TAKSONOMI MODEL-MODEL DESAIN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERORIENTASI RUANG KELAS, PRODUK DAN SISTEM

Ya'kub Ya'kub

Abstract


Abstrak  

Penelitian ini bertujuan untuk meninjau taksonomi model-model pembelajaran pendidikan agama Islam dalam referensi akademik yang yang berorientasi ruang kelas, produk dan sistem. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan, yaitu tindakan pemanfaatan sumber perpustakaan, baik cetak maupun daring, untuk mengurai terkait taksonomi model-model desain pembelajaran PAI. Peneliti menjelajahi beberapa perpustakaan dan beberapa mesin pencari berbasis web untuk mengumpulkan informasi digital yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa taksonomi model-model pembelajaran berorientasi kelas adalah peran pendidik dalam pengelolaan kelas, alat pendukung dalam proses pembelajaran, situasi ruangan kelas yang dinamis. Studi ini juga menunjukkan bahwa taksonomi model-model pembelajaran berorientasi produk fokus pengembangan produk profesional pada penciptaan bahan ajar PAI yang komprehensif dan menarik, seperti modul, buku teks, dan alat bantu visual. Adapun yang berorientasi sistem merupakan keterpaduan sistem seluruh komponen dalam pembelajaran PAI yang yang satu sama lainnya saling berkaitan. Disempurnakan dengan tawaran model yang sangat lengkap terkait desain pembelajaran yang berorientasi kelas, produk maupun sistem.

Keywords:  Model desain pembelajaran, pendidikan agama Islam, berorientasi kelas, berorientasi produk, berorientasi sistem


Full Text:

PDF

References


A Pribadi, B. (2009). Model Desain Sistem Pembelajaran. PT Dian Rakyat.

Arifin, M. (2007). Kapita selekta pendidikan Islam. PT Bumi Aksara.

Baharun, H. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran PAI Berbasis Lingkungan Melalui Model ASSURE. Cendekia: Journal of Education and Society, 14.

Daradjat, Z. (2006). Ilmu Pendidikan Islam. PT Bumi Aksara.

Daradjat, Z. (2008). Metodologi Pengajaran Agama Islam. PT Bumi Aksara.

Ferdinan. (2017). Desain Pembelajaran. Gunadarma Ilmu.

H.A.R Tilaar. (2005). Manifesto Pendidian Nasional; Tinjauan dari Prespektif Postmodernisme dan studi kultural (B. Darmawan (ed.); 1st ed.). Kompas.

Hamzah, A. (2020). Metode Penelitian Kepustakaan (Library Research). CV Literasi Nusantara.

Hardiansyah, H. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Salemba Humanika.

Mangdalena. (2020). Penerapan Model-Model Desain Pembelajaran. PENSA: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2.

Muhaimin. (2007). pengembangan kurikulum pendidikan agama islam. PT Raja Grafindo Persada.

Muhammad Ali. (2018). Peran Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Daya Tahan Budaya Lokal Indonesia di Era Global. Tapis : Jurnal Penelitian Ilmiah, 3, 159–177. https://doi.org/https://doi.org/10.32332/tapis.v3i2.1626

Novaliendry, D. (2019). Teknologi Informasi Dan Pendidikan. Al-Manar, 12, 1–7.

Prawiladilaga, D. S. (2002). Prinsip Desain Pembelajaran. Kencana.

Sanjaya, W. (2012). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Kencana Perdana Media Group.

Sujarwo. (2008). Beberapa Aspek Pengembangan Sumber Belajar. Media Sarana Perkasa.

Yaumi, M. (2024). Pendekatan Sistem dalam Proses Desain Pembelajaran: Analysis, Instructional Goal Setting, Production, Evaluation, and dissemination (Model AIPED). Kencana.

Yusuf, A. (2012). Long Life Education (Belajar Tanpa Batas). Pedagogia, 1, 111–129


Refbacks

  • There are currently no refbacks.