Strategi Guru dalam Mengatasi Kejenuhan Belajar Sejarah Kebudayaan Islam Pada Siswa Kelas XI di Madrasah Aliyah Negeri Gowa
Abstract
Kendala yang menghambat tercapainya tujuan pembelajaran SKI salah satunya adalah kejenuhan belajar siswa. Oleh karena itu dalam proses pembelajaran, guru dituntut harus memiliki strategi dalam pembelajaran. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1. Apa faktor penyebab kejenuhan belajar Sejarah Kebudayaan Islam pada siswa kelas XI di Madrasah Aliyah Negeri Gowa? 2. Bagaimana strategi guru dalam mengatasi kejenuhan belajar Sejarah Kebudayaan Islam pada siswa kelas XI di Madrasah Aliyah Negeri Gowa?. Penelitian ini adalah jenis penelitian deskriktif dengan metode pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis faktor penyebab kejenuhan belajar sejarah kebudayaan islam pada siswa dan strategi guru dalam mengatasi kejenuhan belajar Sejarah Kebudayaan Islam pada siswa kelas XI di Madrasah Aliyah Negeri Gowa. Teknik yang digunakan dalam menentukan subjek penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun faktor penyebab siswa jenuh dalam belajar Sejarah Kebudayaan Islam diantaranya: belajar secara teratur atau monoton, lingkungan belajar yang tidak mendukung, dan saling mengganggu dengan sesama teman. Strategi guru dalam mengatasi kejenuhan belajar SKI pada siswa guru menerapkan strategi pembelajaran Inquiry yang biasanya dilakukan dengan tanya jawab antara guru dan siswa, serta strategi pembelajaran efektif, yaitu guru membentuk kelompok diskusi.
Kata kunci: Strategi guru, kejenuhan
Full Text:
PDFReferences
Alquran al-Karim dan Terjemahnya.
Amin Samsul Munir, 2013. Sejarah Peradaban Islam, Jakarta: PT Remaja Rosdakarya.
Darmawansyah, 2010. Strategi Pembelajaran Menyenangkan dengan Humor, Jakarta: PT Bumi Aksara.
Dasim Budimasyah, dkk, 2008. Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan, Bandung: Ganeshindo.
Daulay Hardianti, 2022. “Strategi Guru Sejarah Kebudayaan Islam dalam Mengatasi Kejenuhan Belajar,” dalam Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran, No.2.
Departemen Pendidikan Nasional, 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Edisi ke-4, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Fabella Arman T., 1993. Anda Sanggup Mengatasi Stres, Jakarta:Indonesia Publishing House.
Fatikhah, 2011. Sejarah Peradaban Islam, Pekalongan: STAIN Pekalongan Press.
Getteng Abd Rahman, 2012. Menuju Guru Profesional dan Ber-Etika, cet.8 Yogyakarta: Grha Guru.
Gunawan Heri, Pendidikan Islam (bandung, PT Remaja Rosdakarya Offset)
Hakim Thursan, 2010. Belajar Secara Efektif, Panduan Menemukan Teknik Belajar, Memilih Jurusan, Dan Menentukan Cita-Cita, Jakarta: Pustaka Pembangunan Swadaya.
ˍˍˍˍˍˍˍˍˍˍˍˍˍˍˍˍˍˍ̠ 2004. Belajar Secara Efektif, Jakarta: Puspa Swara.
Hamdani, 2010. Strategi Belajar Mengajar, Tej.Abdul Kodir, cet.10, Bandung: CV Pustaka Setia.
Hamzah B. Uno dan Nurdin Mohammad, 2011. Belajar dengan Pendekatan PAILKEM:Pembelajaran Aktif, Inovatif, Lingkungan, Kreatif, Efektif, Menarik Jakarta: Bumi Aksara.
Karwono dan Achmad Irfan Muzni, 2020. Strategi Pembelajaran dalam Profesi Keguruan Depok: Rajawali Pers.
Kementerian Agama, 2019. Sejarah Kebudayaan Islam, Jakarta: Kementerian Agama.
Marbun, Stefanus M. 2018. Psikologi Pendidikan, Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.
Murodi, 2009. Sejarah Kebudayaan Islam Madrasah Tsanawiyah Kelas VIII, Semarang: PT.Karya Toha Putra.
Naim Ngainun, 2009. Menjadi Guru Inspiratif , Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia No.912 Tahun 2013 Tentang Kurikulum Madrasah 2013 Mata Pelajaran Pendidikan Agama Dan Bahasa Arab
Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia tentang Standar Kompetensi Lulusan dan Standar Isi Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab Di Madrasah
Pusparatri Retno Kuning Dewi, 2012. “Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa,” dalam Jurnal Ilmiah Guru, No.2:30.
Rahman Muhammad, , 2013. Strategi dan Desain Pengembangan dan System Pembelajaran, Jakarta: Prestasi Pustakarya.
Rusman, Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru, (Jakarta: PR Raja Grafindo)
Sani Ridwan Abdullah, 2019. Strategi Belajar Mengajar, Depok:Rajawali Pers.
Sanjaya Wina, 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta: Prenada Media Group.
ˍˍˍˍˍˍˍˍˍˍˍˍˍˍˍˍˍˍ̠̠ 2007. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta: Kencana.
Solihatin Etin, 2012. Strategi Pembelajaran PPKN, Edisi ke-2 (Bumi Aksara)
Sudjana Nana, 2019. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar, Bandung, Sinar Baru Algesindo.
Suhari dan Aslan , 2018. Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam, Pontianak: CV. Razka Pustaka.
Suryani Nunuk, 2012. Strategi Belajar Mengajar, Yogyakarta: Ombak.
Susilana Rudi, 2011. Media Pembelajaran Bahasa, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Syah Muhibbin, 1999. Psikologi Pendidikan: suatu pendidikan Baru, Bandung, Remaja Rosdakarya.
Ulum M dan Basuki. 2007. Pengantar Ilmu Pendidikan Islam. Ponorogo: STAIN Press.
Usman, Moh Uzer. 2013. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Widaningsih Ida, 2019. Strategi Dan Inovasi Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Era Revolusi Industri 4.0, Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.
Refbacks
- There are currently no refbacks.