Peranan Pengawas Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan KompetensiProfesional Guru Di SMP Unismuh Makassar
Abstract
Tujuan Penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui peranan pengawas pendidikan agama islam di SMP Unismuh Makassar. 2) Untuk mengetahui peranan pengawas pendidikan agama islam dalam meningkatkan kompetensi profesional guru di SMP Unismuh Makassar. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah penelitian kualitatif. Data-data yang diperlukan dalam penelitian ini berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Seluruh data yang terkumpul dianalisis berupa reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Peranan pengawas pendidikan agama islam di SMP Unismuh Makassar yaitu memberi pemahaman kepada guru PAI agar bersungguh-sungguh menjadi pendidik yang tangguh dan mendahulukan nilai-nilai spritual seperti akidah, akhlak, serta nilai-nilai sosial terhadap masyarakat. Jadi peranan pengawas PAI yang wajib dilaksanakan ada empat yaitu memantau, mengevaluasi pembelajaran, menilai, dan yang terakhir melakukan kunjungan monitoring kepada guru yang bersangkutan. 2) peranan pengawas PAI terhadap peningkatan kompetensi profesional guru di SMP Unismuh Makassar yaitu sebagai pilar penentu kebijakan pendidikan agama islam. hal ini yang biasa dilakukan adalah pemantauan, monitoring, kemudian memeriksa, mengevaluasi hasil kerja guru PAI yang ada di sekolah dan yang terakhir melakukan penilaian terstruktur kepada guru PAI yang berhak mendapatkan sampel kualitas guru yang terbaik dan membantu guru melaksanakan pembelajarannya, jadi pengawas PAI itu adalah mitra guru, mitra kepala sekolah dan mitra siswa untuk memfasilitasi mereka belajar pendidikan agama islam secara baik.
Kata Kunci : Peranan Pengawas PAI, Kompetensi Profesional Guru
Full Text:
PDFReferences
Al Quran Al Karim
Almanshur, Fauzan, dan M. Djunaidi Ghony, 2016. Metode Penelitian Kualtatif, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Aqib, Zainal, 2002. Profesionalisme Guru dalam Pembelajaran, Cet.I; Surabaya : Insan Cendekia.
Arifin, 1996. Kapita Selekta Pendidikan Islam dan Umum, Cet. III; Jakarta: Bumi Aksara.
Basyiruddin Usman, dan Syarifuddin Nurdin, 2003. Guru Profesional dan Implementasi Kurikulum, Cet: II; Jakarta Ciputat Press.
Darajat, Zakiah, DKK, 2006. Ilmu Pendidikan Islam, Cet. IV; Jakarta: Bumi Aksara.
Darma, Surya, 2008. Peranan dan Fungsi Pengawas Sekolah/ Madrasah. Dalam Jurnal Tenaga Kependidikan, Jakarta, Depdiknas.
E, Mulyasa, 2008. Standar Kompetensi dan sertifikasi Guru, Cet. III,Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Hamalik, Oemar, 2002. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Sistem, Cet.I; Jakarta: Bumi Aksara.
Hamalik, Oemar, 2008. Pendidikan Guru Berdasakan Pendekatan Kompetensi, Cet. V; Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Imran, Ali, 1995. Pembinaan Guru di Indonesia, Jakarta: PT. Dunia Pustaka Jaya.
Indrawan, Irjus, Dkk, 2019. Guru Profesional, Jateng: Lakeisha.
Kementrian Agama RI, 2005. Profesionalisme Pelaksanaan Pengawasan Pendidikan, Jakarta: Dirjend Kelembagaan Agama Islam.
Kementrian agama RI, 2007. Pedoman Pengawas Pendidikan Agama Islam Pada SD, SMP, SMA DAN SMK, Jakarta.
Kementrian Agama RI, 2014. Pedoman Pelaksanaan Supervisi Pendidikan Agama, Jakarta: Direktorat Jenderal Kelembagaan Agama Islam.
Komariah, Aan, dan Engkoswara, 2010. Administrasi Pendidikan, CV. Alfabeta.
Moleong, Lexy J, 2009. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT. Remaja Rosadakarya.
Nata, Abuddin, 2003. Manajemen Pendidikan; Mengatasi Kelemahan Pendidikan Islam di Indonesia, Cet.I; Jakarta; Prenada Media.
Purwanto, Ngalim, 2005. Administrasi dan Supervisi Pendidikan, Cet. I; Bandung : Rosda Karya.
Riyanto, Yatim, 2001. Metodologi Penelitian Penelitian Pendidikan, Surabaya: SIC.
Sabri, Alisuf, 1992. Mimbar Agama dan Budaya, Cet.I; Jakarta: Pusat Penelitia n dan Pengabdian Masyarakat IAIN.
Sadily, Hassan, dan John M. Echols, 1996. Kamus Inggris Indonesia, Cet. XXIII; Jakarta: PT. Gramedia.
Sahertian, Piet, 2014. Konsep Dasar Teknik Supervisi Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta,
Shohih Bukhori : 6010; As Sayyid Mahmud Al-Hawary,, Idarah al Asasul wal Ushulil Ilmiyyah
Sugiyono, 2005. Memahami Penelitian kualitatif, Bandung: Alfabeta.
Tafsir, Ahmad, 2001. lmu Pendidikan dalam Prespektif Islam, Cet. IV; Bandung: Remaja Rosdakarya.
Timotius, Kris H, 2017. Pengantar Metodologi Penelitian: Pendekatan Manajemen Pengetahuan Untuk Perkembangan Pengetahuan, Yogyakarta: Andi.
Undang-undang Republik Indonesia No. 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, Cet I Jakarta; Asa mandiri.
Usman, Moh, Uzer, 2007. Menjadi Guru Profesional, Cet. XXI; Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Yamin, Martinis, 2007. Profesionalisasi Guru dan Implementasi KTSP, Cet. II; Jakarta: Gaung Persada Press.
Refbacks
- There are currently no refbacks.