Strategi Guru Pai Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Smk Negeri 4 Gowa

Selvi Hidatatullah, Abdul Rahman Bahtiar, St. Muthaharah St. Muthaharah

Abstract


Abstrak

Kesulitan yang dihadapi siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam. Pada segi proses, sulit memahami materi, kesulitan siswa pada materi yang berkaitan dengan ayat-ayat Al-Quran atau baca tulis, Al-Quran terlebih lagi pada kemampuan menghafalnya. Kemudian Strategi Guru PAI dalam mengatasi kesulitan belajar siswa yaitu melakukan pendekatan secara langsung dengan siswa, memberikan pemahaman serta bimbingan tentang pengetahuan keagamaan melalui berbagai metode, memberikan pembinaan melalui program tahfis, rohis selama tiga kali sepekan kemudian melaksanakan evaluasi. Adapun Faktor internal yaitu kurangnya minat dan motivasi belajar siswa serta rendahnya kemapuan baca tulis al-Quran siswa dari jenjang pendidikan sebelumnya, Faktor eksternal yaitu faktor dari guru yang meliputi metode dan media pembelajaran yang kurang sesuai dengan karakteristik siswa, faktor keluarga yang kurang  memperhatikan anaknya serta faktor lainnya seperti pengaruh HP yang dapat mengurangi minat belajar siswa.

 

Kata Kunci: Strategi Guru Pendidikan Agama Islam; Kesulitan Belajar Siswa.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Al-Quran Al-Karim

Abdurrahman M, 2003. Pendidikan bagi Anak Berkesulitan Belajar, (Jakarta: Rineka Cipta).

Adriantono, dan H. Syafaruddin Nurdin, 2019. Profesi keguruan, (cet.1; Depok: Rajawali pers).

Akhyar, 2010. Profil Pendidikan Sukses, (Surabaya: Elkaf).

Almanshur,Fauzan, dan M. Djunaidi Ghony, 2016. Metode Penelitian Kualtatif, (Jogjakarta: Ar-Ruzz Media).

Arifin Zainul, 2009. Ilmu Pendidikan Islam, (Madiun: STAI Madiun).

Asse Ambo, 2021. Muhammadiyah Gerakan Islam Berkemajuan Untuk Indonesia Berkeadaban. Cet. III; Makassar.

Dalyono M, 2007. Psikologi Pendidikan, (Jakarta: Rineka Cipta).

Dewantara Ki Hajar, 2005. Filsafat Pendidikan Islam, (Jakarta: Gaya Media Pratama).

Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, Departemen Agama RI, Kumpulan Undang-Undang dan Peraturan Pemerintah RI, 2007. Tentang Pendidikan.

Fakultas Agama Islam, 2019. Panduan Penulisan Karya Ilmiah, (Cet-1 ; Universitas Muhammadiyah Makassar).

Hasil observasi awal 23 November 2022

Kementrian Agama RI, 2005. Al Qur’an Terjemahnya, Al-Jumaanatul ‘Alii, (Bandung : CV. Penerbit J-ART).

Kemp, 2010. Strategi Pembelajran; Berorientasi Pada Standar Proses Pendidikan, (Jakarta: Kencana).

Majid Abdul, 2013. Strategi Pembelajaran, (Bandung : Rosdakarya).

Maunah Binti, 2009. Landasan Pendidikan (Yogyakarta: Teras).

Muhaimin, 2001. Paradigma Pendidikan Islam, (Bandung: Remaja Rosda Karya).

Mulyadi, 2010. Diagnosis Kesulitan Belajar & Bimbingan Terhadap Kesulitan Belajar Khusus. Yogyakarta: Nuha Litera.

Musriadi, 2012. Profesi Kependidikan Secara Teoretis dan Aplikatif (Yogyakarta: Deepublish).

Poerwadarminto W.J.S, 1984. Kamus Umum Bahasa Indonesia, (Jakarta: Balai Pustaka).

Rachmawati Rina dkk, 2020. Call For Book Tema 2 (Strategi Pembelajaran), (Surabaya: CV Jakad Media Publishing).

Risdiany H, 2021. Pengembangan Profesionalisme Guru dalam Mewujudkan Kualitas Pendidikan di Indonesia. AL-HIKMAH (Jurnal Pendidikan dan Pendidikan Agama Islam).

S Leo, Agung, dan Nunuk Suryani, 2012. Strategi Belajar Mengajar, (Yogyakarta: Ombak).

Sani Ridwan Abdullah, 2019. Strategi belajar mengajar, (cet.2; Depok: Rajawali pers).

Sanjaya Wina, 2013. Strategi Pembelajaran, (Bandung : Rosdakarya).

Sidiq Ricu dkk, 2019. Strategi Belajar Mengajar Sejarah; Menjadi Guru Sukses, (Medan: Yayasan Kita Menulis).

Slameto, 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya, (Jakarta: Rineka Cipta).

Sobry Sutikno, Belajar Dan Pembelajaran, (Lombok: Holostika, 2003), h. 43.

Subini Nini, 2012. Mengatasi Kesulitan Belajar Pada Anak, (Jogjakarta: Javalitera).

Sudjana Nana, 2002. Strategi Belajar Mengajar, (Jakarta: Rineka Cipta).

Sugiyono, 2005. Memahami Penelitian kualitatif, (Bandung: Alfabeta).

Suwahyo & Ixganda, 2015. Analisis Deskriptif Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Pada Mata Pelajaran Chassis Dan Pemindah Daya Siswa Kelas Xi Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin.

Timotius Kris H, 2017. Pengantar Metodologi Penelitian: Pendekatan Manajemen Pengetahuan Untuk Perkembangan Pengetahuan, (Yogyakarta: Andi).

Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (UUSPN) pasal 1 ayat (6).

Undang-undang Republik Indonesia No. 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, (Cet I Jakarta; Asa mandiri).

Wahab, Muhbib Abdul, dan Abdul Rahman Shaleh, Jakarta 2004. Psikologi Suatu Pengantar dalam Perspektif Islam.

Warkitri, dkk, 1998. Penilaian Pencapaian Hasil Belajar, (Jakarta: Universitas Terbuka).

Yunus Muhammad, Metodologi Pembelajaran Agama Islam.

Zain dan Djamarah, 2002. Strategi Belajar Mengajar, (Jakarta: Rineka Cipta).

Zuhairini, dkk, 2009. Filsafat Pendidikan Islam, (Jakarta: Bumi Aksara).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.