Implementasi Nilai-Nilai Kedisiplinan Terhadap Siswa Di Madrasah Aliyah (MA) Darul Fath Bontolangkasa Pangkep

Amri Amri, Abdul Fattah, Nurani Azis

Abstract


Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah : untuk Mengetahui Implementasi Nilai-Nilai Kedisiplinan terhadap Siswa di MA Darul Fath Bontolangkasa Pangkep, Untuk Mengetahui Faktor yang Mempengaruhi Kedisiplinkan Siswa di MA Darul Fath Bontolangkasa Pangkep. Jenis penelitian ini menggunakan Jenis metode kualitatif, dalam pengumpulan data peneliti menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: Implementasi Nilai-nilai Kedisiplinan Siswa di MA Darul Fath Bontolangkasa Pangkep, yaitu melalui kegiatan rutin, spontan keteladanan dan pengkondisian. Indikator Nilai-nilai Kedisiplinan Siswa di MA Darul Fath Bontolangkasa Pangkep dilakukan melalui datang tepat waktu, patuh pada tata tertib atau aturan bersama, mengerjakan atau mengumpulkan tugas sesuai dengan waktu yang ditentukan dan mengikuti kaidah berbahasa yang baik dan benar.  Faktor yang mempengaruhi kedisiplinan siswa di sekolah ada dua yaitu: Faktor pendukung kedisiplinan siswa yaitu pertama teladan. Kedua lingkungan berdisiplin. Ketiga Latihan berdisiplin. Adapun faktor penghambat yang mempengaruhi kedisiplinan siswa yaitu berasal dari diri siswa itu sendiri karena siswa sering kali melanggar aturan yang ada oleh karena itu jika siswa tidak membiasakan hal tersebut maka kedisiplinan itu susah terbentuk, karena tidak semua sikap disiplin itu langsung terbentuk secara maksimal.

Kata Kunci: implementasi, nilai kedisiplinan, siswa


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Al-Qur’an Al-karim

A.J Wensinck. 1936 Al-Mu’jam al-Mufahras li Alfadz al-Hadits al-Nabawi, Leiden: E.J Brill, jilid 2.

Abbas, St Aisyah. 2017. Kedudukan Guru Sebagai Pendidik, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam,Volume 3, Nomer 1.

Achin, Amir. 1990. Pengelolaan Kelas dan Interaksi Belajar Mengajar Ujung pandang: IKIP Ujung Pandang Press.

Afan, Gaffar. 2009. Politik Indonesia: Transisi Menuju Demokrasi, Yogyakarta: Pusaka Pelajar.

Ahmadi,Abu dan Nur Uhbiyati, 1991 Ilmu Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsini. 1993. Manajemen Pengajaran Seacar Manusiawi, Jakarta: Renika Cipta.

Departemen Agama RI, 2004. Pedoman Agama Islam di Sekolah Umum Dirjen Kelembagaan Agama Islam.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 1988. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka.

-----------------------------------------------------1999. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Depdiknas, 2001.

Drajat, Zakiyah. 1973. Peranan Agama dalam Kesehatan Mental. Jakarta: Gunung Agung.

Drajat, Zakiyah. 1992. Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: PT Bumi Aksara.

Fakultas Agama Islam, 2019. Panduan Penulisan Karya Ilmiah,Cet-1 ; Universitas Muhammadiyah Makassar.

Fitri dan Agus Zainul. 2012. Pendidikan Karakter Berbasis Nilai dan Etik di Sekolah, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Ghony Djunaidi dan Fauzan Almanshur, 2016. Metode Penelitian Kualitatif, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media

H Idris, Meity. 2015. Strategi Pembelajaran yang Menyenangkan: Implementasi Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta Timur: PT Luxima Metro Media.

H Timotius, Kris. 2017. Pengantar Metodologi Penelitian: Pendekatan Manajemen Pengetahuan Untuk Perkembangan Pengetahuan, Yogyakarta: Andi.

Hadis, Abdul. 2006. Psikologi dalam pendidikan, Bandung: Alfabeta.

Handayaani, Astuti Budi dan Suyadi. 2019 “Relevansi Konsep Akal Bertingkat Ibnu Sina Dalam Pendidikan Islam di Era Milenial”, Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam 8 (2), ejournal.uika-bogor.ac.id, (5 oktober).

Hasil Observasi Awal 15 Oktober 2022

Hasil Wawancara 05 Januari 2023

Kementerian Agama RI. 2020. Al-qur’an dan Terjemah, Bandung:Cordoba.

Langgulung, Hasan. 1998. Asas-Asas Pendidikan Pendidikan Islam, Jakarta, Pustaka Alhusna, cet ke-2.

Mujib, Abdul. 2006. Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia, Jakarta: Kencana.

Mulyasa, E. 2003. Kurikulum Berbasis Kompetensi, Konsep, Karakter dan Implementasi, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nizar, Samsul. 2002. Filsafat Pendidikan Islam Pendekatan Historis Teoritis dan Praktis, Jakarta: Ciputat Pers.

Patmawati, Jurnal Ilmu Pendidikan Vol 3 No 5 Tahun 2021 p-ISSN 2656-8063 e-ISSN 2656-8071.

Ridha, Rasyid. At-Tarbiyah wa taklim, hal 24 (www.al-Mostafa.Com)

Rohani Ahmad dan Abu Ahmadi. 2002. Pengolaan Pengajaran Jakarta: Bina Aksara, Cet. Ke-3.

Sahir, Muh S.Ag. Selaku Kepala Sekolah MA Darul Fath Botolangkasa Pangkep, Wawancara pada Tanggal 15 Oktober 2022

Salim, Peter dan Yani Salim. 1991. Kamus Bahasa Indonesia Kontemporer, Jakarta, Moderen English Press.

Singgih dan D Gunarso. 2000. Psikologi Untuk Membimbing, Jakarta: PT. Gunung Mulia.

Sugiyono, 2005.Memahami Penelitian kualitatif, Bandung: Alfabeta.

Sukadi. 1996. Penuntun pelajaran PPKN 2 untuk SLTP Klas 2 Banadung: Ganeca Exact.

Suparta. 2016. Pengantar Teori dan Aplikasi Pengembangan Kurikulum PAI, Jakarta: Rajawali Pers.

Tafsir, Ahmad. Dkk. 2020 “Desain Pendidikan Islam Dalam Keluarga”ATTHULAB: Islamic Religion Teaching dan Learning Journal,http://journal.uinsgd.ac.id./index.php/atthulab. (5 oktober).

Tu’u, Tulus. 2004. Peran Disiplin Pada Perilaku dan Prestasi Siswa, Jakarta: Grasindo.

Undang-undang Republik Indonesia Nomer 20 Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Cet. 1; Semarang: CV Aneka Ilmu.

Usman, Nurdin. 2002. Konteks Implementasi Berbasis Kurikulum Jakarta: Grasindo.

Wahab, Abdul dan Solichin. 2004. Analisis Kebijaksanaan, dari Formulasi Ke Implementasi Kebijaksanaan Negara. Jakarta: Bumi Aksara.

Zuhairini. 2004. Metodologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Malang: UIN Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.