EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DENGAN MENGGUNAKAN BUKU AL-ARABIYYAH BAINA YADAIK DI SMA MUHAMMADIYAH MAKASSAR

Husniah Zulfa Satiroh, Fatmawati Fatmawati, Fatmawati Fatmawati, Anshar Anshar, Anshar Anshar

Abstract


The purpose of this study was to determine the effectiveness of Arabic language learning using Al-Arabiyyah Baina Yadaik books at SMA Muhammadiyah Makassar. This type of research uses pre-experimental research consisting of pretest and posttest where each Action includes implementation planning, observation, action and reflection. The results of the test are mostly improved learning outcomes. It can also be seen that the comparison of values between the results of the pretest and post-test cycles has increased where the highest pretest result is 3.3%, increasing in the posttest to 10.0%. So it can be said that the use of the book Al-Arabiyyah Baina Yadaik is effective for class XI students at Muhammadiyah High School Makassar.

Keywords: Learning,  Al-Arabiyyah Baina Yadaik

 

ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui efektivitas pembelajaran bahasa Arab menggunakan buku Al-Arabiyyah Baina Yadaik di SMA Muhammadiyah Makassar. Jenis Penelitian ini menggunakan penelitian pra-eksperimen yang terdiri dari pretest dan posttes Dimana setiap Tindakan meliputi perencanaan pelaksanaan, observasi, Tindakan dan refleksi. Hasil tes tersebut sebagian besar siswa hasil belajarnya meningkat. Dapat dilihat juga perbandingan nilai antara hasil siklus pretest dan post test  mengalami kenaikan dimana hasil tertinggi pretest yaitu 3,3% meningkat pada posttest menjadi 10,0%. Maka dapat dikatakan bahwa penggunaan buku Al-Arabiyyah Baina Yadaik efektif pada siswa kelas XI di sekolah SMA Muhammadiyah Makassar.

Kata Kunci :Pembelajaran, Al-Arabiyyah Baina Yadaik


Full Text:

PDF

References


Departemen Agama Republik Indonesia, Al Qur’an dan Terjemah edisi baru revisi terjemah, (CV. ALWAAH, 1993), 235.

Al-Fauzan Abdurrahman, dkk, darsud-daurat at-tadribah limu’allimi al-lughoh al-arabiyah,(al-mamlakah al-arabiyah : al-muassasat al-waqf alislami :1434 H)

(PT.Remaja Bandung .Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab,Acep Hermawan1 Rosdakarya, 2013).

Amelia, Surabaya, 2002.Kamus Bahasa Indonesia Modern,Desi Anwar (Yogyakarta: Pustaka Bahasa Arab Dan Metode Pembelajarannya,Azhar Arsyad2 Pelajar, 2010).

Amrullah, A. F., & Hum, S. (2021). Manajemen Kurikulum Pembelajaran Bahasa Arab. Prenada Media.

Arabic at Your Hands (All Student’s level & Parts), www.arabicforall.net/id/ diakses pada 26 Desember 2017.

Asbarin, D. A. S. (2018). Kajian Morfologi Dan Pengaruhnya Terhadap Perubahan Makna (Analisa Buku Al ‘Arabiyah Baina Yadaika). In International Conference of Students on Arabic Language (Vol. 2).

Baharuddin, Teori Belajaran dan Pembelajaran, (Jakarta: Ar-Ruzz Media,2007.

Fardani, Metode Penelitian Kuantitatif dan Kuanlitatif, 2020, Yogyakarta, ANAK HEBAT INDONESIA

Hidayanti, Handayani, Ririn. 2020. Metodologi Penelitian Sosial. Yogyakarta: Trussmedia Grafika.

Jos D Parera, Lingustik Edukasional ( Jakarta: Erlangga 1997).

K. P. Syamsu, (2022). Faktor-faktor Efektivitas Pembelajaran Bahasa Arab. EL-IBTIKAR: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 11(2), 187-207.

