PENINGKATAN PENGUASAAN MUFRADAT MELALUI PENGAJIAN KITAB PADA MAHASISWA MA’HAD AL-BIRR UNISMUH MAKASSAR

Ilham Muchtar

Abstract


Mufradat merupakan kumpulan kata-kata tertentu yang akan membentuk bahasa (kosakata). Kata adalah bagian terkecil dari bahasa yang sifatnya bebas.Perbendaharaan kosakata bahasa Arab yang memadai dapat menunjang seseorang dalam berkomunikasi dan menulis dengan bahasa tersebut.Peningkatan mufradatmerupakan bagian pentingdari proses pembelajaran suatu bahasa.Kegiatan pengajian merupakan cara yang tepat agar peningkatan penguasaanmufradat dalam pembelajaran bahasa Arab dapat tercapai secara efektif.Pengajian kitab di Ma’had Al-Birr Unismuh diadakan lima kali dalam sepekan dengan materi dan pembina yang berbeda setiap hari. Kitab-kitab yang diajarkan antara lain; kitab Subulussalam, kitab al-Arba’in an-Nawawiyah, kitab Qawa’id al-Lughah, kitab al-Rahiq al-Makhtum dan kitab Sirah Nabawiyah.Pengajian kitab yang dilaksanakan di Ma’had Al-Birr Unismuh Makassar berdasarkan penelitian dengan metode observasi dan wawancara langsung yang dilakukan berhasil meningkatkan penguasaan mufradat bagi mahasiswanya.

 

Kata Kunci: Mufradat, Pengajian, Ma’had Al-Birr


Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, Mas'ud. Intelektual Pesantren: Perlehatan Agama dan Tradisi. Yogyakarta: LkiS, 2004

Ahmad, Kadir. Dasar-dasar Metodologi Penelitian Kualitatif. Cet.I Makassar : CV. Indobis Media Centre, 2003

AIy, Hery Noer. IImu Pendidikan Islam. Cet. II; Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 1999.

Arikunto, Suharsimi. Manajemen Penelitian. Cet. IV; Jakarta: Rineka Cipta, 1998.

Azra, Azyumardi. Kitab Kuning, Tradisi dan Epistemologi Keilmuan Islam di Indonesia, Azyumari Azra, Pendidikan lslam : Tradisi dan Modernisasi Menuju Millenium Baru”. Jakarta, Logos, 2002

Basyuni, Muhammad M. Pengembangan Ma'had Aly: Basis pengkaderan ulama", dalamTim Direkrorat Jenderal Pendidikan Islam Departemen Agama: Revitalisasi Spirit Pesantren; Gagasan Kiprah dan Refleksi, Cet I: Jakarta, Direktorat Pendidikan Diniyah dan pondok pesantren,2007

Dhofier, Zamakhsyari. Tradition and Change in Indonesia Islamic Education. ed.A.G" Muhaimin, Jakarta: Litbang DEPAG, 1995

Djamarah, Syaiful Bahri. dan Aswan Zain. Strategi Belajar Mengajar. Cet. II; Jakarta: Rineka Cipta, 2002

Farris, Pamela J. Language Arts: A Process Aproach. Wisconsin: Brown and Benchmark Publishers, I 993.

Glassea, Cyril. The Concise Ensyclopedia of Islam. Terj. A. Mas’adi, Ensiklopedia Islam Ringkas. Ed. I. Cet. III; Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2002.

Hamalik, Oemar. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara, 2001.

Mastuhu. Dinamika Sistem Pendidikan Pesantren: Suatu Kajian Tentang Unsur dan Nilai Sistem Pendidikan Pesantren. Jakarta: INIS, 1994.

Mochtar, Affandi. “Tradisi Kitab Kuning: Sebuah Observasi Umum,” dalam Marzuki Wahid et al., ed., Pesantren Masa Depan: Wacana Pemberdayaan dan Transformasi Pesantren. Cet. I; Bandung: Pustaka Hidayah, 1999.

Mochtar, Maksum. “Transformasi Pendidikan Islam,” dalam Marzuki wahid, et al., ed., Pesantren Masa Depan: Wacana Pemberdayaan dan Transformasi Pesantren. Cet. I; Bandung: Pustaka Hidayah, 1999.

Moeleong, Lexy. J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Cet. XIII; Bandung: Remaja Rosdakarya, 2000.

Nasuha, Chozin. “Epistemologi Kitab Kuning”, dalam Marzuki Wahid, et al., Pesantren Masa Depan: Wacana Pemberdayaan dan Transformasi Pesantren. Cet. I; Bandung: Pustaka Hidayah, 1999.

Nata, Abuddin. Ed., Sejarah Pertumbuhan dan Perkembangan Lembaga-Lembaga Pendidikan Islam di Indonesia. Jakarta: Gramedia, 2001.

Raharjo, M. Dawan. ed., Pesantren dan Pembaharuan. Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 2001.

Rahim, Kendali Mutu Pendidikan Agama Islam, Cet. I, Departemen Agarna RI, Jakarta, 2001

Suwendi. “Rekonstruksi Sistem Pendidikan Pesantren: Beberapa Catatan”, dalam Marzuki Wahid. Et al., ed., Masa Depan Pesantren: Dalam Tantangan Modernitas dan Tantangan Kompleksitas Global. Cet. I; Jakarta: IRD PRESS, 2004.

Usman, Basyiruddin. Metodologi Pembelajaran Agama Islam. Jakarta: Ciputat Press, 2002.

Van Bruinessen, Martin. Kitab Kuning, Pesantren, dan Tarekat: Tradisi-Tradisi Islam di Indonesia. Bandung: Mizam, 1995.




DOI: https://doi.org/10.26618/almaraji.v2i2.1978

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Al-Maraji' : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View My Stats