OPTIMALISASI DESAIN MEDIA DAN TEKNOLOGI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN PESERTA DIDIK
Abstract
Penelitian ini membahas optimalisasi desain media dan teknologi dalam pembelajaran bahasa Arab untuk meningkatkan pemahaman peserta didik. Fokus penelitian meliputi prinsip desain media yang efektif, integrasi teknologi dengan sumber belajar, serta kendala dan solusi dalam penerapannya. Menggunakan metode kajian pustaka dengan analisis deskriptif kualitatif, hasil menunjukkan bahwa prinsip kesesuaian tujuan pembelajaran, aksesibilitas, dan keterlibatan peserta didik mampu meningkatkan pemahaman secara signifikan. Kendala seperti keterbatasan infrastruktur dan minimnya pelatihan teknis dapat diatasi dengan pelatihan berkelanjutan dan pengembangan fasilitas pendidikan. Selain itu, integrasi teknologi juga mempermudah akses peserta didik terhadap berbagai sumber belajar yang relevan dan inovatif. Penelitian ini merekomendasikan penggunaan platform digital interaktif dan pengembangan kurikulum berbasis teknologi sebagai langkah strategis untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Dengan demikian, implementasi media dan teknologi yang dirancang secara optimal dapat menciptakan pengalaman belajar yang lebih efektif, efisien, dan menyenangkan.
Kata Kunci; Desain media; Teknologi pembelajaran; Bahasa Arab; Pemahaman peserta didik.
This study discusses the optimization of media and technology design in Arabic language learning to enhance students' comprehension. The research focuses on effective media design principles, the integration of technology with learning resources, as well as challenges and solutions in its implementation. Using a literature review method with qualitative descriptive analysis, the results show that the principles of learning objectives alignment, accessibility, and student engagement can significantly improve comprehension. Challenges such as limited infrastructure and lack of technical training can be addressed through continuous training and the development of educational facilities. Moreover, technology integration also facilitates students' access to various relevant and innovative learning resources. This study recommends the use of interactive digital platforms and the development of technology-based curricula as strategic steps to improve the quality of learning. Thus, the optimal design and implementation of media and technology can create a more effective, efficient, and enjoyable learning experience.
Keywords; Media design; Learning technology; Arabic language; Student comprehension.
Full Text:
PDFReferences
Bitu, Y. S., Setiawi, A. P., Bili, F. G., Iriyani, S. A., Patty, N. S., Pgpaud, P. S., Loura, K., Sumba, K., Daya, B., & Timur, N. T. (2024). Pembelajaran Interaktif :Meningkatkan Keterlibatan Dan Pemahaman Siswa Pendahuluan. 5(2), 193–198.
Chamalah, E., & Azizah, A. (2021). Fleksibilitas Dan Aksesibilitas Digitalisasipembelajaran. Jurnal Ilmiah Semantika, 03(01), 84–90.
Firdha, N., & Zulyusri, Z. (2022). Penggunaan iSpring Dalam Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif. Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi, 6(1), 101–106. https://doi.org/10.33369/diklabio.6.1.101-106
Kuswanto, J. (2020). Media Pembelajaran Berbasis Android Mata Pelajaran Desain Grafis Kelas X. Edutic - Scientific Journal of Informatics Education, 6(2), 78–84.
Muhammad Yasin, Muhammad Yaumi, & Azhar Arsyad. (2024). Taksonomi Model-Model Desain Teknologi Pembelajaran. Journal of International Multidisciplinary Research, 2(5), 372–379. https://doi.org/10.62504/jimr488
Mulyati, I., Mansyuruddin, M., Adrianus, A., Bahari, Y., & Warneri, W. (2023). Proses Difusi Inovasi dalam Penerapan Metode Pengajaran Baru. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(6), 2425–2433.
Muzakki, A., Zainiyati, H. S., Rahayu, D. C., & Khotimah, H. (2021). Desain Pembelajaran Model ASSURE Berbasis Multimedia pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 10(01), 149.
Nurhayati, I., Hidayat, S., & Asmawati, L. (2019). Pengembangan Media-Media Komik Digital Pada Pembelajaran PPKn di SMA (The Development of Digital Comic Media on Learning of Civic Education in Senior High School). Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran, 6(1), 65–72.
Pratama, F. S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Website. Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 4(2), 182. https://doi.org/10.30998/diskursus.v4i2.9723
Puspitasari, H., & Informasi, P. T. (2024). Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS. 11, 487–497.
Putra, Ilham E. (2013). Teknologi Media Pembelajaran Sejarah Melalui Pemanfaatan Multimedia Animasi Interaktif. Jurnal TEKNOIF, 1(2), 20–25.
Rahman, A. (2018). Desain Model dan Materi Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan Islam, 16(2), 128–143. https://doi.org/10.35905/alishlah.v16i2.743
Sari, M., Elvira, D. N., Aprilia, N., Dwi R, S. F., & Aurelita M, N. (2024). Media Pembelajaran Berbasis Digital Untuk Meningkatkan Minat Belajar Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Warta Dharmawangsa, 18(1), 205–218.
Satria, D., & Fath, M. (2023). Identifikasi Pengetahuan Teknologi Pendidikan Melalui Pelatihan ICT Berbasis Media Pembelajaran. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 3(2), 101–110.
Suyanto. (2020). Desain Pembelajaran Menggunakan Teknologi Informasi Dengan Pendekatan Konstruktivistik (Blended Learning). Geography Science Education Journal (GEOSEE), Volume 1 N, 62–63. http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/geosee
Warsita, B. (2013). Evaluasi Media Pembelajaran Sebagai Pengendalian Kualitas Evaluation of Instructional Media As a Quality Control. Jurnal Teknodik, 17(1), 438–447.
Wulandari, O., & Tohir, A. (2024). Penggunaan Learning Management System (Lms) Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Daring Di Perguruan Tinggi. Review Pendidikan dan Pengajaran, 7(3), 10490–10496.
Yaumi, M. (2020). Model Pengembangan Media Dan Teknologi Pembelajaran: Suatu Pengantar. In Alauddin University Press.
DOI: https://doi.org/10.26618/almaraji.v9i1.17298
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Indriani Indriani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View My Stats