M Jailani, Wantini, W., Suyadi, S., & Bustam, B. M. R. (2021). Meneguhkan Pendekatan Neurolinguistik dalam Pembelajaran: Studi Kasus pada Pembelajaran Bahasa Arab Madrasah Aliyah. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 6(1), 151-167.

M.Fadillah, Implemantasi Kurikulum Pembelajaran, (Yogyakarta:A-Ruzz,2014).

Others and D Pristiwanti, Pengertian Pendidikan, Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2022, IV.

Others And Desi Pristiwanti, „Jurnal Pendidikan Dan Konseling Pengertian Pendidikan‟, Jurnal Pendidikan Dan Konseling Volume 4 Nomor 6 Tahun 2022, 4.11 (2022).

P. V. A., Prananingrum, & Nurhuda, A. N. (2021, December). Analisis Buku Teks Al-‘Arabiyyatu Baina Yadaik Karya Abdurrahman Ibn Ibrahim Al-Fawzan, DKK. In Proceeding AEC (Arabic Education Conference) (Vol. 1, No. 1, pp. 92-105).

Penulisan Buku Teks Bahasa Indonesia,Syamsudin Asyrofi dan Toni Prasiska4 (Yogyakarta: Penerbit Ombak, 2016).

Putri Dewi Anggraini and Siti Sri Wulandari, „Analisis Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning Dalam Peningkatan Keaktifan Siswa‟, Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9.2 (2020), 292–99 .

Purwatiningtyas Maylina, “STRATEGI PEMBELAJARAN ANAK LAMBAN BELAJAR (SLOW LEARNERS) DI SEKOLAH INKLUSI SD NEGERI GIWANGAN YOGYAKARTA,” n.d., https://eprints.uny.ac.id/14353/1/SKRIPSI.pdf.

R., Ariawan, & Putri, K. J. (2020). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika dengan model pembelajaran problem based learning disertai pendekatan visual thinking pada pokok bahasan kubus dan balok kelas VIII. Juring (Journal for Research in Mathematics Learning), 3(3), 293-302.

R.Pahlevi, (2020). Analisis Buku Al-‘Arabiyyah Baina Yadaik Jilid I: Tinjauan Komponen dan Tahap Penyajian Materi Buku Teks Bahasa Arab. Al-Ittijah: Jurnal Keilmuan dan Kependidikan Bahasa Arab, 12(2), 157-176.

Slameto, Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. (Jakarta: Rineka Cipta, 2000).

Sudjana Nana, Dasar-Dasar Prestasi Belajar Mengajar (Bandung: Sinar Baru Grasindo, 2002), hlm. 10

Sembiring Br Rosali dan Mukhtar, “Strategi Pembelajaran Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika,” Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) 6, no. 2 (2013): 34–44

Sugiyono, Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2021, hl. 74

Thuaimah, Ahmad Rusydi, Manahiju Tadrisi al Lughah al Arabiyah bi al Ta’limi al Asasi, Kairo: Dar al Fikri al Arabi, 1998.

Uno B Hamzah. Dan Nurdin Muhammad, Belajar dan Pendekatan PAIKEM, (Jakarta: PT Bumi Aksara, 2012)

Yasir Abdul Ghofur, 'EFEKTIVITAS DAN EFISIENSI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB (StudiPembelajaran Bahasa Arab Dengan Menggunakan Buku Al-Arabiyah Baina Yadaika Di JURNAL ILMIAH DIDAKTIKA: Media,')

Zainuri Muhammad, „إندونيسيا في العربية اللغة تطور Perkembangan Bahasa Arab Di Indonesia‟, Jurnal Tanling : Perkembangan Bahasa Arab Di Indonesia, II.2 (2019), 231–48.

Zuriatin, Nurhasanah, and Nurlaila, „Pandangan Dan Perjuangan Ki Hadjar Dewantara Dalam Memajukan Pendidikan Nasional‟, Jurnal Pendidikan Ips, 11.1 (2021), 4856.




DOI: https://doi.org/10.26618/almaraji.v8i2.16858

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Husniah Zulfa Satiroh, Fatmawati Fatmawati, Fatmawati Fatmawati, Anshar Anshar, Anshar Anshar



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View My Stats