Metode Pembelajaran Fiqih di Tingkat Madrasah Ibtidaiyah

St Rajiah Rusydi

Abstract


Pendidikan Fiqih sebagai bagian dari pendidikan agama Isla, memiliki pengaruh yang cukup besar dalam pembentukan watak dan perilaku peserta didik, khususnya di tingkat dasar. Karena melalui mata pelajaran Fiqih, guru dapat membangun motivasi kepada siswanya untuk mempraktekkan nilai-nilai agama dalam kehidupan sehari-hari. Proses belajar di sekolah memiliki peran yang sangat penting dalam membangun perilaku generasi muda di masa mendatang. Karena itu, bila proses belajar-mengajar dilaksanakan dengan baik dengan mata pelajaran yang tepat, dapat membentuk siswa yang akhlakul karimah. Untuk dapat menyampaikan pelajaran dengan baik agar siswa lebih mudah memahami pelajaran, seorang guru selain harus menguasai materi, guru dituntut untuk dapat terampil dalam memilih dan menggunakan metode mengajar yang tepat untuk situasi dan kondisi yang dihadapinya. Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui proses pembelajaran dalam mata pelajaran Fiqih dapat membentuk kebiasaan-kebiasaan baik pada siswa tingkat madrasah ibtidaiyah. Dengan menggunakan metode observasi secara langsung dan wawancara, dapat diketahui bahwa guru mata pelajaran fiqih di madrasah ibtidaiyah telah menggunakan metode bermacam-macam yaitu ceramah, tanya jawab, diskusi, demonstrasi, dan resitasi. Metode yang digunakan dalam pembelajaran Fiqih mengacu pada ruang lingkup materi yang ada pada masing-masing kelas dan disesuaikan dengan kondisi siswa.

References


Abdul Majid, 2007. Perencanaan Pembelajaran, Cet. ke-3. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Abu Ahmadi, 1986. Metodik Khusus Pendidikan Agama (MKPA). Bandung: Armico.

Abuddin Nata, 1997. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta : Logos.

Al-Rasyidin dan Syamsul Nizar, 2005. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Ciputat Press.

Amirul Hadi dan Haryono, 1998. Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Pustaka Pelajar.

Arifin, 1993. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.

Armai Arief, 2002. Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam. Jakarta: Ciputat Press.

Basyirrudin Usman, 2002. Metodologi Pembelajaran Agama Islam. Jakarta : Ciputat Press.

Chabib Thoha, Saifuddin Zuhri, H. Syamsudin Yahya, 2004. Metodologi pengajaran agama. Semarang : Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo.

Departemen Agama RI, 2004. Kurikulum 2004 Standar Kompetensi Madrasah

Fuad Ihsan, 2005. Dasar-Dasar Kependidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Ibtidaiyyah. Jakarta: Dirjen Pembinaan Kelembagaan Agama Islam.

J.J. Hasibun dan Moedjiono, 1995. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Muhaimin, 2002. Paradigma Pendidikan Islam, Upaya Mengefektifkan PAI di Sekolah. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Muhammad Ali, 2007. Guru Dalam Proses Belajar Mengajar, cet. ke-13. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Nana Sudjana, 1984. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Qodri Azizy, 2002. Metodologi Pendidikan Agama Islam. Jakarta : Depag. Barnadib, 1994. Ilmu Pendidikan Sistematis. Yogyakarta : Andi Offset.

Reti Muslikhatun, 2009. Pengaruh Metode Demonstrasi Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Fiqih Siswa MI 03 Tarbiyatul Athfal Pengarasan Bantarkawung Brebes (Studi Eksperimen). Skripsi tidak diterbitkan. Purwokerto:STAIN Purwokerto.

Roestiyah N.K, 1991. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Sardiman, 2001. Interaksi dan Motivasi Belaja Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Semiawan Conny, 2006. Pendekatan Ketrampilan Proses, Bagaimana Mengaktifkan Siswa dalam Belajar, Cet ke-13. Gramedia Pustaka Utama.

Suharsimi Arikunto, 1993. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Sulchan Yasin,1997. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Surabaya: Amanah. Sutrisno Hadi, 2001. Metodologi Research I. Yogyakarta: Andi Offset.

Sulistyaningsih, 2010. Pembelajaran Fiqih di Madrasah Diniyah Salafi Al Falah Penjalin Desa Cibangkong Kecamatan Pekuncen Banyumas Tahun Pelajaran 2009/2010. Skripsi tidak diterbitkan. Purwokerto:STAIN Purwokerto.

Syaiful Bahri Djamarah dan Aswin Zain, 1995. Metodologogi Pengajaran. Bandung: Sinar Baru.

Tafsir, Ahmad, 2013. Metodologi pengajaran Agama Islam. Remaja Rosdakarya

Tayar Yusuf dan Syaiful Anwar, 1997. Metodologi Pengajaran Agama Islam dan Bahasa Arab. Jakarta : Raja Grafindo Persada

Torrance E. Paul. 1985. Teaching Creative and Gifted Learners. dalam Handbook of Research on Teaching Third Edition, Editor Merlin C. Wittrock. London : Collier Macmillian Publishers.

Wina Sanjaya, 2006. Strategi Pembelajaran. Jakarta : Kencana Prenada Media. Waridatur Rokhmah, 2009. Studi Komparatif Metode Pembelajaran Fiqih Antara

Yunus Namsa, 2000. Metodologi Pengajaran Agama Islam. Jakarta: Pustka Firdaus.

Zainal Arifin, 2013. Menjadi Guru Profesional: (Isu Dan Tantangan Masa Depan), Edutech, Tahun 12, Vol.1, No.3, Oktober 2013.

Zakiah Daradjat, 1996. Metodologi Pengajaran Agama Islam. Jakarta: Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.