HUBUNGAN DAERAH TEMPAT TINGGAL DENGAN STATUS GIZI ANAK DI KABUPATEN BANTAENG PERIODE JANUARI-DESEMBER 2019

st hadijah

Abstract


Status gizi ialah suatu keadaan yang sangat erat kaitannya dengan keseimbangan antara asupan zat gizi dari makanan yang sangat diperlukan dalam proses  metabolisme tubuh .Tujuan penelitian ini ialah untuk Mengetahui Hubungan Daerah Tempal Tinggal Dengan Status Gizi Anak Di Kabupaten Bantaeng Periode Januari-Desember 2019. Penelitian ini merupakan penelitian yang dilakukan secara kuantitatif dengan desain penelitian  adalah survei analitik dengan pendekatan cross sectional.Instrumen penelitian yang digunakan adalah data sekunder pengukuran BB/U dan kuisioner.  Jumlah sampel penelitian ini terdiri dari 160 anak  usia 1-3  tahun di Puskesmas Loka dan Puskesmas Lasepang Kabupaten Bantaeng. Data diolah dan dianalisa sesuai yang diperlukan dan analisis data menggunakan uji Chi Square p<0,05. Hasil  yang didapatkan dalam penelitian ditemukannya   hubungan yang signifikan Antara Daerah Tempat Tinggal Dengan Status Gizi Anak 0.012. Berdasarkam hasil penelitian yang dilakukan  tentang hubungan tempat tinggal dengan status gizi anak terdapat perbedaan karakteristik BB anak yang tinggal didaerah pesisir dan pegunungan.


Keywords


Tempat Tinggal, Status Gizi, Pesisir Dan Pegunungan

Full Text:

PDF

References


Al-Qur’anul Karim

Al-Imam Abul Fida Isma’il Ibnu Katsir ad-Dimasyqi. Terjemah Tafsir Ibnu Katsir

Juz 1. Bandung: Sinar Baru al-Gensindo, 2002.

Kementrian Kesehatan RI. 2013. Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas), Badan Penelitian Dan Pengembangan Kesehatan, Kementrian Kesehatan Ri, Jakarta.

-------. 2019. Gizi Seimbang, Prestasi Gemilang. War Kemas Kementeri Kesehat Republik Indonesia.21.

Kementrian Agama RI. Al Qur'an Kemenag. https://quran.kemenag.go.id/sura/2 . diakses 6 oktober 2020.

Sasmiyanto, Handayani LT. 2016. Studi Komparasi Indikator Sehat Bayi, Balita Dan Ibu Hamil Di Wilayah Pesisir Pantai Dan Pegunungan Di Kabupaten Jember Tahun 2015. NurseLine J [Internet].1(2):217. Availablefrom: Sasmiyanto1@gmail.com%0Aluhtiti@unmuhjember.ac.id%0A

Nursalam. 2003. Konsep Dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan. Jakarta: Salemba Medikaa.

Shihab Q. 2004.Pendidikan TA. Tafsir Ayat-Ayat Pendidikan. :1–128.

UNICEF. Gender influences on child survival, health and nutrition:anarative review. New York..

Windiarto, Yanto. 2018.Buku-Pai-2018. Ilmu Pendidik.5(1):12–21




DOI: https://doi.org/10.26618/aimj.v5i1.7027

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 st hadijah

Creative Commons License
Al-Iqra Medical Journal: Jurnal Ilmiah Kedokteran under by Creative Commons Attribution-NoDerivatives 4.0 International License.