Minat Belajar Siswa Terhadap Pelaksanaan Jam Belajar Tambahan Pada Mata Pelajaran Pai Kelas VIII

Arwin Faisal Tika, Ahmad Abdullah, Abd. Samad T Abd. Samat T

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan minat belajar siswa terhadap pelaksanaan jam belajar tambahan pata mata pelajaran PAI Kelas VIII di SMP Negeri 1 Towuti Luwu Timur. Penelitian ini menggunakan jenis penilitian Kualitatif dengan pendekatan Minat belajar siswa dan pelaksanaan jam belajar tambahan. Subjek penelitian ini adalah Guru dan Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Towuti Luwu Timur. Data yang dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan minat belajar siswa terhadap pelaksanaan jam belajar tambahan pada mata pelajaran PAI Kelas VIII di SMP Negeri 1 Towuti Luwu Timur, Yang telah menggunakan banyak jumlah rujukan, menjelaskan materi dengan baik, memancing siswa dalam bertanya dan mampu menjawab pertanyaan dari siswa dan dilihat dari sisi pelaksanaan jam belajar tambahan guru PAI dalam meningkatkan minat belajar siswa yaitu tersedianya sarana dan prasarana sekolah yang mendukung, Jadwal belajar PAI yang mendukung siswa kelas VIII dalam pelaksanaan jam belajar tambahan.

Kata Kunci : Minat Belajar Siswa, Pelaksanaan Jam Belajar Tambahan


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Alquranul al-Karim Dan Terjemahnya

Abdul Majid dan Dina Andayani, 2005, Pendidikan Agama slam Berbasis Kompetensi, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Abdul Rahman Shaleh dan Muhbib Abdul Wahab, 2003, Psikologi Suatu Pengantar dalam Perspektif Islam, Jakarta: Kencana.

Akmal Hawi, 2013, Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Rajawali Pers.

Anurrahman, 2009, Belajar dan Pembelajaran, Bandung: Alfabeta.

Baharudin dan Esa Nur Wahyuni, 2007, Teori Belajar dan Pembelajaran, Yogyakarta: Ar- Ruzz Media Group.

Darajat, Zakiyah, 2008, Ilmu Pendidikan Islam, (Cet.VII; Jakarta: Bumi Aksara.

Djali, 2013, Psikologi Pendidikan, 1st edition, Jakarta: Bumi Aksara.

J.P. Chaplin, 2004, Kamus Lengkap Psikologi,(Cet I; Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Kementerian Agama RI, 2012 Panduan Umum Penyelenggaraan Kegiatan Ekstrakurikuler Pendidikan Agama Islam Sekolah Menengah Pertama, Jakarta: Direktorat Pendidikan AgamaIslam.

Marimba, Ahmad D. 1993, Pengantar Filsafat Pendidikan Islam,( cet. VII; Bandung : Al-Ma’arif.

Masduki Duryat, 2016, Paradigma Pendidikan Islam, Bandung: Alfabeta.

_____________, 2016, Kepemimpinan pendidikan,Bandung: Alfabeta.

Miftahul Huda, 2018, Model-model pengajaran dan pembelajaran,Yogyakarta : pustaka pelajar.

Muhaimin, dkk., 2005, Pengembangan Kurikulum Berbasis Kompetensi di Perguruan Tinggi Agama Islam, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

______________, 1996, Strategi Belajar Mengajar, Surabaya: Marimba, Ahmad D. 1993, Pengantar Filsafat Pendidikan Islam,( cet. VII; Bandung : Al-Ma’arif.

Muhibbin Syah, 2005, Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Oemar Hamalik, 2014, Proses Belajar Mengajar, Jakarta: Bumi Aksara.

Sardiman, A. M, 2005, Interaksi Dan Motivasi Belajar- Mengajar, Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Slameto, 2003, Belajar dan Faktor-Faktor Yangg Mempengaruhinya, Jakarta: PT Rineka Cipta.

Uda Awak, Tujuan dan Manfaaat Belajar Tambahan Bagi Peserta didik, https://www.matrapendidikan.com/2017/01/tujuan-dan-manfaat-belajar tambahan.html?m = 1, diakses tanggal 1 September 2022

Uli Fatmawati, 2010, Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa dalam Pembelajaran PAI, Semarang: Institut Agama Islam Negeri Walisongo.

Undang-Undang RI No. 20 Th, 2003,Guru dan Dosen. Jogjakarta: Media Wacana.

Usman Uzer, 2010, Menjadi Guru Profesional,(Cet. XX; Bandung: Remaja Rosda Karya.

W. S. Winkel SJ, 1996, Psikologi Pengajaran, Jakarta: Grasindo.

Wina Sanjaya, 2009, Srategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan Jakarta: Kencana.

Wina Sanjaya, 2009, Srategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta:Kencana.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.