URGENSI DALAM MEMAHAMI RUANG LINGKUP FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM

Achmad Amiruddin, Abdullah Muhammad

Abstract


Tujuan dari penelitian ini untuk 1) Mengatahui pengertian filsafat pendidikan Islam 2) untuk mengatahui urgensi ruang lingkup filsfat pendidikan Islam. Berdasarkan hasil analis yang dilakukan maka hasil dari penelitian ini yaitu; 1) filasafat pendidikan Islam dapat dimaknai sebagai studi tentang pandangan filosofis dan aliran filsafat dalam Islam terhadap masalah pendidikan. Filsafat pendidikan Islam juga menjawab pengaruh kependidikan terhadap perkembagan dan pertumbuhan manusia muslim dan umat Islam pada umumnya. Filsafat pendidikan Islam sebagai sarana pemecahan berbagai persoalan dalam pendidikan umat Islam. Dengan demikian filsfat pendidikan bersifat tradisional, kritis,serta radikal sesuai dengan maksud filsfat itu sendiri. 2) ruang lingkup filsafat pendidikan islam adalah masalah masalah yang terkait dengan kegitan pendidikan, seperti kurikulum, metode, dan lingkungan. mendeskrpsikan bahwa pentingnya untuk diperhatikan dan dipahami secara mendalam untuk memaksimalakan dalam mengaktualisasikan dalam proses pembelajaran. Baik itu guru sebagai pengajar, kurikulum, metode, dan lingkungan karena ruang lingkup ini merupakan komponen komponen penting dalam menerapakan nilai nilai islam.

 

 

 

Kata Kunci : pengertian filasafat pendidikan Islam ruang lingkup filsafat pendidikan Islam, dan urgensi filsafat pendidikan Islam.   


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Wello, Abd Malik, Filsafat Ilmu Pengatahuan Prespektif Islam Cet. I; Alauddin University Press: Makassar, 2011.

Rasyid, Muhammad Rusydi. Kontak Islam dengan Filsafat Yunani dan Pengaruhnya terhadap Pendidikan Islam Islam Cet. I; Alauddin University Press: Makassar, 2011.

Azrah, Azyumardi. Pendidikan Islam : Tradisi dan Moderenisasi di Tengah Tantangan Melenium III Cet. I; Jakarta: Kencana Penada Media Grup, 2012.

Hamalik, Oemar. Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2013.

Makawimbang, Jerry H. Supervisi dan Peningkatan Mutu Pendidikan Cet. I; Bandung : Alfabeta, 20011.

Assegaf, Abd Rachman. Filsafat Pendidikan Islam: Paradigma Baru Pendidikan Hadhari Berbasis Integratif Interkonektif Cet. I; Jakarta: Raja Grafindo Persada 2011.

Kattsof, Louis O. Pengantar Filsafat Terj. Soejono Soermargono dari judul asli Element of Philosophy, Yogyakarta: Bayu Indah Grafika, 1989.

al-Tuomy al-Syaibani, Omar Muhammad. Filsafat Pendidikan Islam Terj. Hasan Lamggulung dari judul asli Falsafah al-Tarbiyah al-Islamiyah, Jakarta: Bulan Bintang, 1979.

Poerwardaminta, W.J.S. Kamus Umum Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 1991), h. 250.

Ali Muh, Maulana. Islamologi Dinul Islam, Terj. Kaelani dan H.M. Bachrun, Jakarta: Icthiar Baru Van Hoeve, 1980.

Nasution, Harun. Islam ditinjau dari Berbagai Aspeknya, Jakarta: Universitas Indonesia, 1979.

Arief, Armai. Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam Cet. I; Jakarta: Ciputat Pers, 2002.

Muhaimin, Nuansa Baru Pendidikan Islam: Mengurai Benang Kusut Dunia Pendidikan, h. 14.

Abuddin Nata, Pemikiran Para Tokoh Pendidikan Islam; Seri Kajian Filsafat Pendidikan Islam Cet. III; Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2003.

Republik Indonesia, Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional Cet. IV; Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2011.

Bahri Djamarah, Syaifu.l Guru dan Anak dalam Interaksi Edukatif (Suatu Pendekatan Teoritis Psikologi) Cet. III; Jakarta: Rineka Cipta, 2010.

Sudjana, Nana. Dasar. - Dasar Proses Belajar Mengajar Bandung: Sinar Baru Algensido, 1995.

Al’- Aziz, Shalih Abd. al-Tarbiyah al-Haditsah al-Madatuhah Mabadi’uTatliiqatuha al-Amaliyah (al-Tarbiyah wa Thuruq al-Tadris) Kairo Dar-al Maarif, 1119.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.