Pengaruh Keaktifan Organisasi dan Motivasi Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Agama Islam Universitas Muhammadiyah Makassar

Jihan Fahira, Elli Elli, Rahmat Justan

Abstract


Abstrak

Pengembangan potensi kemahasiswaan dilakukan dengan pengembangan minat, bakat, pemikiran yang kritis, kreatif, inovatif dan produktif dalam berbagai macam kegiatan di dalam maupun di luar jam akademik seperti mengikuti kegiatan organisasi intra kampus dan unit-unit kegiatan mahasiswa yang ada di perguruan  tinggi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh keaktifan mahsiswa dalam organisasi  dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Makassar. Pendekatan penelitian yang diguunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan survey untuk menganalisis permasalahan hubungan dua variabel atau lebih untuk mengetahui hubungan atau pengaruh dengan variabel lainnya. Hal ini tampak pada Dari hasil analisis regresi diperoleh koefisien pengaruh Keaktifan mahasiswa terhadap organisasi  terhadap  Prestasi Belajar sebesar 0,009 dengan nilai p=0,004<0,05. Ini menunjukkan bahwa Keaktifan mahasiswa terhadap organisasi berpengaruh signifikan positif terhadap Prestasi belajar Prodi pendidikan agama Islam. Dari hasil analisis regresi pada tabel 4.11, diperoleh koefisien pengaruh Motivasi Belajar  terhadap  Prestasi Belajar sebesar 0,009 dengan nilai p= 0,022 < 0,05. Ini menunjukkan bahwa Motivasi Belajar  berpengaruh signifikan positif terhadap Prestasi belajar Prodi pendidikan agama Islam Universitas Muhammadiyah Makassar

 

Kata Kunci: Keaktifan organisasi, Motivasi belajar;Prestasi belajar .

 


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Ahmad Nasir, 2020 Kompotensi guru pendidikan agama Islam dalam melaksanakan evaluasi hasil belajar. Vol.11, No https://journal.unismuh.ac.id/index.php/pilar/article/view/4904/3258(diakses 02 November 2022)

Arikunto 2014. Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik Jakarta:Rineka Cipta.

Benyamin Blom, 2014 Evaluasi Pendidikan Jakarta: Rineka Cipta.

Darmansyah,Hamzah 2016 strategi pelajaran dengan humor Jakarta:Bumi Aksara

Departemen Agama RI, Al-Qur’an dan Terjemahan, Bandung: CV Penerbit J-Art

Djamarah 2012 Strategi belajar mengajar Jakarta:Rineka Cipta

Endang Poerwanti, dkk. 2012 Asesmen Pelajaran SD .Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Depertemen Pendidikan Nasional.

Ghozali, Imam 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. (Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang .

Ismail SM. 2013 Strategi Pelajaran Agama Islam Berbasis PAIKEM, Semarang: Rasail Media Grup,

Juliansyah Noor, 2012 Metode Statistika Untuk Penelitian Kuantitatif Yogyakarta: Ombak.

Kamelia 2017. Pengaruh strategi joyful learning dengan teknik mind map terhadap hasil belajar kognitif peserta didik kelas xi ipa sma negeri 6 bandar lampung, Vol.8, No,2 http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/biosfer/article/view/2303/0 (diakses 09 November 2022)

Quraish Shihab, 2009. Membumikan Al-Qur‟an Fungsi dan Peran Wahyu dalam Kehidupan Masyarakat, Bandung : Mizan.

Mahmud, 2012 Psikologi Pendidikan Bandung: Pustaka Setia.

Moleong.2011 Metodologi Penelitian Kuantitatif Edisi Revisi. Bandung PT. Remaja Rosdakarya.

Muhibbin Syah,2012 Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyasa 2012 Kurikulum Berbasis Kompetensi Konsep, Karakteristrik, dan Implementasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

----------- 2013 Revolusi dan Inovasi Pelajaran .Jakarta: Remaja, Rosdakarya

Nana Sudjana 2013 Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo .

----------------2013, Penilaian Hasil Belajar Mengajar Bandung: PT Remaja Rosydakarya.

Nasution. 2013. Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif Bandung: Tarsito

Nur, dkk (2016). Pengaruh Model PelajaranKooperatif Tipe Talking Stick Dengan Strategi Joyful Learning Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII Mtsn Meuraxa Banda Aceh..

Oemar Muhammad Al-Touni Al-Syaibany 2015. Filsafat Pendidikan Islam(Semarang, Bulang Bintang.

Purwanto 2012 Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta:Pustaka Pelajar.

Robbi De Porter. 2013 “Quatum learning; membiasakan belajar nyaman dan menyenangkan. Bandung : Kaifa Learning.

Rudiana. 2012. Genius Teaching : 9 karakter Guru Menyenangkan Berbasis Ramah Otak .Bandung: Smiles’s Indonesia Institute.

-----------2012 Pendidikan Suatu Pengantar Bandung: Cita pustaka media perintis.

-----------2015 pengelolaan pendidikan, Bandung: CV Pustaka setia.

Sa`id Ismail Ali,2007. Ushul al-Tarbiyyah al-Islamiyyah. Kair: Dar al-Salam.

SD Inpres pampang II kota makassar Kategori Standar Ketuntasan Hasil Belajar PAI. Tahun ajaran 2022/2023


Refbacks

  • There are currently no refbacks.