TRANSPARANSI PELAYANAN PAJAK KENDARAAN BERMOTOR DI KABUPATEN GOWA

Rusmiati Rusmiati, Sitti Nurmaeta, Muchlas M Tahir

Abstract


This study aimed to describe the process of the motor vehicle tax services in Gowa. This research uses quantitative and qualitative descriptive approach and collection techniques by observation, interviews and questionnaires. The results showed indicators of motor vehicle tax transparency of services such as: Disclosure of the service process is not done transparently; information service procedures have not done well; Ease of obtaining information through cooperation with mass media have not done well. As a result the quality of service of the Motor Vehicle Tax (PKB) is evidenced by: reliability SAMSAT employees in serving the community is enough to satisfy the public; SAMSAT employee responsiveness in serving the public still lacks respond; Warranty SAMSAT employees in serving the community is pretty good; and Empathy SAMSAT employees to serve the public good enough

 

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pelayanan pajak kendaraan bermotor di Kabupaten Gowa. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dan kualitatif dan teknik pengumpulan dengan cara observasi, wawancara dan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan indikator transparansi pelayanan pajak kendaraaan bermotor antara lain: keterbukaan proses pelayanan yaitu belum dilakukan dengan transparan; prosedur pelayanan informasi belum dilakukan dengan baik; kemudahan memperoleh informasi melalui kerjasama dengan media massa belum dilakukan dengan baik. Alhasil kualitas pelayanan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) yaitu tercermin dari: kehandalan pegawai Samsat dalam melayani masyarakat sudah cukup memuaskan masyarakat; daya tanggap pegawai Samsat dalam melayani masyarakat masih kurang merespon; Jaminan pegawai Samsat dalam melayani masyarakat sudah cukup bagus; dan empati pegawai Samsat dalam melayani masyarakat sudah cukup baik.


Keywords


transparency; motor vehicle tax; transparansi; pajak kendaraan bermotor

Full Text:

PDF

References


Andrianto, N., 2007. Good e-Governance : Transparansi dan Akuntabilitas Publik melalui e-Government. Malang: Bayumedia Publishing.

Budi Supriyanto, 2009. Manajemen Pemerintahan. Tangerang: Media Brilian.

Dwiyanto Agus, 2008. Mewujudkan Good Governance Melalui Pelayanan Publik. Jakarta. Gadjah Mada University Press.

Hidayat, 2007, Kajian Komparatif Pemerintahan Tiga Presiden. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Hasan Iqbal, 2002, Pokok-pokok Materi Metodologi Penelitian dan Aplikasinya. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Hendarso, Emy Susanti dalam Bagong Suyanto dan Sutinah (ed), 2005, Metode Penelitian Sosial : Berbagai Alternatif Pendekatan. Jakarta. Kencana.

Mardiasmo, 2003, Otonomi dan Manajemen Keuangan Daerah. Yogyakarta: Andi.

Moenir, H.A.S, 1998. Pendekatan Manusiawi dan Organisasi Terhadap Pembinaan Kepegawaian. Jakarta: Gunung Agung.

Nugroho, Randi, 2004. Kebijakan Publik: Formulasi dan Praktek Pemerintahan dan Otonomi Daerah. Jakarta: PT Alex Media Komputindo.

Sarwono, Jonathan, 2006. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Dokumen

Undang-undang No. 17 Tahun 2000 tentang Perubahan Ketiga atas Undang-undang No. 7 Tahun1983 tentang Pajak Penghasilan.




DOI: https://doi.org/10.26618/ojip.v4i2.94

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Otoritas : Jurnal Ilmu Pemerintahan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Creative Commons License

Otoritas : Jurnal Ilmu Pemerintahan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
View My Stats