IMPLEMENTASI FUNGSI-FUNGSI MANAJEMEN DALAM PERSPEKTIF ALQUR’AN DAN HADIS UNTUK PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN PADA PONDOK PESANTREN PUTERI UMMUL MUKMININ ‘AISYIYAH WILAYAH SULAWESI SELATAN

Abdul Kadir Arief

Abstract


ABSTRAK

 

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) bagaimana implementasi fungsi-fungsi manajemen dalam perspektif Alquran dan Hadis untuk Peningkatan Mutu Pendidikan pada Pondok Pesantren Ummul Mukminin ‘Aisyiyah Sulawesi Selatan, 2) Faktor-faktor apa saja yang menjadi penghambat dan pendukung perkembangan Pondok Pesantren Ummul Mukminin Aisyiyah Sulawesi Selatan.

Untuk melihat kedua masalah tersebut, diperlukan metode kualitatif desikriptif, yaitu data-data yang dikumpulkan melalui jawaban informan dilakukan seleksi dan pemilahan yang kemudian dianalisis secara semantik dan induktif yang kemudian dikuatkan lagi dengan hasil observasi langsung oleh penulis.

Hasil penelitian menunjukkan, penerapan fungsi-fungsi manajemen yang berbasiskan Alquran dan Alhadis pada Pondok Pesantren Puteri Ummul Mukminin ‘Aisyiyah Wilayah Sulawesi Selatan belum berjalan maksimal sesuai dengan harapan untuk mencapai standar mutu tertentu, dikarenakan beberapa hambatan antara lain: sumber daya manusia yang belum bersinergi, sistem koordinasi yang relatif tidak terjadwal melainkan hanya tentatif ketika ada masalah, sarana teknologi informasi dan sosialisasi yang masih minim, kurangnya pendidikan dan pelatihan untuk meningkatkan kapasitas masing-masing individu yang terlibat di pondok pesantren, kurangnya keterlibatan dan keberhasilan santri dalam event-event kejuaraan nasional dan regional, dan sebagainya. Sedangkan faktor pendukungnya antara lain: sarana dan prasarana gedung dan asrama yang luas dan masih di wilayah Kota Makassar, adanya kerjasama dan loyalitas para pengelola, serta usia pesantren yang sudah dewasa.

 

Kata Kunci: Manajemen, Alqur’an, Hadist, Mutu Pendidikan, Reward dan punishment.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Al-Qur’an dan Terjemahnya, Kemenag RI, 2010.

Al-Asri Al-Jadid, 1968 Ingklizikh Wa Arabiah, Dar Fikr: Beirut.

Abu Sinin, Ahmad Ibrahim, 2006, Manajemen Syariah; Sebuah Kajian Historis dan Kontemporer, terj. Dimyauddin Djuwaini, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Al-Hawary, As-Sayid Mahmud, 1976, Al-Idarah al-Ushuli wal Ususil Ilmiyah (Cet. III) Kairo: Maktabah Al-Imliyyah

Antonio, Muhammad Syafii, 2011. Leadership & Manajemen Muhammad saw.; Sang Pembelajar dan Guru Peradaban. Jakarta: Tazkia Publishing.

Bungin, Burhan, 2003, Analisis Data Penelitian Kualitatif, Jakarta: PT. Rajagrafindo, cet.ii.

Effendy, Mochtar. 1986. Manajemen Suatu Pendekatan Berdasarkan Agama Islam. Jakarta:

Falah, Ahamd, 2010, Hadits Tarbawi, Kudus: STAIN Kudus.

Hasbullah, 2006, Otonomi Pendidikan; Kebijakan Otonomi Daerah dan Implikasinya terhadap Penyelenggaraan Pendidikan, Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Hasibuan, 2011, Manajemen Dasar, Pengertian dan Masalah. Cet VI, Jakarta: PT Bumi Aksara.

----------------, 2009. Manajemen. Cet III, Jakarta: Bumi Aksara

Jawwad, M. Ahmad Abdul, 2006, Manajemen Rasulullah; Panduan Sukses Diri dan Organisasi, (terj. Khozin Abu Faqih), Bandung: PT Syamil Cipta Media.

J. Moleong, Lexy Dr. Prof., 2018, Metodologi Penelitian Kualitatif,ed. Revisi cet. 38, Bandung: PT. Rosdakarya.

Jurnal Iqra’ Mei 2014 “Manajemen Islami Perspektif Al-Qur’an”, Zainarti Dosen UIN-SU.

Kanada, Radial, 2016, Membangun Effective School Berbasis Budaya untuk Mewujudkan Pendidikan Bermutu, Journal of Islamic Education Management, Palembang: Prodi MPI FTIK UIN Raden Fattah.

Kurniawan, Sugeng, Konsep Manajemen Pendidikan Islam Perspektif Alquran dan Ahadis, Jurnal Nur El-Islam, Vol 2 Nomor 2, Oktober, 2015.

Manullang, M.,1985, Dasar-Dasar Manajemen, Jakarta: Erlangga.

Moleong. Lexy J, 1999, Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: Remadja Rosdakarya.

M. Echols, John dan Hasan Shadily, Kamus Inggris- Indonesia, 1995.

Mulyono, 2008, Manajemen Administrasi dan Organisasi Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz

Nana, Sudjana, 1996, CBSA dalam Proses Belajar Mengajar, Bandung: Sinar Baru Algensido.

Saefullah U., 2012, Manajemen Pendidikan Islam, Bandung: Pustaka Setia.

Sugiono, Dr. Prof, 2017, Metode Penelitian Kualitatif, ed.3,Bandung: Alfabeta.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional, 2003.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.