Peran guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan minat belajar siswa berkebutuhan khusus (slow Learning) di Sd inpres mallengkeri bertingkat I

Asrul Askar, Mutakallim Sijal, Mutakallim Sijal, Nurhidayah Nurhidayah, Nurhidayah Nurhidayah

Abstract


Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah : 1.untuk mengetahui minat belajar Anak Berkebutuhan Khusus (Slow Learning) di Sd Inpres Mallengkeri Bertingkat 2.untuk mengetahui strategi guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan minat belajar Anak Berkebutuhan Khusus (Slow Learning) di Sd Inpres Mallengkeri Bertingkat 3.untuk mengetahui peran guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan minat belajar Anak Berkebutuhan Khusus (Slow Learning) pada pembelajaran pendidikan agama islam di Sd Inpres Mallengkeri Bertingkat 1. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah sumber data primer dan sekunder. Sedangkan yang menjadi objek pada penelitian ini adalah kepala sekolah, guru pendidikan agama Islam ,siswa slow learning di Sd Inpres mallengkeri bertingkat I, Hasil penelitian menunjukkan bahwa Siswa slow Learning yang ada di Sd Inpres Mallengkeri Bertigkat I kelas VI memiliki minat belajar yang tinggi hal ini dapat ditandai dengan tingkat kerajinan serta keaktifan dari Siswa slow Learning terhadap pembelajaran yang diberikan oleh guru pendidikan agama islam  disekolah.  strategi pembelajaran yang dilakukan guru pendidikan agama islam dalam mengatasi anak Slow learning di Sd Inpres Mallengkeri Bertigkat I kelas VI, yakni dengan menerapkan berbagai strategi dalam pembelajaran seperti menggunakan pendekatan pembelajaran yang berpusat pada siswa dengan sistem individual dan pendekatan remedial, kemudian metode yang digunakan guru pada siswa Slow learning adalah metode ceramah, tanya jawab, latihan-latihan, demonstrasi dengan buku-buku bergambar tentang praktek shalat dan wudhu, metode reward punishment dan penugasan.

Kata Kunci: Minat Belajar siswa Slow Learning, Strategi Guru, Peran guru


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Al-Qur’an Al-karim

Abdul Hadis, Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Autistik, (Bandung: Alfabeta. 2006)

Abdul Rahman Shaleh dan Muhbib Abdul Wahab, Psikologi Suatu Pengantar Dalam Perspektif Islam (Jakarta: Prenada Media, 2004)

Agustin, Mubiar. 2011. Permasalahan Belajar dan Inovasi pembelajaran. Bandung: Refika Aditama.

Andayani Abdul Majid dan, Pendidikan Agama Islam Berbasis Konpetensi (Bandung:PT,Remaja Rosdakarya, 2006).

Arsjad H Rizal, Pendekatan Konseptual dalam pembelajaran (Penerapanya Pada Anak Disabilitas Belajar), (Penerbit STAIN Manado Press,2013),

Alfian Nur Aziz, dkk, Analisis Proses Pembelajaran Matematika Pada Anak Berkebutuhan Khusus Slow Learner, Vol: ISSN: 2086-2334

Amka, Strategi Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus, (Sidoarjo: Nizamia Learning Center, 2016)

Anurrahman, Belajar dan Pembelajaran (Bandung: Alfabeta, 2009)

Dadang Garnida, Pengantar Pendidikan Inklusif, (Bandung: PT. Refika Aditama,2015)

Departemen agama RI. (2002). Al-Qur'an dan Terjemahannya. Jakarta : CV. Darus Sunnah.

Edy Syahputra, Snowball Throwing Tingkatkan Minat Dan Hasil Belajar, (Sukabumi: Haura Publishing 2020)

Keivan Kakabaraee Ali Akbar Arjmandnia, dan. “The Investigation of Parents‟ Attitude Toward Inclusive Education for Slow Learning” International Journal on New Trends in Education and Their ImplicationsOctober, November, December 2011.Artikel disampaikan dalam The 2nd International Conference on New Trends in Education and their Implications – ICONTE

Hakim, L. (2009). Rencana Pembelajaran. Baandung: Wacana Prima.

