KARAKTERISTIK I’RAB DAN SOLUSI PEMBELAJARANNYA
Abstract
Bahasa Arab memiliki karakteristik unik yang tidak dimiliki oleh bahasa lain. Karakteristik unik tersebut adalah sistem i’rab yang yang memiliki tanda-tanda yang berbeda sesuai dengan amil (pengaruh) yang mendahuluinya. Keberadaan sistem i’rab di sini, memberikan tantangan tersendiri bagi pendidik. Dalam pembelajaran i’rab, pendidik diharapkan dapat membantu memberikan pemahaman kepada peserta didik dengan berbagai macam metode dan strategi. Artikel ini membahas tentang karakteristik i’rab dan solusi pembelejaranya dengan menggunakan model cooperative learning. Teori pembelajaran yang menjadi landasan coopretive learning adalah teori pembelajaran konstruktivisme. Cooperative learning sendiri memiliki beberapa strataegi pembeajaran yaitu, STAD (Students Team Achievment Divisions), Jigsaw, Group Investigation, dan struktural.
Kata kunci: Karakteristik, I’rab, Solusi Pembelajaran
Full Text:
PDFReferences
Al Ghalayaini, Musthafa, Jami’ al Durus al ‘Arabiyyah, Beirut: Maktabah al ‘Ashriyyah, 1983
Anwar, Chairul, Buku Terlengkap Teori-Teori Pendidikan Klasik hingga Modern, Yogyakarta: IRCiSoD, 2017
Efendy, Ahmad Fuad, Metodologi Pengajaran Bahasa Arab, Malang: Misykat, 2017
Hermawan, Acep,Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2014
Munip, Abdul, Strategi dan Kiat Menterjemahkan Teks Bahasa Arab ke dalam Bahasa Indonesia, Yogyakarta: Bidang Akademik UIN Sunan Kalijaga, 2008
Ni’mah, Fuad, Mulakhkhas Qawaid al Lughah al ‘ArabiyyahBeirut: Daru al-Tsaqafah al-Islamiyyah, TT
Nuha, Ulin, Ragam Metodologi dan Media Pembelajaran Bahasa Arab, Yogyakart
a: Diva Press, 2016
DOI: https://doi.org/10.26618/almaraji.v6i2.10572
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Al-Maraji' : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View My Stats