis, dan mencintai Al-Qur’an, cet.v, Jakarta: Gema Insani Press, 2008.

Aini, S. 2020. Keluarga Qurani: Berinteraksi dengan Al-Qur’an Selaras Zaman. Sukoharjo: CV Epigraf Komunikata Prima.

Al-Qur’an dan Terjemahannya Kemenag. 2011. Jakarta: Adhi Aksara Abadi Indonesia.

Aminuddin, H., & Syuhada, H. 2001. Al-Qur’an Hadis Madrasah Tsanawiyah Kelas VII. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Amiruddin, Z. 2010. Pendekatan Penelitian Statistik Pendidikan, Yogyakarta: Teras.

Annuri, A. 2018. Panduan Tahsin Tilawah Al-Qur’an & Ilmu Tajwid. Jakarta: Pustaka Al Kausar.

Arifin, G., & Faqih, S. A. 2010. Al-Qur’an Sang Mahkota Cahaya Ajak dan Ajari Anak-anak Kita Mencintai, Membaca, dan Menghafal Al-Qur’an. Jakarta: PT Alex Media Komputindo.

Departemen Pendidikan Nasional. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: BalaiPustaka, 2007.

Depdiknas, 2003, Undang-undang RI No. 20 tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Eri Sarimanah. Model Learning Community Melalui Pembelajaran Membaca Berbasis Lesson Study, Bogor: UIKA Press, 2018.

Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang.

Hafnil Ladjid. Pengembangan Kurikulum Menuju Kurikulum Berbasis Kompetensi, Jakarta: Quantum Teaching, 2005.

Hasan, A. R. 2022. Metode Tahfidz Al-Qur’an Metode Patas. Jakarta: Yayasan Alumni Perguruan Tinggi Ilmu Al-Qur’an.

Husaini Usman. 2000. Pengantar Statistik. Jakarta: Bumi Aksara.

Jasa Ungguh Muliawan. Metodologi Penelitian Pendidikan Dengan Studi Kasus, Yogyakarta: Gava Media, 2014.

Juliansyah, N. 2012. Metode Statistika Untuk Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Ombak.

Khoiruddin, M. (2018). Pengaruh Program Tahfidzul Qur’an dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa: Studi Pada Mahasiswa PKD dan PKP Universitas Djuanda Bogor. Jurnal Pendidikan Islam. 7(2).

Kuswoyo. 2021. Pengantar Studi Ilmu-ilmu Al-Qur’an. Pekalongan: PT. Nasya Expanding Management.

LPPTKA BKPMRI. Panduan Kurikulum dan Pengajaran TK/TP AlQur’an, Jakarta: LPPTKA BKPMRI, 2010.

Machali, I., & Hidayat, A. 2018. The Handbook Of Education Managenent Teori dan Praktik Pengelolaan Sekolah/Madrasah di Indonesia. Jakarta: Kencana.

Manna’ Khalil al-Qattan. Studi Ilmu-Ilmu Qur’an, cet ke-15, Bogor: Pustaka Litera AntarNusa, 2015.

Mardari, A., Sukma, H. H., Martaningsih, S. T., & Maryani, I. 2021. Peran Guru Dalam Membentuk Karakter Siswa (Antologi Esai Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar). Yogyakarta. UAD Press.

Moh. Wahyudi. Ilmu Tajwid Plus, cet ke-2, Surabaya: Halim Jaya, 2008.

Mohammad Hatta bin Usman. Metode Hattaiyyah, Membebaskan Buta Aksara Alquran Dalam 4,5 Jam. Jawa Barat: Lembaga Kesejahteraan Pendidikan Hattawiyah. 2000

Muhammad Aman Ma’mun. “Kajian Pembelajaran Baca Tulis AlQur’an”, Annaba: Jurnal Pendidikan Islam, Vol 4, no. 1, Maret 2018.

Muhibbin Syah. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru, cet ke15, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2010.

Nurhadi. Teknik Membaca, Jakarta: Bumi Aksara, 2016.

Nurjaman, A. 2020. Peningkatan Kemampuan Berfikir Kritis Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Melalui Implementasi Desain Pembelajaran “Assure”. Indramayu: CV. Adanu Abimata.

Ramayulius. Metode Pendidikan Islam, Jakarta: Kalam Mulia, 2008.

Rokim, Ahadiyah, W., & Muafah, I. Z. 2021. Solusi Mudah dan Menyenangkan Belajar Al-Qur’an. Lamongan: Nawa Litera Publishing.

Rosihon Anwar, Ulumul Qur’an, cet ke-7, Bandung: Pustaka Setia, 2017.

Sucipto. 2020. Tahfidz Al-Qur’an Melejitkan Prestasi. Jakarta: Guepedia.

Sugiyono. 2013. Metode penelitian Kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta CV.

Suharsimi Arikunto. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta, 2010.

Suharsimi. 2002. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta, Cet.XII.

Syaikh Imam Al-Qurthubi. Tafsir Al-Qurthubi, Jakarta: Pustaka Azzam, 2009.

Wijayanto. Love Banget Sama Al-Qur’an, Jakarta: Pustaka Oasis, 2006.

Yulianti, L. 2018. Korelasi Antara Kemampuan Berbahasa Arab Dengan Membaca Al-Qur’an Siswa Kelas VIII MTs Nurul Qodiri Tiga Gayau Sakti Lampung Tengah. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Lampung.

Yusuf, A. M. 2014. Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.