MODEL-MODEL PENGEMBANGAN MEDIA DAN TEKNOLOGI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB
Abstract
Penelitian ini membahas model-model pengembangan media dan teknologi pembelajaran dalam pengajaran Bahasa Arab. Fokus utamanya adalah mengeksplorasi berbagai model, seperti ASSURE, ADDIE, Bergman dan Moore, serta Hannafin dan Peck, untuk memahami keefektifan masing-masing dalam menciptakan media pembelajaran yang relevan, interaktif, dan efisien. Pendekatan ini mencakup analisis kebutuhan siswa, perancangan strategi pembelajaran, implementasi teknologi, hingga evaluasi hasil pembelajaran. Studi ini menunjukkan bahwa penerapan teknologi pembelajaran dapat meningkatkan minat, motivasi, dan kompetensi siswa dalam memahami Bahasa Arab, baik dalam aspek kognitif, afektif, maupun psikomotorik. Penelitian ini juga menyoroti pentingnya kesesuaian model dengan kebutuhan dan karakteristik peserta didik untuk mencapai hasil pembelajaran yang optimal. Metode yang digunakan dalam penulisan artikel ini adalah metode studi pustaka. Artikel ini mengkaji berbagai model pengembangan media dan teknologi pembelajaran Bahasa Arab.
Kata Kunci: Model Pengembangan; Media Pembelajaran; Teknologi Pembelajaran
Abstract
This research discusses models of media and technology development in Arabic language teaching. Its main focus is to explore various models, such as ASSURE, ADDIE, Bergman and Moore, as well as Hannafin and Peck, to understand the effectiveness of each in creating relevant, interactive, and efficient learning media. This approach includes analyzing student needs, designing learning strategies, implementing technology, and evaluating learning outcomes. The study shows that the application of learning technology can enhance students' interest, motivation, and competence in understanding Arabic, both in cognitive, affective, and psychomotor aspects. This research also highlights the importance of aligning the model with the needs and characteristics of learners to achieve optimal learning outcomes. The method used in this article is a literature study. This article examines various models of media and technology development in Arabic language learning.
Keywords: Development Models; Learning Media; Learning Technology.
Full Text:
PDFReferences
Eka Jaya Putra Utama, & Dkk. (2023). PENERAPAN MODEL BERORIENTASI PRODUK DALAM MENGEMBANGKAN PAKET PEMBELAJARAN MANDIRI. Historica Didaktika Jurnal Sejarah,Budaya Dan Sosial, 3(3), 65–115.
Harefa, E. P., Waruwu, D. P., Hulu, A. H., & Bawamenewi, A. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Website dengan Menggunakan Model ADDIE. Journal on Education, 06(01), 4405–4410.
Huda, M. S. (2022). MODEL-MODEL PENGEMBANGAN MEDIA DAN TEKNOLOGI PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS. ADIBA: JOURNAL OF EDUCATION, 2(2), 177–183.
Irawan, R. (2022). KONSEP MEDIA DAN TEKNOLOGI PEMBELAJARAN. In Eureka Media Aksara.
Mardin, H., Yusuf, F. M., & Mamu, H. D. (2023). Penerapan Model Desain Pembelajaran ASSURE dan Media Pembelajaran Inovatif Berbasis Teknologi di SMA Negeri 1 Pulubala. JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT BANGSA, 1(10), 2261–2268.
Mubarokah, Z. Al, Hardiyanti, P., & Enramika, T. (2023). Model Assure Dalam Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Arab Tingkat Sekolah Dasar tujuan mempermudah pemahama peserta didik . Tahap perkembangan peserta didik pustaka ( library research ) yaitu serangkaian kegiatan yang berkenaan dengan metode bahasa A. Tarbiyah Al-Aulad : Jurnal Kependidikan Islam Tingkat Sekolah Dasar, 13(1), 1–8.
Nitami, N., & Sari, R. (2023). Jurusan Pendidikan Agama Islam, Institut Agama Islam Negeri Langsa, Aceh, Indonesia. Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Malikussaleh (JSPM), 4(2), 259–274.
Nugraha, M. S., Awwalina, L. S., & Ujang Dedih. (2024). Dinamika Pembelajaran PAI di Era Digital : Integrasi Teknologi dalam Model Hannafin-Peck untuk Pembelajaran yang Lebih Dinamis. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(1), 836–844.
Purwowidodo, A. (2018). PENGEMBANGAN DISAIN MODEL PEMBELAJARAN MOBILE LEARNING BERBASIS APLIKASI LECTORA INSPIRE SEBAGAI MINDTOOLS PADA PROSES PEMBELAJARAN TEKNOLOGI PEMBELAJARAN. TA’ALLUM: Jurnal Pendidikan Islam, 06, 105–120. https://doi.org/10.21274/taalum.2018.6.1.105-120
Rachma, A. F., Iriani, T., & Handoyo, S. S. (2023). Penerapan Model ADDIE Dalam Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Simulasi Mengajar Keterampilan Memberikan Reinforcement. Jurnal Pendidikan West Science, 01(08), 506–516.
Ramli, M. (2012). MEDIA DAN TEKNOLOGI PEMBELAJARAN. IAIN Antasari Press.
Rosita. (2019). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ADDIE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA PADA SMK PABA BINJAI. Liabilities Jurnal Pendidikan Akuntansi, 2(1).
S, B. M., I, C. R., Annisa, F., Maulida, L., Kholiq, M. S., Miftahul, S., & Nglawak, U. (2008). Desain Teknologi Pembelajaran. 1–12.
Sabrina, N., & Sya, M. F. (2024). Konsep Perencanaan Pembelajaran dan Model Pengembangan Perangkat Desain Pembelajaran. Karimah Tauhid, 3(4), 5203–5211.
Sudianto, D. (2024). MODEL-MODEL PENGEMBANGAN MEDIA DAN TEKNOLOGI. NETIZEN: JOURNAL OF SOCIETY AND BUSSINESS, 1(6), 282–290.
Syamsuddin, N. (2021). Model-Model Pengembangan Media Teknologi Pembelajaran Bahasa Arab. Refleksi, 10(3), 247–254.
Titsa Raky Andjani. (n.d.). Definisi dan Kawasan Teknologi Pembelajaran.
Yaumi, M., Mustami, M. K., & Bulukumba, A. (2024). Taksonomi Model - Model Desain Media Dan Teknologi Pembelajaran. Edusociata Jurnal Pendidikan Sosiologi, 7(1), 464–473.
DOI: https://doi.org/10.26618/almaraji.v9i1.17296
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Sri Nur Fadhilah Syam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View My Stats