Evaluasi Pembelajaran Bahasa Arab Kurikulum Merdeka di MA Arrahmaniyah Depok Berbasis Model Congruence
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kesesuaian antara perencanaan, pelaksanaan, dan hasil pembelajaran Bahasa Arab di kelas X MA Arrahmaniyah Depok berdasarkan model evaluasi Congruence. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif-analitik. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dengan guru bidang kurikulum, guru Bahasa Arab, siswa, serta analisis dokumen terkait. Hasil penelitian menunjukkan adanya kesesuaian parsial antara perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran dengan standar Kurikulum Merdeka, khususnya terkait tujuan pembelajaran, bahan ajar, metode inquiry learning dan project-based learning, serta penggunaan media digital. Namun demikian, ditemukan ketidaksesuaian antara tujuan yang telah ditetapkan dengan Nilai ujian akhir semester siswa kelas X, di mana 72,92% siswa belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Faktor-faktor yang memengaruhi kondisi tersebut antara lain rendahnya motivasi dan minat siswa terhadap pelajaran Bahasa Arab, kurangnya lingkungan yang mendukung praktik berbahasa Arab, perbedaan latar belakang keilmuan siswa, serta keterbatasan akses terhadap buku ajar. Berdasarkan hasil tersebut, diperlukan upaya perbaikan melalui variasi metode pembelajaran, optimalisasi media, serta penciptaan lingkungan belajar yang lebih kondusif untuk meningkatkan kesesuaian antara tujuan, pelaksanaan, dan hasil pembelajaran Bahasa Arab di kelas X.
This study aims to evaluate the congruence between planning, implementation, and learning outcomes of Arabic language instruction in Grade 10 at MA Arrahmaniyah Depok based on the Congruence evaluation model. This study employs a qualitative method with a descriptive-analytical approach. Data collection was conducted through interviews with curriculum teachers, Arabic language teachers, and students, as well as analysis of relevant documents. The results of the study indicate partial congruence between the planning and implementation of learning and the Merdeka Curriculum standards, particularly in terms of learning objectives, teaching materials, inquiry learning and project-based learning methods, and the use of digital media. However, there was a discrepancy between the established objectives and the end-semester exam of Grade X students, with 72.92% of students not yet achieving the Minimum Competency Criteria (KKM). Factors influencing this condition include low student motivation and interest in Arabic language lessons, a lack of an environment supporting Arabic language practice, differences in students' academic backgrounds, and limited access to textbooks. Based on these findings, improvements are needed through varied teaching methods, optimized use of media, and the creation of a more conducive learning environment to enhance alignment between objectives, implementation, and learning outcomes in Arabic language instruction for 10th-grade students.
Full Text:
PDFReferences
Alhamuddin. (2019). Politik Kebijakan Pengembangan Kurikulum di Indonesia: Sejak Zaman Kemerdekaan hingga Reformasi (1947-2013). Prenada Media.
Amarta, M. (2024). “Peranan Dan Fungsi Kurikulum Secara Umum Dan Khusus. ALFIHRIS: Jurnal Inspirasi Pendidikan, 2(1).
Anggareni, N. W., Ristiati, N. P., & Widiyanti, N. L. P. M. (2013). Implementasi Strategi Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Pemahaman Konsep IPA Siswa SMP. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 3, 1–11.
Arifin, Z. (2014). Evaluasi Pembelajaran: Prinsip, Teknik, Dan Prosedur. PT. Remaja Rosdakarya.
Arikunto, S. (1992). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktis. Rineka Cipta.
Arikunto, S. (2008). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara.
Asy’arie, B. F., Aziz, M. H., Bahy, M. B. A., Rahman, A., & Mariyana, W. (2025). Kurikulum Merdeka Belajar: Menelaah Trend Model Pembelajaran Di Sekolah Dan Madrasah. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Keguruan, 10(1 SE-Articles). https://doi.org/10.47435/jpdk.v10i1.3233
Barlian, U. C., Solekah, S., & Rahayu, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Journal Of Educational And Language Research: Bajang Journal, 1(12), 4.