Hargio Santoso, Cara Memahami dan Mendidik Anak Berkebutuhan Khusus, (Yogyakarta: Gosyen Publishing, 2012)

Haryanto, Dany. 2011. Teori-teori Dasar Psikologi Pendidikan. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Hidayah Rita. Psikologi Pengasuhan Anak, (Malang:Sukses Offset,2009).

Imam Wahyudi, Mengejar Profesionalisme Guru, (Jakarta : Prestasi Pustaka, 2012)

Jurnal Ilmu Sosial, Model Layanan Pendidikan Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Yang Mengalami Kecacatan Fisik, (Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial, , No. 1, Juni 2019)

Mohammad Effendi, Pengantar Pedagogik Anak Berkelainan, (Jakarta: Bumi Aksara. 2006)

Nurjan, Syarifan, dkk. 2009. Psikologi Belajar Edisi pertama. Surabaya: Amanah Pustaka.

Permeneg Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak No. 10 2011, Kebijakan Penanganan anak Berkebutuhan Khusus, 2011.

Pratiwi, N. K.Pengaruh Tingkat Pendidikan Orang Tua Dan minat Belajar Siswa terhadap Prestasi belajar Bahasa indonesia siswa SMK Kesehatan Di Kota Tanggerang. Jurnal Pujangga .

Reddy, G. Lokanadha, R. Ramar, dan A. Kusuma. (2006). Slow Learners: Their Psychology and Instruction. New Delhi: Discovery Publishing House.

Rita hidayah psikologi pengasuhan anak. ( Malang: sukses ofset. 2013).

Rusman. (2013). Model-Model Pembelajaran Profesional Guru . Depok:PT Rajagrafindo Persada.

Rubina Hanif Ghazala Rehman Najman Iqbal Malik, , dan. Effect of Academic Interventions on the Developmental Skills of Slow Learners. Pakistan Journal of Psychological Research 2012,

Rubina Hanif Ghazala Rehman Najman Iqbal Malik, , dan. Effect of Academic Interventions on the Developmental Skills of Slow Learners. Pakistan Journal of Psychological Research 2012.

Slameto, Belajar dan Faktor-Faktor Yangg Mempengaruhinya (Jakarta: PT Rineka Cipta, 2003)

Subini, N. (2021). Awas Jangan Jadi Guru Karbitan. Cet.1; Jakarta: PT.Buku.Kita.

Suparlan. (2006). Guru sebagai Profesi . Yogyakarta: hikayat Publising.

Undang-Undang RI No.14 Tahun 2005 Tentang Guru Dan Dosen. (2006). jakarta: Sinar Grafik.

Uno, H. B., & Lamatenggo, N. (2016). Tugas Guru Dalam Pembelajaran. Jakarta:PT Bumi Aksara.

Wawancara Ibu Rosnaeni Kepala Sekolah SD Inpres Mallengkeri Bertingkat I, Januari 2023

Wawancara siswa Slow Learning,13 Januari 2023

Wawancara Bapak Harsyoyo Guru Pendidikan Agama Islam SD Inpres Mallengkeri Bertingkat I,13 Januari 2023

wijaya, c., & Dkk. (2005). Upaya Pembaharuan Dalam Pendidikan Pembaharuan dan Pengajaran. Bandung. PT. Remaja.Rosdakarya.

Wiyani, N. A. (2015). Etika Profesi Guru. Yogyakarta: Gava Media.

Yuni Nurhamida dan Ni’matuzahro, , Individu Berkebutuhan khusus dan Pnedidikan Inklusi(Malang:Universitas Muhammadiyah Malang,2016).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.