STUDI PERUBAHAN DASAR SUNGAI AKIBAT KENAIKAN MUKA AIR DI HILIR SUNGAI JENELATA KAB. GOWA

Farida Gaffar, Indriyanti Indriyanti, Fauziah Latif

Abstract


Sungai Jenelata yang memiliki peran penting dalam pengendalian banjir Kota Makassar dan Kabupaten Gowa memerlukan perhatian khusus terutama setelah terjadinya longsor di hulu sungai ini yaitu di Gunung Sorong yang memiliki volume longsor 235 juta m3 lumpur dan pasir yang terjadi pada tanggal 26 Maret 2004. Pasir dan lumpur yang terdapat pada bagian hulu sungai akan terbawa di sepanjang sungai yang dapat mempengaruhi  karakteristik aliran dan perubahan dasar sungai  di sepanjang sungai Jenelata. Daerah bagian hilir sungai Jenelata yang mengalami perubahan karakterstik aliran akan berdampak pada perubahan dasar sungai yang dimana material – material sungai seperti halnya lumpur, pasir, batuan maupun kotoran yang tidak mampu lagi dibawah oleh aliran sungai yang dimana dulunya aliran sungai tersebut cepat  menjadi sangat lambat  sehingga mendorong terjadinya pengendapan sedimen yang dimana dapat merubah permukanan dasar sungai. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik aliran di sungai Jeneleta dan mengetahui pengaruh perubahan dasar sungai terhadap karakteristik aliran pada bagian hilir sungai Jenalata.Hasil penelitian menunjukkan karakteristik aliran berupa angka Froude menunjukkan pada bagian hilir sungai Jenelata, pada kondisi muka air minimum Fr : 0.067, muka air normal Fr : 0.069 dan muka air maksimum Fr : 0.073 dan Berdasarkan konfigurasi dasar sungai bahwa pada bagian hilir sungai Jenelata berbentuk  Anti Dunnes dengan dasar bentuk gelombang yang tidak simetris dimana nilai k  > 0,01 meter

Full Text:

PDF

References


Ahmada, Rajib, 2016. Studi Ankutan Sedimen di Hilir Bendungan Karet Sungai Jeneberang. Tugas Akhir Program Sarjana Teknik Sipil Fakultas Teknik. Universitas Hasanuddin.

Alwi , dan Saenal, Andi, 2016. Pengaruh Aliran Terhadap Perubahan Pola Dasar Saluran Terbuka Dengan Material Pasir. Tugas Akhir Program Sarjana Teknik Sipil Fakultas Teknik. Universitas Muhammadiyah Makassar.

Apriyanti, Yayuk, dan Hamabali, Roby. Studi Karakteristik Sedimen dan Laju Sedimentasi Sungai Daeng Kabupaten Bangka Barat.https://media.neliti.com. 2016.

Artia, 2018. Analisa Karakteristik Sedimen dan Laju Sedimentasi Sungai Walanae Kabupaten Wajo. Tugas Akhir Program Sarjana Teknik Sipil Fakultas Teknik. Universitas Muhammadiyah Makassar.

Cennae, A, Arbimusa, 2016. Studi Karakteristik Sedimen dan Morfologi Dasar Muara Sungai Jeneberang. Tugas Akhir Program Sarjana Teknik Sipil Fakultas Teknik. Universitas Hasanuddin.

Fahmi,Chairul, Muhammad. Pengelolaan Daerah Aliran Sungai Jenneberang Kota Makassar Sulawesi Selatan. https://staff.blog.ui.ac.id, 2014.

Haris, Muhammad, dan Tihuruah, Hajrah, 2013. Studi Pola Aliran Pada Krib Impermeabilitas Di Tikungan Sungai. Tugas Akhir Program Sarjana Teknik Sipil Fakultas Teknik. Universitas Muhammadiyah Makassar.

Haruna, Hermin, 2012. Analisa Bentuk Penampang Saluran Terhaadap Kecepatan Aliran Di Kalamisu Kabupaten Sinjai (Studi Kasus BKS 1 s.d BKS 3 ). Tugas Akhir Program Sarjana Teknik Sipil Fakultas Teknik. Universitas Muhammadiyah Makassar.

Hidayat, Rahmat dan Lahuddin, 2018. Analisa Kecepatan Aliran dan Sedimentasi Pada Saluran Primer di Kampili Kabupaten Gowa. Tugas

Akhir Program Sarjana Teknik Sipil Fakultas Teknik. Universitas Muhammadiyah Makassar.

Lubis, Murni, Astika, 2016. Analisa Sedimentasi di Sungai Way Besai. Tugas Akhir Program Sarjana Teknik Sipil Fakultas Teknik. Universitas Lampung.

Nenny, dan Al Imran, Hamzah, Pengaruh Kecepatan Aliran Terhadap Gerusan Lokal di Sekitar Pilar Heksagonal (Uji Laboratorium). http://www.unismuh.ac.id/wpontent/uploads/2018/05/F000000033 -JurnalNenny1.pdf, 2014.

Maryono, Agus, 2010, Karakteristik Resistensi Kelompok Pulau Di Sungai. Fakultas Teknik. Universitas Gadjah Mada. https://multisite.itb.ac.id

Mukhsan, dkk, Studi Penyebaran Sedimen Muara Sungai Jeneberang. https://repository.unhas.ac.id, 2013.

M.S, Pallu, dkk, Studi Eksperimen Agradasi Dasar Sungai Pada Hulu BangunanAir. https://repository.unhas.ac.id/handel/ 123456789/9277, 2014.

Rijin, Van, Leon C, 1993, Principles of Sediment Transport in Rivers Estuaries and Coastal Seas. https://gprgiindonesi.wordpress.com

Triadmodjo, Bambang, 1993, Buku Hidraulika II. Jakarta. http://lib.ui.ac.id/opac/themes/libri2/ detail.jsp?id=86092&lokasi=06




DOI: https://doi.org/10.26618/th.v13i2.4214

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.