RANCANG BANGUN SISTEM MONITORING ABSENSI DAN ACTIVITY CONTROL BERBASIS WEB PADA PROGRAM STUDI TEKNIK ELEKTRO UNISMUH MAKASSAR

Yusuf Ramadhan Faisal

Abstract


Universitas Muhammadiyah Makassar (UNISMUH Makassar) adalah salah satu perguruan tinggi Muhammadiyah swasta terletak di Makassar, Sulawesi Selatan. UNISMUH Makassar dalam kegiatan akademik nya memiliki banyak jurusan dan program studi, salah satunya yaitu jurusan Teknik Elektro. Jurusan Teknik Elektro sendiri memiliki empat program studi, yang salah satunya program studi telekomunikasi. Kehadiran setiap komponen akademik seperti dosen dan mahasiswa harus dipantau dan dikontrol oleh program studi. Dalam hal ini, program studi menggunakan Absensi untuk memantau kehadiran mahasiswa sedangkan Activity control digunakan untuk memantau kegiatan yang dilakukan ketika mata kuliah tersebut berlangsung. Mengingat pada prodi teknik elektro UNISMUH Makassar, kehadiran mahasiswa menjadi salah satu parameter dalam aspek penilaian maka diperlukan sebuah sistem yang dapat meminimalisir masalah tersebut. Hal inilah yang mendasari untuk dibuatkan sebuah sistem yang dapat menangani masalah tersebut yaitu dengan membuat sistem monitoring absensi dan activity control program studi teknik elektro, yang terintegrasi langsung dengan admin sehingga dapat meminimalisir masalah ketidakcocokan data. Meskipun sebenarnya telah ada absensi berbasis web yang ditangani langsung oleh SIMAK akademi, akan tetapi hal tersebut belum maksimal dikarenakan hanya bisa di akses oleh dosen saja, mahasiswa tidak dapat mengakses dan memantau kehadirannya pada absensi tersebut.




DOI: https://doi.org/10.26618/ainet.v3i2.11141

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

View My Stats
Creative Commons License
Ainet: Jurnal Informatika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.