TRANSPARANSI PELAYANAN JAMINAN SOSIAL NASIONAL (JSN) KETENEGAKERJAAN DI KABUPATEN GOWA

Hidayatullah Hidayatullah, Andi Nuraeni Aksa, Ihyani Malik

Abstract


This study aims to determine the transparency of the Social Security services Employment in Gowa. Penelitiian type used in this approach with a qualitative description by conducting interviews. Data collection techniques in this research is observation, interview, and documentation. The results showed that: the provision of information with clarity indicator procedures, clarity of costs already quite transparent; easy access to information with indicators of the ease of getting information directly or indirectly, is also quite easy to obtain; Develop a complaints mechanism if there are rules that have been violated or request to pay a bribe to the service indicator complaints have been made; Improving the flow of information through cooperation with mass media and non-governmental institutions have been established. Efforts are being made to bring transparency BPJS Employment services Employment WSN WSN is to provide information regarding employment through labor website, then one-stop services, namely services performed in one room and provide one-day service care provision.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui transparansi pelayanan JSN Ketenagakerjaan di Kabupaten Gowa. Jenis yang digunakan dalam penelitiian ini adalah pendekatan deskripsi kualitatif dengan dengan melakukan wawancara. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: penyediaan informasi dengan indikator kejelasan prosedur-prosedur, kejelasan biaya-biaya sudah cukup transparan; kemudahan akses informasi dengan indikator kemudahan mendapatkan informasi langsung maupun tidak langsung juga cukup mudah didapatkan; Menyusun suatu mekanisme pengaduan jika ada peraturan yang dilanggar atau permintaan untuk membayar uang suap dengan indikator layanan pengaduan telah dilakukan; Meningkatkan arus informasi melalui kerjasama dengan media massa dan lembaga non pemerintah telah terjalin. Upaya yang dilakukan BPJS Ketenagakerjaan dalam mewujudkan transparansi pelayanan JSN Ketenagakerjaan adalah memberikan informasi terkait JSN Ketenagakerjaan melalui website tenagakerja, kemudian pelayanan satu atap yaitu pelayanan yang dilakukan dalam satu ruangan dan menyediakan penyediaan pelayanan one day service.


Keywords


JSN employment; service; JSN ketenagakerjaan; pelayanan

Full Text:

PDF

References


Ali, Faried. 2011. Teori dan Konsep Administrasi (Dari Pemikiran Pardigmatik Menuju Redefenisi). Jakarta : Rajawali Pers.

Andrianto, N. 2007. Good e-Governance : Transparansi dan Akuntabilitas Publik melalui e-Government. Malang: Bayumedia Publishing.

Anonim. 2013. Pedoman Penulisan Proposal Penelitian dan Skripsi, Makassar : Fisipol unismuh Makassar.

Hardjasoemantri, Koesnadi. 2003. Good Governance Dalam Pembangunan Berkelanjutan Di Indonesia, Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Logos, 2003. Transparansi, Akuntabilitas, dan Kontrol Dalam Pembiayaan Pertahanan (Problem dan Rekomendasi). Yogyakarta : PT Gramedia.

Mardiasmo. 2009. Otonomi dan Manajemen Keuangan Daerah, Yogyakarta: Penerbit Andi.

Moenir, H.A.S. 2008. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia, Jakarta : Bumi Aksara.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D, Bandung : Alfabeta.

Dokumen

Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2004 tentang jaminan sosial nasional

Peraturan perundang-undangan Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2013 Tentang Jaminan Kesehatan.




DOI: https://doi.org/10.26618/ojip.v4i2.90

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Otoritas : Jurnal Ilmu Pemerintahan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Creative Commons License

Otoritas : Jurnal Ilmu Pemerintahan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
View My Stats