Pengaruh Komunikasi Horizontal Terhadap Kinerja Pegawai Pada Badan Pemberdayaan Masyarakat Kampung di Kabupaten Jayawijaya

Siti Khikmatul Rizqi, Raodah Raodah

Abstract


This article discusses the effect of Horizontal Communication on Employee Performance at the Office of Community Empowerment Agency (BPMK) Jayawijaya Regency. This study consists of two variables, namely as a horizontal free communication variable with research indicators: coordination, problem solving and information exchange. While the dependent variable of employee performance with research indicator: result, benefit and impact. In the sampling of the authors using saturated samples in which the entire population is used as a sample of 27 employees. And data analysis technique that writer use is statistical data analysis with type of associative research and data processed by using simple regression model. The results showed horizontal communication is very strong and direct 0.795 (significant) with employee performance at 95% confidence level. Horizontal communication contributes to employee performance of 32.0%.

 

Artikel ini membahas tentang pengaruh Komunikasi Horizontal Terhadap Kinerja Pegawai pada Kantor Badan Pemberdayaan Masyarakat Kampung (BPMK) Kabupaten Jayawijaya. Penelitian ini terdiri dari dua variable yaitu sebagai variabel bebas komunikasi horizontal dengan indikator penelitian: koordinasi, pemecahan masalah dan pertukaran informasi. Sementara variabel terikat kinerja  pegawai dengan indikator penelitian : hasil, manfaat dan dampak. Dalam penarikan sampel penulis menggunakan sampel jenuh dimana seluruh populasi dijadikan sampel yaitu berjumlah 27 pegawai. Dan teknik analisa data yang penulis gunakan adalah analisa data statistik dengan jenis penelitian asosiatif dan data diolah menggunakan model regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan komunikasi horizontal  berhubungan sangat kuat dan searah sebesar 0,795 (signifikan) dengan kinerja pegawai pada taraf kepercayaan 95%. Komunikasi horizontal memberikan kontribusi terhadap kinerja pegawai sebesar 32,0%.


Keywords


Civil Servant; Horizontal Communication; Performance; Aparatur Sipil Negara: Komunikasi Horizontal; Kinerja

Full Text:

PDF

References


Hasibuan, M. (2001). Manajemen Sumberdaya Manusia. Jakarta: Penerbit PT. Gunung Agung.

Manullang, M. (2002). Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: BPFE.

Muhammad, A. (2007). Komunikasi Organisasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Sedarmayanti, S. (1995). Sumber Daya Manusia dan Produktifitas Kerja. Bandung: Ilham Jaya.

Sriwidodo, U., & Haryanto, A. B. (2010). Pengaruh Kompetensi, Motivasi, Komunikasi Dan KesejahteraanTerhadap Kinerja Pegawai Dinas Pendidikan. Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, 4(1), 47-57.

Sugiyono, S. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, S. (2011). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan. Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Supardi, S. (2005). Metodologi Penelitian Ekonomi dan Bisnis. Yogyakarta: UII Press.

Usman, H., & Akbar, R. P. S. (2006). Pengantar Statistika. Jakarta: Bumi Aksara.

Wibowo, W. (2007). Manajemen Kinerja. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.




DOI: https://doi.org/10.26618/ojip.v7i1.399

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Otoritas : Jurnal Ilmu Pemerintahan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Creative Commons License

Otoritas : Jurnal Ilmu Pemerintahan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
View My Stats