Kompetensi Profesional Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 1 Towuti Luwu Timur
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan kompetensi profesional guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Towuti Luwu Timur. Penelitian ini menggunakan jenis penilitian Kualitatif dengan pendekatan Minat belajar siswa dan pelaksanaan jam belajar tambahan. Subjek penelitian ini adalah Guru dan Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Towuti Luwu Timur. Data yang dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan Kompetensi Profesional Guru PAI Kelas VIII dalam meningkatkan hasil belajar siswa, Yang telah menggunakan banyak jumlah rujukan, menjelaskan materi dengan baik, memancing siswa dalam bertanya dan mampu menjawab pertanyaan dari siswa dan dilihat dari sisi pelaksanaan jam belajar tambahan guru PAI dalam meningkatkan minat belajar siswa yaitu tersedianya sarana dan prasarana sekolah yang mendukung, Jadwal belajar PAI yang mendukung siswa kelas VIII dalam pelaksanaan jam belajar tambahan.Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa peran Profesional Guru PAI kelas VIII dalam meningkatkan hasil belajar siswa sudah baik . Pelaksanaannya kegiatan-kegiatan dalam meningkatkan hasil belajar siswa yang jadi faktor utama adalah Guru Sebagai Pendidik, Pembimbing, Motivator, Mediator, Fasilitator,dan sebagai Evaluator. Faktor pendukung dalam meningkatkan hasil belajar siswa adalah fasilitas sekolah dan Keadaan Siswa. Adapun faktor penghambat dalam meningkatkan hasil belajar siswa yaitu, dengan Kurangnya Pendampingan Orang tua dan minimnya penghargaan terhadap prestasi siswa. Solusi guru PAI dalam mengatasi hambatan, dengan melakukan kerja sama antar guru dan orang tua dan memeberikan apresiasi kepada siswa.
Kata Kunci : Kompetensi Profesional Guru , Hasil Belajar Siswa
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Alquranul al-Karim Dan Terjemahnya.
Ahmad, S, 2009, Pengantar Metode Penelitian, Yogyakarta: Teras
_________ 2006, Dasar-Dasar Penelitian, Surabaya: eLKAF.
Amna Emda, Strategi Peningkatan Kinerja Guru Yang Profesional. Lantanida Journal. No. 2.
Anderson, L. W, Krathwohl, D. R, 2001, A Taxonomy For Leraning, Teaching, and Assesin, New York: Addison Wesley Lonman Inc.
Arikunto , 2006, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek Jakarta: Rineka Cipta.
_______, 2002, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, (Cet.XII ; Jakarta: PT. RinekaCipta.
B. Uno Hamzah, 2008, Profesi Kependidikan, Jakart: Bumi Aksara, 2008.
Buchari Alma, 2009, Guru Profesional, Bandung: Alfabeta.
Daradjat, Zakiyah, 2011, Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam, Jakarta: Bumi Aksara.
_______________, 2008, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara.
Dimyati dan Mudjiono, 2015, Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta.
E Mulyasa, 2007, Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
H. Abu Ahmadi dan Widodo Supriyono, 2004, Psikologi Belajar, (Jakarta:Rineka Cipta.
Hasbullah, 2010, Otonomi Pendidikan, Jakarta: PT Rajawali Pers.
J. Moleong Lexy, 2011, Metode Penelitian Kualitatif (Cet ke-XXIX ; Bandung:Remaja Rosdakarya.
_______________, 2011, Metodologi Penelitian Kualitatif (Cet ke-XXI ;Bandung: Remaja Rosdakarya.
Kementrian Agama RI, Al-Qur,anul Karim Dan Terjemahnya.
Kunandar, 2013, Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Beradasarkan Kurikulum 2013, Jakarta: RajaGrafindo.
________ 2007, Guru Profesional KTSP dan Persiapan menghadapi Sertifikasi Guru, Jakarta: Rajagrafindo Persada.
M. Shabir U, 2015, Kedudukan Guru Sebagai Pendidik. Jurnal Auladuna. No. 2. Vol. 2.
Menteri Agama RI, Wawasan Tugas Guru dan Tenaga Kependidikan, (t.tp., Direktorat Jenderal Kelembagaan Agama Islam.
Mulyani, Fitri, 2009, Konsep Kompetensi Guru Dalam Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru Dan Dosen. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, No. 03.
Mochtar Bukhori, 2014, Ilmu Pendidikan dan Praktek Pendidikan dalam Renungan, Jakarta: IKIP Muhamadiyyah.
Moh. Uzer Usman, 2005, Menjadi Guru Profesional, ( Cet II;Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Munirah, Sistem Pendidikan Di Indonesia: Antara Keinginan Dan Realita. Jurnal Auladuna, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar. Vol. 2.
Naruddin Araniri, “Kompetensi Profesional Guru Agama dalam Menumbuhkan Minat Belajar Siswa”, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, Vol 4.
Ondi Saondi dan Aris Suherman, 2010, Etika Profesi Keguruan, Bandung: PT Refika Aditama.
Purwanto, 2009, Evaluasi Hasil Belajar, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Republik Indonesia, 2006, Undang-undang Republik Indonesia No 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen & Undang-undang Republik Indonesia No 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas, Bandung: Permana.
Sardirman A. M, 2014, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: PT. Rajawali Pers.
¬¬¬¬¬_____________, 2000, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: Reaja Grafindo Persada.
Saekan Muchith, M. 2016, Guru PAI yang Profesional, Jawa Tengah: Sekolah Tinggi Agama Islam (STAIN) Kudus.
Suparlan, 2006, Guru Sebagai Profesi, Yogyakarta: Hikayat Publishing.
Tim Dosen Administrasi Pendidikan UPI, 2009, Manajemen Pendidikan, Bandung: Alfabeta.
Undang- Undang RI No. 14 Th, 2005, Guru dan Dosen, Jakarta: Sinar Grafika.
________________________, 2003, Guru dan Dosen, Jogjakarta: Media Wacana.
Refbacks
- There are currently no refbacks.