PERAN DINAS KEBUDAYAAN DAN PARIWISATA DALAM MENGELOLA CAGAR BUDAYA SITUS WADU PA’A DI KECAMATAN SOROMANDI KABUPATEN BIMA

Jihatul Akbar, Handam Handam, Ahmad Harakan

Abstract


This study aims to determine the role of culture and tourism agency in managing cultural heritage Wadu pa'a sites in Soromandi District, Bima Regency. The method used in this research is qualitative descriptive approach. Techniques using qualitative data that all materials, information, and facts that can not be measured and calculated systematically because his form is a description of verbal with this technique the researchers only collected data, information, facts. The data collected from agency of Culture and Tourism Bima. Qualitative research is descriptive research and tend to use analisys with inductive approach. Data collection techniques in this research is observation, interview, and documentation. These results indicate that the role of culture and tourism agency in managing the way Wadu Pa'a cultural sites on the protection form of making drainage b. Namely to increase the development of infrastructure facilities, the utilization of the opportunities open to give life to the community, still less than the maximum it can be seen from the inhibiting factors so that the management of cultural heritage sites Wadu Pa'a still not good.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran dinas kebudayaandan pariwisata dalam mengelola cagar budaya situs wadu pa’a di Kecamatan Soromandi Kabupaten Bima. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik penelitian ini menggunakan data kualitatif yakni semua bahan, keterangan, dan fakta-fakta yang tidak dapat diukur dan dihitung secara sistematis karena wujudnya adalah keterangan verbal dengan teknik ini peneliti hanya mengumpulkan data-data, informasi-informasi, fakta-fakta dan data dari istansi yang terkait di Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bima. Penelitian kualitatif merupakan riset yang bersifat deskriptif dan cenderung menggunakan anlisis dengan pendekatan induktif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa peran Dinas Kebudayaan dan Pariwisata dalam mengelola cara budaya situs wadu Pa’a terkait perlindungan berupa pembuatan drainase b. Pengembangan yaitu peningkatan fasilitas sarana dan prasarana, pemanfaatan adanya peluang terbuka yang di berikan ke masyarakat, masih kurang maksimal hal ini dapat di lihat dari faktor-faktor penghambat sehingga pengelolaan cagar budaya situs Wadu Pa’a masih kurang baik.

Keywords


tourism; government agency; cultural heritage; pariwisata; dinas pemerintah; cagar budaya

Full Text:

PDF

References


Hamdi, Muchlis. 2002. Bunga Rampai Pemerintahan, Jakarta : Yarsif Watampone.

Syafii, Inu Kencana. 2002. Sistem Pemerintahan Indonesia. Jakarta : Rineka Cipta.

-----------------, 2005. Manajemen Pemerintahan, Bandung: Refika Aditama. Vol. II No. 2 Oktober 2012

Peran Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Dalam Mengelola Cagar Budaya 151 Situs Wadu Pa’a di Kecamatan Soromandi Kabupaten Bima – Jihatul Akbar1, Handam1, Ahmad Harakan1

Koentjaraningrat. 1990. Pengantar Ilmu Antropologi, Jakarta: Rienika Cipta.

Lalobo, Muhadam. 2011. Memahami Ilmu Pemerintahan, Jakarta: Rajawali Pers.

Noor, Juliansyah. 2012. Metodologi Penelitian, Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Meloeng, Lexy. 2012. Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Pendit, Nyoman. 2006. Ilmu Pariwisata, Bandung: PT Pradnya Paramita.

Putra, Ade,dkk. 2014. Korelasi Kebudayaan dan Pendidikan: Membangun Pendidikan Berbasism Budaya Lokal, Jakarta:Yayasan Pustaka Obor Indonesia Anggota IKAPI DKI.

Rahman, 2014.Kemitraan Pemerintah Daerah Dengan Kelompok Masyarakat Dalam Pengawasan Mangrove, Universitas Muhammadiyah Makassar.

Soewarno. 2003. Ekonomi Pariwisata, Sejarah Dan Pengelolaannya. Yogyakarta: Kanisius

Terry. 2000. Manajemen Pembangunan Di Indonesia. Jakarta. GMUP

Yoeti. Oka A. 1995. Tours and travel management. Jakarata PT Prandnya Paramita

Dokumen :

Undang-Undang Dasar. Pasal 32 Tahun 1945 Tentang Pemerintah Memajukan Kebudayaan Nasional.

Undang-Undang Pasal 11 Tahun 2010 Tentang Benda Cagar Budaya




DOI: https://doi.org/10.26618/ojip.v2i2.48

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2012 Otoritas : Jurnal Ilmu Pemerintahan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Creative Commons License

Otoritas : Jurnal Ilmu Pemerintahan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
View My Stats