SMART TRASH BIN KOTA MAKASSAR BERBASIS MIKROKONTROLER

Vera Alviani

Abstract


Smart trash bin merupakan tempat untuk menampung sampah secara sementara, yang biasanya terbuat dari logam atau plastik. Penelitian ini dilakukan di Kota Makassar,guna membangun kesadaran masyarakat kota Makassar agar lebih peduli terhadap lingkungan. Solusi yang diberikan adalah membuat tempat sampah pintar (smart trash bin) berbasis Mikrokontroller. Dalam Smart Trash Bin menggunakan sensor HC-SR04 berbasis Arduino board sebagai pendeteksi jarak, sedangkan LED sebagai notifikasi bahwa sampah sudah penuh. Perancangan sistem penanganan masalah sampah ini terdiri dari 3 tempat sampah yang saling terhubung dan mengirim informasi dalam interval waktu 11 detik. Setiap tempat sampah dilengkapi dengan 2 buah sensor dan komponen-komponen tambahan lainnya. Sensor yang digunakan untuk mengetahui volume sebuah tempat sampah adalah sensor jarak. Keluaran berupa informasi dari sensor inilah yang selanjutnya diolah menggunakan Wemos untuk selanjutnya dikirim ke web server. Sumber daya yang digunakan pada mikrokontroler adalah power supply dengan tegangan 5 volt.


References


R. Hidayat, Dwi Faizal, "Perancangan Sistem Kontrol Arduino Pada Tempat Sampah Menggunakan Sensor PIR dan Sensor Ultasonik," 2014. PERANCANGAN SISTEM KONTROL ARDUINO PADA TEMPAT SAMPAH MENGGUNAKAN SENSOR PIR DAN SENSOR ULTRASONIK | Hidayat | Jurnal VOI (Voice Of Informatics) (stmiktasikmalaya.ac.id)

Mukrim.Muhammad, " Rancang Bangun Smart Trash Can Berbasis Android," 2016. Rancang Bangun Smart Trash Can Berbasis Android - Google Search

Sukarjadi. Tobagus.Deby, Arifiyanto, Moch. Hatta, " Perancangan dan Pembuatan Smart Trash Bin di Universitas Maarif Hasyim Latif," 2015. PERANCANGAN DAN PEMBUATAN SMART TRASH BIN DI UNIVERSITAS MAARIF HASYIM LATIF | Sukarjadi | Teknika: Engineering and Sains Journal (umaha.ac.id)

Elasyha.Yudha,Notosudjono.Didik, Wismiana.Evyta, "Aplikasi Sensor Ultrasonik Berbasis Mikrokontroler

ATMEGA328 Untuk Merancang Tempat Sampah Pintar," 2015. APLIKASI SENSOR ULTRASONIK BERBASIS MIKROKONTROLER ATMEGA328 UNTUK MERANCANG TEMPAT SAMPAH PINTA | ELASYA | Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Teknik Elektro (unpak.ac.id)

Setiawan.Dedi, Syahputra.Trinanda, Iqbal Muhammad, " Rancang Bangun Alat Pembuka dan Penutup Tong Sampah Otomatis Berbasis Mikrokontroller," 2012. Open Access Journal of Information Systems (its.ac.id)

Wijayanti Hili, Nurjannah Lailatul, " Rancang Bangun “Smart Dustbin” Berbasis Arduino Sebagai Alat Pembelajaran Anak Usia Dini," 2017. RANCANG-BANGUN-SISTEMMONITORING-TEMPAT-SAMPAH-RUMAH-TANGGA-DAN-PENERANGAN-JALANBERBASIS-WIRELES-SENSOR-NETWORK-WSN.pdf (researchgate.net)




DOI: https://doi.org/10.26618/ainet.v4i1.8753

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

View My Stats
Creative Commons License
Ainet: Jurnal Informatika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.