Kontribusi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pembinaan Karakter Siswa Di Sman 10 Gowa
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menganalisis kontribusi guru Pendidikan Agama Islam dalam pembinaan karakter siswa di SMAN 10 Gowa, (2) untuk mendeskripsikan gambaran karakter siswa di SMAN 10 Gowa dan (3) untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat guru Pendidikan Agama Islam pada karakter siswa di SMAN 10 Gowa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif sebagai instrumen untuk memperoleh data, informasi dan dokumen dari informan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi digunakan untuk melengkapi data yang dibutuhkan. Kemudian data yang telah terkumpul dianalisis melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1)Kontribusi yang dilakukan oleh Guru Pendidikan Agama Islam yaitu sebelum memulai pembelajaran diberikan penanaman nilai-nilai karakter yaitu dengan membiasakan literasi Alquran agar dapat diketahui sejauh mana kemampuan siswa dalam membaca Alquran, membiasakan membaca Al-kahfi setiap hari jum’at, sholat berjamaah dan saat pembelajaran guru Pendidikan Agama Islam selalu memberikan pengalaman/cerita inspiratif yang diakhiri dengan disisipkan pesan moral yang dapat diterapkan dalam kehidupan. (2)Gambaran karakter siswa di SMAN 10 Gowa dilihat dari karakter religius sudah sangat baik karena adanya kesadaran dan inisitif dari siswa itu sendiri terutama dalam beribadah tanpa adanya paksaan dari guru, kemudian nilai kejujuran sudah baik dengan adanya penanaman nilai kejujuran kepada siswa yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari walaupun masih ada beberapa siswa yang masih menyontek saat ujian tetapi hal itu telah diatasi dan beri nasehat dengan baik oleh guru, nilai toleransi dan kedisiplinan sudah baik dilihat dari saling menghargai walaupun berbeda agama dan bentuk kedisiplinan telah diberikan oleh guru terutama guru PAI (3)Adapun faktor pendukung guru Pendidikan Agama Islam yaitu adanya sekolah ramah anak yang diterapkan oleh pemerintah sehingga terbantu dan memudahkan dalam pendidikan karakter siswa, adanya kerjasama antara guru Pendidikan Agama Islam dengan organisasi Islam yang dapat meningkatkan karakter siswa menjadi lebih baik serta adanya kekompakan para guru dalam mengontrol dan membimbing siswa serta memberikan contoh yang baik terlebih dahulu. Hambatannya tidak terlalu signifikan contohnya masih ada beberapa siswa yang kurang lancar membaca Alquran tetapi hal tersebut dapat diatasi dengan baik dengan adanya kerjasama dengan semua pihak termasuk organisasi Rohis.
Kata kunci : Karakter, Guru Pendidikan Agama Islam, Siswa
Full Text:
PDFReferences
Al-Qur’an Al-Karim
Ali, M. Sayuthi, 2002. Metodelogi Penelitian Agama Pendekatan teori & Praktek. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Djamas, Nurhayati, 2009. Dinamika Pendidikan Indonesia Pasca Kemerdekaan, Jakarta: Rajawali Press, 2009
E. Mulyasa, 2012. Manajemen Pendidikan Karakter, Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Jalaludin, 2009. Psikolgi Agama, Jakarta: PT. Raja Graha Grafindo Persada.
Kemendiknas, 2011. Panduan Pelaksanaan Pendidikan Karakter, Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan.
Kementerian Agama RI, Al-Qur'an dan Terjemahnya, (Bandung : CV Mikraj Khazanah Ilmu, 2013)
Kusuma, Dharmma. 2011. Pendidikan Karakter (Kajian Teori dan Praktik di Sekolah, Bandung: PT Remaja Rosdakarya
M. Sudiyono,2009. Ilmu Pendidikan Islam (Jilid I), Jakarta: Rineka Cipta.
Majid, Abdul, dan Dian Andayani. 2011 “Belajar dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam”, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mas’ud, Abdurrahman. 2021. Paradigma Islam Rahmatan lil alamin, Yogyakarta : IRCiSoD
Mufid, Mohammad. 2013. Strategi Pembentukan Karakter Religius Siswa Di Ma’had Al- Qolam MAN 3 Malang, Skripsi, UIN Malang.
Muhaimin, dkk, 2012. Paradigma Pendidikan Islam (Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah), Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Muslich, Masnur. 2011. Pendidikan Karakter; Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional, Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Muslim bin al-Hajjaj Abu al-Hasan al-Qusyairiy al-Naisaburiy, Al-Musnad al-Sahih al-Muktasar bi Naqli al-‘Adli ‘an al-‘Adl ila shallallahu 'alaihi wassallam, Juz II (Bairut : Dar Ihya al-Turas al-‘Arabiy, t.th),
Rooijakers AD,2000. Mengajar Dengan Sukses, Jakarta: PT. Grasindo.
Salahudin, Anas dan Irwanto Alkrienciehie. 2013. Pendidikan Karakter : Pendidikan Berbasis Agama dan Budaya Bangsa, Bandung: Pustaka Setia.
Siswoyo, Dwi. 2011. Ilmu Pendidikan, Yogyakarta: UNY Press.
Solomon, et al (dalam Stiff-Williams), 2000. Widening the Lens to Teach Character Education Alongside Standards Curiculum, The Chearing House
Sudijono, Anas. 2011. Pengantar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Rajawali Pers.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2011. Metodologi Penelitian Pendidikan, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Sulityowati, Endah. 2003 Implementasi Kurikulum Pendidikan Karakter, Yogyakarta: PT. Citra AjiParama.
Susanto, Ahmad. 2013. Teori belajar&Pembelajaran di Sekolah Dasar, Jakarta: Kencana.
Sutrisno Hadi, Metodologi Penelitian Research 2, Yogyakarta: Andi Offset.
Suyanto, 2006. Dinamika Pendidikan Nasional dalam Percaturan Dunia Global, Jakarta: PSAP
Ulwan, Abdullah Nashih. 2007. Pendidikan Anak Dalam Islam. Jakarta: Pustaka Usmani
Usman, Moh. Uzer. 2003. Menjadi Guru Profesional, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Wahidin, U. (2018). Implementasi literasi media dalam proses pembelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam
Refbacks
- There are currently no refbacks.