Analisa Quality Drive Test Benchmarking menggunakan Software Nemo Analyze

Firman Firman, Adi Malik Muhammad Mutsuhito, Rahmania Rahmania, Titin Wahyuni, Lukman Anas

Abstract


Penelitian ini dilakukan karena pesatnya perkembangan teknologi 4G di wilayah kota Gowa tetapi belum diketahui apakah wilayah kota Gowa sendiri memiliki kualitas jaringan yang baik karena masyarakat mengakses jaringan 4G bukan hanya operator Telkomsel saja tetapi juga ada operator lain yaitu operator Tri, Xl dan lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas jaringan operator Telkomsel dan Operator Tri diwilayah kota Gowa. Metode pengambilan data dilakukan secara langsung di lapangan menggunakan Software Nemo Hendy dan Nemo Analyze. Dalam penelitian ini terdapat parameter, yang fokus pengambilan datanya yaitu: Serving Sytem, RSRP, SINR dan Throughput. Pada serving system operator Tri lebih kuat saat pengambilan data di beberapa titik wilayah karena saat pengambilan data operator tri menetap pada jaringan LTE tidak berpindah ke UMTS maupun GSM  Sedangkan operator Telkomsel pada saat pengambilan data di beberapa titik wilayah terdapat perpindahan serving system dari LTE  dan UMTSi.

Kata kunci: Serving System; RSRP; SINR dan Throughput



Full Text:

PDF

References


K. A. T. Indah and I. B. P. Manuaba, “Arsitektur Jaringan LTE (Long Term Evolution) Untuk Mengatasi Backhaul Connection Wifi Pada Rural Area Dengan Teknologi Fourth Generation (4G),” Just TI (Jurnal Sains Terap. Teknol. Informasi), vol. 10, no. 2, pp. 24–29, 2019.

F. K. Karo, E. S. Nugraha, and F. N. Gustiyana, “Analisis hasil pengukuran performansi jaringan 4g lte 1800 mhz di area sokaraja tengah kota purwokerto menggunakan genex asistant versi 3.18,” AITI, vol. 16, no. 2, pp. 115–124, 2019.

S. Pramono, L. Alvionita, M. D. Ariyanto, and M. E. Sulistyo, “Optimization of 4G LTE (Long Term Evolution) network coverage area in sub urban,” in AIP Conference Proceedings, 2020, vol. 2217, no. 1, p. 30193.

F. G. S. H. H. Hs, “Analisis penerapan teknologi jaringan LTE 4G di Indonesia,” Maj. Ilm. UNIKOM, 2012.

A. Sayuti, “Analisis Kinerja Jaringan 4G Pada Cluster Palembang Inner Menggunakan Metode Drive test Nemo Handy dan Nemo Analyze,” JUSIFO (Jurnal Sist. Informasi), vol. 4, no. 1, pp. 1–10, 2018.

T. Leonardo Wibawa, N. Sapta, and F. Fitri, “Analisis Perbandingan Kualitas Jaringan 3G dan 4G Operator Telkomsel, Axis dan Indosat Menggunakan Metode Drive test dan Software G-Nettrack Pro di Wilayah Pesisir Kabupaten Bintan.” Universitas Maritim Raja Ali Haji, 2019.




DOI: https://doi.org/10.26618/ainet.v3i2.7572

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

View My Stats
Creative Commons License
Ainet: Jurnal Informatika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.