Pengaruh Penggunaan Media Wall Chart dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Argumentasi Siswa Kelas X.1 SMA Negeri 1 Sesean

Anastasia Baan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media wall chart dalam meningkatkan kemampuan menulis karangan argumentasi siswa kelas X.1 SMA Negeri 1 Sesean. Manfaat dari penelitian ini (1) Sebagai acuan bagi guru bahasa Indonesia  untuk memperbaiki dan menentukan media yang akan digunakan dalam pembelajaran, (2) Sebagai bahan referensi bagi peneliti selanjutnya terutama yang menyangkut pengajaran bahasa Indonesia di SMA yang mempergunakan alat praga sebagai media pembelajaran. Populasi dalam penelitian ini ada semua siswa kelas X SMA Negeri 1 Sesean sebanyak 285 siswa, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X.1 SMA Negeri 1 Sesean yang yang berjumlah 26 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik tes. Sedangkan data dianalisis dengan teknik komperatif yaitu membandingkan variabel nilai yang diperoleh antara kedua kelompok, baik kelompok kontrol maupun kelas eksperimen. Selain itu data dianalisis dengan teknik statistik untuk menguji hipotesis penelitian. Adapun hasil penelitian ini adalah bahwa penggunaan media wall chart berpengaruh terhadap hasil belajar menulis siswa kelas X.1 SMA Negeri 1 Sesean. Hal tersebut terlihat pada nilai t hitung yang diperoleh lebih besar di banding nilai t tabel (2,10 ≥ 1,711).

 

Kata Kunci: Pengaruh, Media, Menulis, Karangan Argumentasi


This study aims to determine the effect of the media wall chart to improve essay writing argumentation X.1 grade students of SMA Negeri 1 Sesean. The benefits of this research (1) As a reference for Indonesian teachers to fix and determine the media that will be used in teaching, (2) as a reference material for further research especially concerning the teaching of Indonesian in high school who use the tool praga as a learning medium. The population in this study there was all class X SMA Negeri 1 Sesean as many as 285 students, while the sample in this study were all students of class X.1 SMA Negeri 1 Sesean totaling 26 students. Collecting data in this study conducted by the testing techniques. While the data were analyzed by using comparative comparing variable values obtained between the two groups, both the control group and the experimental class. In addition, data were analyzed using statistical techniques to test the research hypothesis. The results of this study is that the use of the media wall chart effect on learning outcomes of students' writing class X.1 SMA Negeri 1 Sesean. It is seen on the t value obtained is greater in the appeal t table (2,10 ≥ 1.711).

Keywords: Effects, Media, Writing, Writing Arguments


Full Text:

PDF

References


Arikuanto. 2002.Prosedur Penelitian.Jakarta :Rineka Cipta

Artati, Budi, Y. 2008.Kreatif Menulis.Jakarta : Rineka cipta

Sadiman, S, Arif, dkk. 1984. Media Pendidikan. Jakarta. PT.Raja Grafindo Persada.

Nurgiyantoro, Burhan. 2004. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra.

Yogyakarta: BPFE.

Saadie, Ma’mur. 2007. Strategi Pambelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta : Unversitas terbuka

Nursisto. 1988. Penuntun Mengarang. Yogyakarta: Adicita Karya Nusa.

Liespati, Gina. 2010. Keefektifan Random Writing pada Pembelajaran Menulis

Karangan Argumentasi Siswa Kelas X SMK Pasundan Cimahi.

http://repository.upi.edu. Diakses tanggal 28 Mei 2011.

Muhammad.2008.Metodologi Penelitian.jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Sukidin dan Munder. 2005. Metode Penelitian. Surabaya : Insan Cendekia.

Ruslan, Rosady. 2003.Metode penelitian.Jakarta:PT Raja Grafindo Persada.




DOI: https://doi.org/10.26618/perspektif.v1i1.5

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 JURNAL PERSPEKTIF