EFEKTIVITAS MEDIA WALL CHART DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS X
Abstract
Abstract
This research uses qualitative methods, namely: 1. To determine the learning outcomes of students in class X.A in the Arabic language subject at MA Muhammadiyah Limbung before and after using wall chart media. 2. To determine the effectiveness of using wall chart media on student learning outcomes in Arabic language subjects for class X.A MA Muhammadiyah Limbung. This research was carried out at MA Muhammadiyah Limbung and lasted for 2 months starting from 24 October 2023 to 24 December. The focus of the research is the effectiveness of wall chart media in improving Arabic language learning outcomes for Class X.A MA Muhammadiyah Limbung students. The data sources used are primary and secondary data sources. Data collection methods in this research are observation, interviews and documentation. data reduction steps, data presentation and conclusion drawing.
The research results obtained were that Arabic language learning using wall chart media improved Arabic language learning outcomes for class X.A. MA Muhammadiyah Limbung 1. After applying this method, X.A MA Muhammadiyah Limbung students easily understand, recognize, read, memorize vocabulary and play guessing pictures using wall chart media. 2. The effectiveness of wall chart media in improving Arabic language learning outcomes for class.
Keywords: Arabic, Learning Outcomes, Media, Wall Chart
Abstrak
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yaitu : 1. Untuk mengetahui hasil belajar siswa pada kelas X.A mata pelajaran bahasa Arab MA Muhammadiyah Limbung sebelum dan sesudah menggunakan media wall chart. 2. Untuk mengetahui efektivitas penggunaan media wall chart terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Arab kelas X.A MA Muhammadiyah Limbung. Penelitian ini dilaksanakan di MA Muhammadiyah Limbung dan berlangsung selama 2 bulan terhitung tanggal 24 Oktober 2023 sampai dengan tanggal 24 Desember. Fokus penelitiannya adalah efektivitas media wall chart dalam meningkatkan hasil belajar bahasa Arab siswa Kelas X.A MA Muhammadiyah Limbung. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. langkah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian yang diperoleh adalah pembelajaran bahasa arab dengan menggunakan media wall chart dalam meningkatkan hasil belajar bahasa arab kelas X.A. MA.Muhammadiyah Limbung 1.Setelah diterapkan metode ini siswa X.A MA Muhammadiyah Limbung dengan mudah memahami, mengenal, membaca, menghafal kosa kata dan bermain tebak gambar dengan menggunakan media wall chart. 2. Efektivitas media wall chart dalam meningkatkan hasil belajar bahasa arab kelas X.A MA.Muhammadiyah Limbung dianggap efektif karena telah menghasilkan siswa yang memiliki akhlak yang baik serta melahirkan siswa yang mampu berfikir dan bersikap.
Kata Kunci: Bahasa Arab, Hasil Belajar, Media, Wall Chart
Full Text:
PDFReferences
Aan Komariah dan Cepi Triatna, Visionary Leader Ship Menuju Sekolah Efektif (Bandung: Bumi Aksara, 2005)
Acep Hermawan, Metodelogi Pembelajaran Bahasa Arab (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2011)
Ahmad Muhli, Efektivitas Pembelajaran (Jakarta: Wordpress, 2012) Arsyad, Media Pembelajaran (Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2011)
Addin Mahmmud S,Ag siswa kelas X.A MA Muhammadiyah Limbung
wawancara
Pada Tanggal 7 November 2023
A.Gandhi alim siswa kelas X.A MA Muhammadiyah Limbung wawancara Pada Tanggal 7
Novemba 2023
Daryanto, Media Pembelajaran (Bandung: PT. Sarana Tutorial Nurani Sejahtera,
Djaka, Kamus Lengkap Bahasa Indonesia Masa Kini (Surakarta: Pustaka Mandiri, 2011)
E. Mulyasa, Manajemen Berbasis Sekolah (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2004)
Fauzan Dwi Ariyansyah siswa kelas X.A MA Muhammadiyah Limbung
wawancara Pada Tanggal 7 November 2023
Hadi Sutrisno, Metodologi Research, (Yogyakarta: Fak. Psikologi UGM, 2014) Harun Rasyid, Metode Penelitian Kualitatif Bidang Ilmu Sosial Agama,
Humnah Adani Azhari siswa kelas X.A MA Muhammadiyah Limbung
wawancara Pada Tanggal 7 Novemba 2023
Imam Suprayogo dan Tobroni, Metode Penelitian Sosial Agama (Bandung: RemajaRosdakarya, 2001).
Isjon, Pembelajaran Cooperatif; Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi antara peserta didik (Yogyakarta: Pustakan Pelajar, 2009)
Ismawati dan Esti, Perencanaan Pengajaran Bahasa (Yogyakarta: Ombak, 2011)
Jurnal Pelita Pendidikan Sumatera Utara, “ Asosiasi Guru Mata Pelajaran dan Ikatan Persatuan Guru Republik Indonesia Sumatera Utara,” vol.III, no. 6 Desember 2017
Made Wena, Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer (Jakarta: Bumi Aksara, 2009),
Maman Suryaman, Metode Pembelajaran Bahasa (Yogyakarta: UNY Press, 2012)
Purwanto, Evaluasi Hasil Belajar (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2017)
Saadie dan Ma’mur, Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia (Jakarta: : Universitas Terbuka, 2007)
Sadiman et.al, Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya (Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2012)
Sanaky, H. A, Media Pembelajaran (Yogyakarta: Safiria Insania Press, 2009) Sardiman, A. M, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar (Jakarta: Raja GrafindoPersada, 2004)
Shine, ”Konsep Evektifitas,” didapat dari http://Komengpoenya.blogspot.com (homepagem online): Internet (diakses pada 09 april 2012)
Sitti Maryam S., S.Ag., M.Pd kepala MA Muhammadiyah Limbung wawancara Pada Tanggal 7 November 2023
Sumber Data Bagian Tata Usaha MA Muhammadiyah Limbung Pada Tanggal 7 November 2023
Soeparno, Media Pengajaran Bahasa (Yogyakarta: PT. Intan Pariwara tahun 2007),
Sudjana et.al, Media Pengajaran (Bandung: Sinar Baru Algesindo, 2011.) Sugiyono, Metodologi Penelitian Kualitatif (Terbuka, 2007)
Tim penyusun kamus pusat pembinaan dan pengembangan bahasa, Kamus Besar Bahasa Indonesia,cet. 2 (Jakarta: Balai Pustaka, 2009)
W. Winkle, Psikologi Pengajaran ( Jakarta: PT. Grasindo, 2008) Wicaksono, Efektivitas metode pembelajaran (Jakarta: Wordpress, 2011)
Wina Sanjaya, Media Komunikasi Pembelajaran(Jakarta: Prenadamedia Group 201
DOI: https://doi.org/10.26618/almaraji.v8i1.16189
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Muh Ahlus Suffah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View My Stats