Implementasi Euclidean Distance Sebagai Informasi Penyewaan Properti Dibidang Bangunan Berbasis Android

MUHAMMAD HIDAYAT

Abstract


Teknologi informasi dan komunikasi saat ini telah berkembang dengan begitu pesat seiring berkembangnya zaman, khusunya diera industri 4.0. Pemberian informasi penyewaan properti di bidang bangunan sangat penting bagi masyarakat yang sedang mencari bangunan yang ingin disewa. Semakin baik lokasi dan fasilitas yang disediakan maka semakin tinggi pula harga sewa yang ditawarkan. Hal ini terkadang menyulitkan orang-orang yang berada di daerah untuk memperoleh informasi tersebut, orang daerah juga terkadang tidak mengetahui jarak atau rute pada lokasi bangunan yang diinginkannya sehingga terkadang bingung untuk memilih jalan mana yang strategis untuk sampai ke gedung tersebut.

Berdasarkan permasalahan yang diuraikan diatas maka solusi yang diberikan ialah membangun aplikasi penyewaan property dibidang bangunan dengan menerapkan metode Euclidean Distance yang digunakan untuk membantu pengguna dalam memperoleh informasi jarak dan rute gedung yang ingin dikunjungi sehingga mampu meminimalisir waktu dan juga tenaga saat melakukan pencarian lokasi gedung. Berdasarkan hasil pengujian yang telah diperoleh menggunakan teknik blackbox testing menghasilkan persentase sebesar 81% menyatakan setuju. Oleh karena itu diperoleh kesimpulan bahwa sistem ini sangat membantu para pengguna dalam memperoleh informasi jarak antar Gedung properti yang disewakan.

Keywords


Penyewaan; Properti; Jarak; Euclidean Distance.

References


E. D. Ananda, “PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI ( Studi Deskriptif Mengenai Pemanfaatan Teknologi Informasi Pada SMK Negeri 1 dan SMK Negeri 4 Surabaya ),” Unair J., vol. 5, no. 20, 2018.

B. P. Statistika, Statistik Telekomunikasi Indonesia 2020. 06300.2113, 2020.

A. Sulthoni, “Sistem Informasi E-Commerce Pemasaran Hasil Pertanian Desa Kluwan Berbasis Web,” J. Sist. Inf., vol. 1, no. 4, 2019.

M. Mulyadi and M. Hum, “Transisi Data dan Informasi dalam Pengembangan Ilmu Pengetahuan,” Pustakaloka, vol. 10, no. 1, p. 67, 2018, doi: 10.21154/pustakaloka.v10i1.1237.

S. Suparmi and S. Soeheri, “Sistem Informasi Geografis Pemetaan Tempat Kost Berbasis Web Menggunakan Metode Euclidean Distance,” Infosys (Information Syst. J., vol. 5, no. 1, p. 105, 2020, doi: 10.22303/infosys.5.1.2020.105-113.




DOI: https://doi.org/10.26618/ainet.v5i1.9983

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

View My Stats
Creative Commons License
Ainet: Jurnal Informatika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.