ANALISIS PERUBAHAN TINGGI TEKANAN AKIBAT SUDUT BELOKAN 90˚ DAN 45˚ DENGAN MENGGUNAKAN FLUID FRICTION APPARATUS

Nurnawaty Nurnawaty, sumardi Sumardi

Abstract


Head losses atau kehilangan tinggi tekanan merupakan suatu fenomena rugi-rugi aliran di dalam sistem perpipaan. Head losses sangat merugikan dalam aliran fluida di dalam sistem perpipaan, karena head losses dapat menurunkan tingkat efesiensi aliran fluida. Head losses yang terjadi pada prinsipnya dapat dinyatakan dalam dua bagian besar, yaitu minor losses dan mayor losses. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui besarnya kehilangan nilai tinggi tekanan akibat sudut belokan dan juga nilai penurunan tekanan (pressure drop) pada belokan 90˚ dan 45˚. Penelitian ini dilakukan dengan cara mengalirkan fluida pada rangkaian pipa (fluid friction apparatus) yang mengalami melokan 90˚ dan 45˚. Dengan menggunakan persamaan mayor losses dan minor losses akan didapat nilai perubahan tinggi tekanan. Hasil eksperimen menunjukkan nilai perubahan tinggi tekanan terbesar terjadi pada sudut 90˚ sebesar 41.685 cm dan nilai perubahan tinggi tekanan terendah terjadi pada sudut 450 sebesar 27.790 cm. Sedangkan untuk nilai pressure drop tertinggi terjadi pada sudut 90˚ sebesar 5.8 N/cm2 terendah terjadi pada sudut 45˚ sebesar 3.4 N/m2. Semakin tinggi nilai sudut belokan maka semakin tinggi pula nilai kehilangan tinggi tekanan yang terjadi. Kehilangan tinggi tekanan terjadi karena adanya gesekan yang tejadi antara partikel air dan dinding pipa dan juga sudut beokan yang menyebabkan terjadi perubahan aliran pada aliran air sehingga menyebabkan terjadinya gelembung

90˚


Keywords


Belokan 450 dan 900, pressure drop, Head Losses

Full Text:

PDF

References


Gatut Rubiono, Hariyono, Haris Mujianto. 2016. Study Eksperimental Perilaku Aliran Fluida pada Sambungan Belokan Pipa. Universitas PGRI Banyuwangi.

Haris Mujianto, Ahmad Aufa, Gatut Rubioni. 2016. Pengaruh Rasio Diameter Pipa Terhadap Perubahan Tekanan pada Bernoulli Theorem Apparatus. Universitas PGRI Banyuwangi.

Hermizar. 2010. Study Eksperimental Pengukuran Head Losses Mayor (Pipa PVC Diameter ¾ ) dan Head Losses Minor (Belokan Knee 900 Diameter ¾ ) pada Sistem Instalasi Pipa. Jurnal Teknik Mesin Universitas Bengkulu.

Jusdi, dkk. 2019. Analisa Pengaruh Debit Terhadap Perubahan Penampang Saluran Pipa. Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Makassar

Muchsin. 2011. Menganalisis Kerugian Pada Pipa Lurus Dengan Variasi Debit Aliran. Universitas. Universitas Riau.

Munson, Bruce R dkk. 2003. Mekanika Fluida Jilid 2. Erlangga : Jakarta.

Rini Sriyani, Tryantini Sundi P. 2017. Analisa Perubahan Debit Terhadap Penampang pada Pipa (Uji Laboratorium). Universitas Halu Oleo Kendari.

Salimin. 2009. Pengaruh Perubahan Aliran Terhadap Koefisien Kerugian. Dinamika Jurnal

Ilmiah Teknik Mesin Universitas Gunadarma Jakarta.

Sandi Setya Wibowo, Kun Suharno, Sri Widodo. 2015. Analisis Debit Fluida pada Pipa Elbow 900 dengan Variasi Diameter Pipa. Universitas Tidar Magelang.

Triatmodjo, Bambang, 1996, Hidraulika I, Beta Offset, Yogyakarta.

Wendy Priana Negara. 2015. Perbandingan Analisis Pressure Drop pada Pipa Lengkung 900 Standar ANSI B36.10 dengan COSMOSfloWorks 2007. Universitas Gunadarma Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.26618/th.v13i1.3980

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.