POLA REKRUTMEN CALON ANGGOTA LEGISLATIF OLEH DPC PARTAI DEMOKRAT KABUPATEN POLMAN PROVINSI SULAWESI BARAT PADA PEMILU 2014

Ishaq Ishaq, Jaelan Usman, Andi Luhur Prianto

Abstract


This study aimed to describe the recruitment pattern of candidates for the legislative Democrats DPC Polman, West Sulawesi province, as well as describe the steps taken by the DPC in the deter- mination of the Democratic Party legislative candidates in Polman, West Sulawesi province. The research methods used by the author in this study is descriptive qualitative using two kinds of data, namely, primary and secondary data. The data were analyzed descriptive qualitatively in which analyzing all the data collected subsequent authors and presented in the form of fre- quency tabulation equipped with informants responses obtained from interviews and question- naire results obtained from 30 respondents. The results showed that the recruitment of candi- dates for the legislative pattern used by Democrats DPC is an open recruitment. The steps taken by the DPC Democrats are: Preparation, at this stage, the Democratic Party to set up some things for recruitment legislative candidates, such as team building and tasks of the team themselves. Announcement, the Democratic Party announced the registration of legislative candidates. Reg- istration, registrants at this stage were distributed forms to be filled out and returned with all the files required. Verification, at this stage all applicants files were selected as required by the Democrats party. Special selection, at this stage, the party gave fit and proper test. Tasking, at this stage all candidates are given the task on the field to socialize directly to the public. Evalu- ation and final assessment, at this stage, the candidates were given the final assessment to de- termine the legislative candidates. Determining legislative candidates, at this stage, to establish a working meeting party legislative candidates to be submitted to the Commission.

 

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan pola rekrutmen calon anggota legislatif DPC Partai Demokrat Kabupaten Polman Provinsi Sulawesi Barat, serta menggambarkan langkah-langkah yang ditempuh oleh DPC Partai Demokrat dalam penetapan calon anggota legislatif di Kabupaten Polman Provinsi Sulawesi Barat. Metode penelitian yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah deskriptif-kualitatif dengan menggunakan dua macam data yaitu, data primer dan data skunder. Data tersebut dianalisis secara deskripti kualitatif yaitu menganalisis semua data yang berhasil dikumpulkan penulis dan selanjutnya disajikan dalam bentuk tabulasi frekuensi dilengkapi dengan tanggapan informan yang diperoleh dari hasil wawancara dan hasil kuesioner yang diperoleh dari 30 responden. Hasil penelitian menujukkan bahwa pola rekrutmen calon anggota legisltif yang digunakan oleh DPC Partai Demokrat adalah rekrutmen terbuka. Adapun langkah-langkah yang ditempuh oleh DPC Partai Demokrat yaitu: Persiapan, pada tahap ini Partai Demokrat menyiapkan beberapa hal untuk melakukan rekrutmen calon anggota legislatif, seperti pembentukan tim dan tugas-tugas tim itu sendiri. Pengumuman, dalam Partai Demokrat mengeluarkan Pengumuman mengenai pendaftaran calon anggota legislatif. Pendaftaran, pada tahap ini pendaftar dibagikan formulir untuk diisi dan diserahkan kembali beserta berkas-berkas yang harus dilengkapi. Verifikasi, pada tahap ini semua berkas pendaftar diseleksi kembali sesuai dengan yang dipersyaratkan oleh Partai Demokrat. Seleksi khusus, pada tahap ini Partai melakukan penyeleksian melalui uji kepatutan dan kelayakan. Penugasan, pada tahap ini semua bakal calon diberikan tugas dilapangan untuk terjun langsung ke masyarakat. Evaluasi dan penilaian akhir, pada tahap ini diberikan penilain akhir untuk menetapkan calon anggota legislatif. Penetapan calon anggota legislatif, pada tahap ini dilakukan rapat kerja partai untuk menetapkan calon anggota legislatif yang akan diserahkan ke KPU.


Keywords


recruitment patterns; legislative; general elections; pola rekrutmen; anggota legislatif; pemilihan umum

Full Text:

PDF

References


Adham, Noor, S.H., M.H. (2007). Sumbangan Perusahaan Untuk Partai – Perspektif Undang-Undang No. 1 Tahun 1995 tentang Perseroan terbatas. Bandung : Mandar Maju

Budiardjo, Miriam. 2008. Dasar-Dasar Ilmu Politik (Edisi Revisi). Jakarta : Gramedia Pustaka Ilmu,

Firmanzah, Ph.D, 2011. Mengelola Partai Politik – Komunikasi dan Positioning Ideologi Politik di Era Demokrasi, Jakarta

: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Ihsan, A. Bakri. 2012. Politik tak Hanya Kekuasaan – Sisi Lain Kepemimpinan Presiden SBY. Jakarta : Expose

Kumpulan Sejarah. 2012. Sajarah Partai Demokrat. http://pacitan.demokrat.or.id/ sejarah//html. diakses 11okober 2012

Pramono, Agus, 2005. Elit Politik: Yang Loyo dan Harapan Masa Depan, Yogyakata : Pustaka Sinar Harapan

Prudjung, Chang. 2010. Rekrutmen Politik. http://Rekrutmen-Politik.html. diakses 12 November 2012

Putra, Fadillah. 2003. Partai Politik dan Kebijakan Publik, Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Rahman, A. H.I. 2007. Sistem Politik Indonesia,

.Yogyakarta : Graha Ilmu

Rumahpemilu. 2012. Calon Anggota Legislatif. Http://Calonanggotalegislatif//Html. diakses 26 september 2012

Sitepu, P. Antonius. 2012. Studi Ilmu Politik.

Yogyakarta : Graha Ilmu

Syafiie, Kencana, M.Si & Azhari, SSTP. 2010. Sistem Politik di Indonesia Bandung : Refika Aditama

Syafiie, Kencana, M.Si. 2012. Etika Politik.

Bandung : Pustaka Reka Cipta

Syarbaini, Dr. Syahtrial. M.A. dkk. 2011. Pengetahuan Dasar Ilmu Politik, Bogor : Ghalia Indonesia.

Tifiacerdikia. Learning. 2012. Pengertian RekrutmenPolitik. http://pengertian rekrutmenpolitik.html. di akses 12 November 2012.

Tobing, S.G, Andika. 2009. Kaderisasi dan Penetapan Caleg Partai politik . Skripsi. (Tidak Dipublikasikan) FISIP Universitas Sumatra Utara Medan.

Usman, Husain. & Purnomo Setiady Akbar. 2009. Metodologi Penelitian Sosial. Jakarta : Bumi Aksara

DOKUMEN - DOKUMEN:

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2008, tentang Partai Politik.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2011, tentang Partai Politik.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2012, tentang Pemilihan Umum Anggota DPR, DPD, dan DPRD

Arsip DPC Partai Demokrat

Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrat. Program Umum Partai Demokrat 2010

– 2015

Petunjuk Pelaksanaan dan Petunjuk Teknis (Juklak-Jukis) Mekanisme Penjaringan Bakal Calon Anggota Legislatif (DPR-RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/ Kota) Partai Demokrat Periode 2014- 2019




DOI: https://doi.org/10.26618/ojip.v3i2.67

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Otoritas : Jurnal Ilmu Pemerintahan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Creative Commons License

Otoritas : Jurnal Ilmu Pemerintahan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
View My Stats