Teknologi, Informasi dan Komunikasi (TIK) Dalam Pendidikan Islam
Abstract
Teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam pendidikan Islam, dengan fokus pada penerapannya dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dan pengelolaan pendidikan di lembaga-lembaga Pendidikan Islam. Permasalahan pokok yang diangkat dalam penelitian ini adalah sejauh mana TIK dapat diintegrasikan dalam pendidikan Islam untuk mendukung proses belajar mengajar yang lebih efektif dan efisien. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi manfaat, tantangan, serta solusi implementasi TIK dalam pendidikan Islam pada lembaga Pendidikan atau sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa TIK memberikan kontribusi signifikan dalam mempermudah akses materi pembelajaran, meningkatkan interaksi antara siswa dan guru, serta memperluas jangkauan pendidikan. Namun, masih terdapat tantangan terkait dengan infrastruktur, pelatihan, serta kesadaran penggunaan TIK di kalangan pendidik dan siswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa meskipun terdapat berbagai tantangan, pemanfaatan TIK dalam pendidikan Islam memiliki potensi besar untuk meningkatkan kualitas pendidikan, asalkan didukung oleh kebijakan yang tepat serta peningkatan keterampilan penggunaan teknologi di kalangan pendidik dan siswa.
Kata kunci: Teknologi, Informasi dan Komunikasi, Pendidikan Islam
Full Text:
PDFReferences
Abdurrahman, A. (2018). Literasi Digital dalam Pendidikan Agama Islam: Menghindari Konten Negatif. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 10(2).
Alimuddin, M., & Fitriawati, E. (2021). Pendidikan Agama Islam dan TIK: Menghadapi Era Digital. Jurnal Pendidikan Islam, 2(1)
Az-Zarqa, Muhammad. Pendidikan Islam dan Teknologi: Tinjauan Teoretis dan Praktis. Jakarta: Pustaka Al-Hikmah, 2018
Basyari, Zen Anwar Saeful. "Optimalisasi Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan Agama Islam: Peran, Dampak, dan Tantangannya." Epistemic: Jurnal Ilmiah Pendidikan 1.3 (2022).
Dzikra, H., & Fahmi, S. (2020). Penyalahgunaan TIK dalam Pendidikan Islam: Solusi dan Tantangan. Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 7(3)
Hamzah B. Uno dan Nina Lamatenggo,Teknologi Komunikasi Dan Informasi Pembelajaran, Jakarta: PT Bumi Aksara, 2010.
Hidayat, S., & Akbar, F. (2020). Pengaruh Ketergantungan Teknologi pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 11(1).
Laudon, K.C., & Laudon, J.P. (2019). Management Information Systems: Managing the Digital Firm (15th ed.). Pearson Education.
Mulyadhi Kartanegara, MengIslamkan Nalar, Jakarta: Erlangga, 2007
Mulyadi, I. (2019). Pengaruh Teknologi dalam Pembentukan Karakter dalam Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Karakter, 14(3).
Mulyasa, E. Implementasi Teknologi dalam Pendidikan: Konsep dan Aplikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2019.
Mustofa, A. (2021). Keamanan Data dalam Pembelajaran Berbasis Teknologi di Sekolah-sekolah Islam. Jurnal Teknologi Pendidikan Islam, 15(1).
Nasution, A. R. (2020). Pendidikan Islam dalam Era Digital: Peluang dan Tantangan Infrastruktur Teknologi. Jurnal Ilmu Pendidikan, 9(2).
Nursyah, E. (2019). Pembelajaran Agama Islam di Era Digital: Dampak Positif dan Negatif Teknologi dalam Pembentukan Karakter. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 5(4).
Prasetyo, Y. (2019). Inovasi Kurikulum Pendidikan Islam dalam Era Digital. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 4(3).
Priyadi, Y. (2024). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Mewujudkan Otonomi Sekolah yang Berkelanjutan di Lingkungan Pendidikan Islam. Unisan Jurnal, 3(2).
Putra, A. F. (2020). Perlindungan Data Siswa dalam Penggunaan TIK di Pendidikan Agama Islam. Jurnal Keamanan Digital, 9(2),
Rahman, R. (2019). Peran Guru dalam Mengintegrasikan TIK dalam Pengajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Islam, 13(1).
Ramadhan, I., Nugraha, T. J., Firmansyah, E., Alkahfy, R., & Rian, R. (2021). Perubahan proses pembelajaran tatap muka pasca pembelajaran daring pada masa pandemi Covid-19 di MAN 2 Pontianak. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(8).
Rahmat, M. (2020). Pendidikan Karakter melalui Teknologi dalam Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 8(2),
Riyanto, A. (2023). Guru pendidikan agama islam dimasa teknologi informasi dan komunikasi. Al Kasyaf (Jurnal Pendidikan dan Dakwah), 1(1).
Saleh, M. A. (2018). Tantangan Infrastruktur Teknologi dalam Pendidikan Islam. Al-Jamiāah: Journal of Islamic Studies, 56(2).
Santoso, P. A., & Suhendi, W. (2020). Penggunaan Teknologi dalam Pengajaran Agama Islam: Studi Kasus Penggunaan TIK pada Generasi Z. Jurnal Teknologi Pendidikan, 6(4).
Suryanto, H. Pendidikan Jarak Jauh dalam Perspektif Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2021
Stair, R., & Reynolds, G. (2017). Principles of Information Systems (13th ed.). Boston: Cengage Learning
Refbacks
- There are currently no refbacks.