STIMULUS GURU DAN RESPON SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI TINGKAT SMP
Abstract
Penelitian ini mendiskusikan pokok permasalahan yaitu cara guru dalam memberikan stimulus kepada siswa dalam pembelajaran bahasa Arab, melihat respon yang ditunjukan oleh siswa dalam pembelajaran bahasa Arab , serta menemukan faktor penghambat stimulus dan respon dalam pembelajaran bahasa Arab pada siswa SMP di Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, di mana pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi (pengamatan), wawancara dan dokumen, yang selanjutnya dianalisis secara deskriptif. Berdasarkan hasil temuan lapangan, dapat diketahui bahwa stimulus yang dapat diberikan oleh guru dalam pembelajaran yaitu: 1) Penggunaan variasi metode mengajar, materi, dan buku penunjang; (2) pemberian nilai; (3) pemberian hukuman; dan (4) pemberian pujian atau penghargaan. Respon yang ditunjukkan siswa dalam pembelajaran yaitu: 1) Respon Perseptual; (2) Respon Emosional; dan (3) Respon Behavioristik. Sementara faktor penghambat stimulus dan respon dalam pembelajaran yaitu faktor intern dan faktor ekstern siswa.
Kata kunci: Stimulus, Respon, PembelajaranFull Text:
PDFReferences
Al Quran Al Karim. Departemen Agama RI
Anshar, Ahmad Muhtadi. 2009. Pengajaran bahasa Arab media dan metode-metodenya .Yogyakarta: TERAS
Depdiknas, 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta:Balai Pustaka
Effendy, Akhmad Fuad. 2015. Metodologi pengajaran bahasa Arab Malang: Misykat
Hamalik, Oemar. 2009. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara
Hermawan, Acep. 2014. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Kemenag RI. 2012. Al-Qur’an Transliterasi Per Kata dan Terjemahan Per Kata Bekasi: Cipta Bagus Segara
Mu’in, Abdul. 2004. Analisis Kontrastif Bahasa Arab dan Bahasa Indonesia (Telaah terhadap Fonetik dan Morfologi). Jakarta: Pustaka Al Husna Baru
Mudyahardjo, Redja. 2012. Pengantar Pendidikan: Sebuah Studi Awal Tentang Dasar-Dasar Pendidikan Pada Umumnya dan Pendidikan di Indonesia. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Mulyasa. 2009. Menjadi guru Profesional Cet. III. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Nuha, Ulin. 2009. Pengajaran Bahasa Asing dengan Pendekatan Interaktif Yogyakarta: Idea Press
Ormrod, Jeanne Ellis. 2008. Psikologi Pendidikan, membangun siswa tumbuh dan berkembang Jakarta: Erlangga
Parera, Jos D. 1997. Lingustik Edukasional. Jakarta: Erlangga
Permenag. 2008. Bab VI. tentang Standar Kompetensi dan Standar Isi Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab
Prawira, Purwa Atmaja. 2016. Psikologi Pendidikan dalam Perspektif Baru cet. III. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media
Purwanto, Ngalim. 2004 Psikologi Pendidikan Cet. XXII. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Roqib, Moh. 2009. Ilmu Pendidikan Islam Pengembangan Pendidikan Integratif di Sekolah, Keluarga, dan Masyarakat. Yogyakarta: LKIS
Ruswandi. 2013. Psikologi Pembelajaran cet. I. Bandung: CV. Cipta Pesona Sejahtera
Sahmo, Bartolemeus. 2013. Pendidikan Ki Hajar Dewantara. Yogyakarta: Kanisius
Santrock, John.W. 2008. Perkembangan Anak Jilid I Erlangga. 2008
Soemanto, Wasty. 2006 Psikologi Pendidikan Landasan Kerja Pemimpin Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta
Sugiono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Suryabrata, Sumadi. 2004. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Suryabrata, Sumadi. 2015. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Syah, Muhibbin. 2004. Psikologi Belajar Cet.III. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Syah, Muhibbin. 2014. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru Cet. XIX. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Usman, Uzer. 2005. Menjadi Guru Professional. Bandung: PT Remaja rosdakarya
Yahdi, Muh. 2013. Pembelajaran Micro Teaching Cet. I. Makassar: Alauddin University Press
Zalyana. 2014. Reinforcement Posisitif dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Tsanawiyah Negeri Kota Pekanbaru Riau.
Refbacks
- There are currently no refbacks.