Peran Organisasi Rohani Islam Sekolah Terhadap Pembentukan Kepribadian Islami Siswa di SMA Negeri 2 Makassar

Dwi Suci Maharani S, Mutakallim Sijal, Yakub Yakub

Abstract


Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran organisasi rohani islam sekolah terhadap pembentukan kepribadian Islami siswa di SMA Negeri 2 Makassar. Peran Rohis dalam sekolah ketika dapat memberikan kontribusi untuk memotivasi siswa belajar agama Islam dapat menjadikan siswa yang bisa mengunakan masa mudanya dengan bermanfaat bagi umat. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah sumber data primer dan sekunder. Sedangkan yang menjadi objek pada penelitian ini adalah kepala sekolah, guru Pendidikan Agama Islam, pembina rohani Islam, dan guru mata pelajaran lain di SMA Negeri 2 Makassar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa organisasi rohani islam sangat berperan dalam membantu guru mengontrol kepribadian siswa sesuai dengan peraturan dalam agama dan juga dalam sekolah, seperti: beribadah tepat waktu, menghormati orang tua dan guru, menyayangi sesama manusia, dan bertanggung jawab dalam mengerjakan tugas.

 

Kata Kunci: Kepribadian siswa, Peran Rohis.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Al-Qur’an Al-Karim

Abdul Mujid, M.Ag dan Yusuf Mudzakir, M.Si, 2001, Nuansa Nuansa Psikologi Islam, Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Afifi, AE, 1995, Filsafat Mistik Ibnu Arabi, A Mystical Philosophy of Muhyidin Ibnu Arabi, Jakarta: Media Pratama.

Andi Prastowo, 2014, Metode Penelitian Kualitatif Dalam Persfektif Rancangan Penelitian, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Chabib Thoha, dkk, 1999, Metodologi Pengajaran Agama, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Departemen Agama R.I., 2006, Al-Qur’an dan Terjemahannya,, Surabaya: Karya Agung Surabaya

Cholid Narbuko dan Abu Achmadi, 2002, Metode Penelitian, Jakarta: PT. Bumi Aksara.

De Bali Tj, 1967, The History Of The philosophy in islam, New York: Dowh Publication.

Departemen Agama R.I., 2004, Kegiatan Ekstrakurikuler Pendidikan Agama Islam pada Sekolah Umum dan Madrasah; Panduan Untuk Guru dan Siswa,Jakarta: Depag RI.

Ibn Abd Allah Muhammad Ibn Ismail Ibn al Mughirah Ibn Bardhahal al ya’ fi al Bukhary, Imam, Shahih al Bukhary, Semarang: Thaha Putra,TT, Juz I.

Imam al Gazali, Ihya Ulumuddin, 1984, Bab Keajaiban Hati, Jakarta: Faisan.

M. Amin Syukur, 2010, Pengantar Studi Islam, Semarang: Pustaka Nuun.

M.Subhana, dkk, 2000, Statistik Pendidikan, Bandung: pustaka setia.

Maan Zidadat, dkk, 1986, al Mansu’ at al Falasafiyah al Arabiyah, Arab: Imam al Araby.

Moleong J. Lexi, 2011, Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Muhammad Utsman Najati, 2005, Psikologi dalam Al-qur’an, Solo: Aulia Press.

Nugroho Widiyantoro, 2003, Panduan Dakwah Sekolah, Kerja besar untuk Perubahan Besar, Bandung: Syaamil Cipta Media.

Syamsu Yusuf LN, 2004, Psikologi Belajar Agama, Bandung: Pustaka Banin Quraisyi.

Syamsu Yusuf LN, 2004, Psikologi Belajar Agama, Bandung: Pustaka Banin Quraisyi.

Syekh Taqiyuddin An Nabhani, As Syakhshiyyah Al Islamiyah, jilid I.

Viktor Said Basil, Manhaj al Babs an al Ma’rifah inda al Gazali, Beirut, Dar al Kutub.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.