Pengaruh Iklim Kelas Terhadap Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam Pada Siswa Kelas VIII SMPN 3 Bontonompo Kabupaten Gowa

Ryan Hidayat Ryan Hidayat, Abdul Fattah, Nurhaeni DS Nurhaeni DS

Abstract


Abstrak

Pengaruh Iklim Kelas Terhadap Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa VIII SMPN 3 Bontonompo Kabupaten Gowa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, yang bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh iklim kelas terhadap motivasi belajar pada pendidikan agama Islam pada siswa VIII SMPN 3 Bontonompo Kabupaten Gowa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan asosiatif. Pendekatan asosiatif adalah pendekatan dengan tujuan menganalisis masalah hubungan antara dua variabel atau lebih untuk mengetahui hubungan atau pengaruhnya dengan variabel lain.

Hasil penelitian menyatakan bahwa ada pengaruh yang signifikan iklim kelas terhadap motivasi belajar siswa di SMPN 3 Bontonompo. Hal ini terlihat pada hasil pengujian statistik (Uji T) didapatkan hasil 7,112 dan 1,995 dengan nilai signifikansi 0,000 dengan kriteria uji jika > dan jika nilai signifikansi < 0,05 maka H0 ditolak. Sehingga hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara iklim kelas terhadap motivasi belajar siswa di SMPN 3 Bontonompo.

Kemudian pada pengujian statistik uji regresi linier sederhana adalah Ŷ = a + bX, a = bilangan konstan Unstandardized Coefficients nilainya 23,978 dan b = bilangan koefisien regresi nilainya 0,768. Angka tersebut berarti setiap penambahan 1% tingkat Iklim Kelas (X) akan meningkatkan Motivasi Belajar Siswa (Y) sebesar 0,768. Selanjutnya nilai R Square sebesar 0,427 yang berarti bahwa 42,7% motivasi belajar siswa SMPN 3 Bontonompo dipengaruhi oleh iklim kelas dan 57,3% dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian.

 

Kata Kunci: Iklim Kelas, Motivasi Belajar


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Al-Qur’an al Karim dan terjemahnya

A.M, Sardiman. 2014. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers

Abdul Majid & Dian Andayani. 2014. Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi Dan Implementasi Kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Achmad Rifa‟I dan Catharina Tri Anni. 2015 Psikologi Pendidikan. Semarang: UNNES Press

Arifin. 2008. Ilmu Pendidikan Islam Tinjauan Teoritis dan Praktis Berdasarkan Pendekatan Interdisipliner, Jakarta: PT Bumi Aksara, Cet. Ke-3

Arikunto Suharsimi. 2018 Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Jakarta : Rineka Cipta

Badruddin, Ahmad. 2011. “Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Melalui Konseling Klasikal”. Jakarta: Abe Kreatindo

Baharuddin. 2010. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jogjakarta: Arruz Media

Dimyati dan Mudjiono. 2016. Belajar dan Pembelajaran. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan

Djamarah, Syaiful Bahri. 2011. Psikologi Belajar. Cet.3. Jakarta: PT Rineka Cipta

Fujiaturrahman, Sukron. 2016. “Iklim Kelas dan Efikasi Diri dengan Motivasi Kerja Guru”, Jurnal Pendidikan Dasar. Vol.7, Edisi 1. Mei 2016

Hadiyanto. 2016. Teori dan Pengembangan Iklim Kelas dan Iklim Kelas, Jakarta: Kencana

Hardiyanto. 2013. Mencari Sosok Desentralisasi Manajemen Pendidikan Di Indonesia Jakarta: Penerbit Rineka Cipta

Hamalik, Oemar. 2005. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara Irwan. “Iklim Kelas di SMKN 1 Papalang Kabupaten Mamuju”. JurnalElektika, Vol.4, No.1. April 2016

Hamzah B. Uno. 2016. Teori Motivasi dan Pengukurannya Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta:Bumi Aksara.

Hoy & Miskel. 2011. Educational Administration. New York: Rondo House.

Jakarta: Kencana

Kementerian Agama Republik Indonesia, Al Qur’an dan Terjemahannya. 2022. PT. AlQosbah Karya Indonesia

Khodijah, Nyanyu. 2014. Psikologi Pendidikan. Ed.1 Cet2. Jakarta: PT Raja Grafindo

Martono, Nanang. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif: Analisis Isi dan Analisis Data Sekunder. Ed. Revisi 2. Jakarta: PT Raja Grofindo Persada

Moedjiarto. 2016 Kelas Unggul. Surabaya: Duta Graha Pustaka

Mulyasa, E. 2014 Menjadi Kepala Kelas Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Musfah, Jejen. 2015. Manajemen Pendidikan. Jakarta: Prenamedia Group

Nasution. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar & Mengajar, (Jakarta: Bumi Aksara

Nursisto. 2015. Peningakatan Prestasi Kelas Menengah. Jakarta: Insan Cendikia

Prawira, Purwa Atmaja. 2016. Psikologi Pendidikan dalam Perspektif Baru. Yogjakarta: Ar-Aruzz Media

Priyatno, Duwi. 2015. Analisis Korelasi, Regresi, dan Multivariate dengan SPSS. Yogjakarta: Gava Media

Priyatno, Duwi. 2017. Panduan Praktis Olah Data Menggunakan SPSS. Yogyakarta : ANDI SPSS. Yogyakarta: Graha Ilmu

Sardiman. 2013. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: PT RajaGrafindo

Sugiyono.2012 Metode Penelitian Kuantitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, Nana Saodih. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Supardi. 2013. Kelas Efektif Konsep Dasar & Praktiknya. Jakarta: PT Raja Grafindo

Syaiful Bahri Djamarah. 2013. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.