Fitriyah, K. N. (2021). العادة قوة ضوء على النور بمعهد العربية اللغة لتعلم المنهج. AlMuttaqin: Jurnal Studi, Sosial, Dan Ekonomi, 2(2).
Fitzpatrick, J. L., Sanders, J. R., & Worthen, B. R. (2011). Program Evaluation: Alternative Approaches and Practical Guidelines (4th ed.). Pearson Education.
Hamalik, O. (2007). Dasar-dasar Pengembangan Kurikulum. Remaja Rosdakarya.
Hartati, T., & Panggabean, E. M. (2023). Karakteristik Teori teori Pembelajaran. Jurnal Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran: JPPP, 4(1), 5–10.
Hartati, L., & Chanifudin, C. (2023). Problematika Penerapan Kurikulum Merdeka Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Siswa Kelas Vii Di Smpn 5 Bantan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Keislaman, 3(3), 378–381. https://doi.org/10.55883/jipkis.v3i3.92
Hasan, S. H. (2008). Evaluasi Kurikulum. Remaja Rosdakarya.
Kemendikbudristek. (2021). Buku Saku Tanya Jawab Kurikulum Merdeka. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.
Khoirurrijal, Fadriati, Sofia, Makrufi, A. D., Gandi, S., Muin, A., Tajeri, Fakhrudin, A., Hamdani, & Suprapno. (2022). PENGEMBANGANN KURIKULUM MERDEKA (1st ed.). CV. Literasi Nusantara Abadi.
Munir, M. S., Amrullah, A. M. K., Murni, W., Sulaikho, S., & Anwar, M. S. (2023). Evaluasi Kurikulum Pembelajaran Bahasa Arab di STIT Al Muslihuun Tlogo Blitar. Borneo Journal of Language and Education, 3(1), 67–86.
Qomari, R. (2008). Model-model Evaluasi Pendidikan. Jurnal Pemikiran Alternatif Pendidikan, 13(2), 173–188.
Sanjaya, W. (2010). Kurikulum dan Pembelajaran, Teori dan Praktek Pengembangan KTSP. Kencana.
Septa Miftakul. (2022). Analisis Model Evaluasi Pendidikan Kesesuaian (Congruence Model) Perspektif Hadits. Tarbawy: Jurnal Pendidikan Islam, 9(1), 1–7.
Sukardi. (2008). Evaluasi Pendidikan: Prinsip Dan Operasionalnya. Bumi Aksara.
Susanti, H., Fadriati, F., & B.S, I. (2023). Problematika Implementasi Kurikulum Merdeka di SMP Negeri 5 Padang Panjang. ALSYS, 3, 54–65. https://doi.org/10.58578/alsys.v3i1.766
Syahda, A. Z., & Wahyuningsih, D. (2024). Problematika Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Pada Pembelajaran PAI. Al-Muaddib: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan, 4(2), 807–822. https://doi.org/10.46773/muaddib.v6i4.1230
Thu’aimah, R. A., Madkur, A. A., & Hariadi, I. A. (2010). Manâhij Ta’lîm al-Lughah al-’Arabiyyah li an-Nâṭiqîn bi Lughah Uḫrâ. Dar al-Fikr al-Arabi.
Wanojaleni, K., & Majenang, S. T. (2024). Problematika Implementasi Kurikulum Merdeka Mata Pelajaran Pai Kelas X Di Ma Pesantren Pembangunan Majenang Kabupaten Cilacap. Mamba’ul ’Ulum, 20(1), 47–58.
Wiles, J., & Bondi, J. (2011). Curriculum Development: A Guide to Practice (9th ed.). Pearson.
Zaeni, A., Sari, N. H. M., Syukron, A. A., Fahmy, A. F. R., Prabowo, D. S., Ali, F., & Faradhillah, N. (2023). Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran di Madrasah. Penerbit NEM. https://books.google.co.id/books?id=tQbHEAAAQBAJ
DOI: https://doi.org/10.26618/almaraji.v9i1.18892
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Muhamad Rafi, Sahla Adzkia Nisa, Muhammad Rayhan Syafi'i, Maswani Maswani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View My Stats