KEMITRAAN PEMERINTAH DAERAH DENGAN KELOMPOK MASYARAKAT DALAM PENGELOLAAN HUTAN MANGROVE DI DESA TONGKE-TONGKE KABUPATEN SINJAI

Raman Raman, Ihyani Malik, Hamrun Hamrun

Abstract


This study aims to determine the shape of local government partnership with community groups in the management of mangrove forests in the village Tongke - Tongke of Sinjai Regency. The method used in this research is qualitative descriptive approach. The results showed that the form of partnership that exists is a form of pseudo -partnership or quasi partnership which is an alliance between two or more parties , but do not make it an equal partnership. Planting is done by the government and community groups in the mangrove forest management can be quite good and has the potential to achieve sustainable mangrove forest.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk kemitraan pemerintah daerah dengan kelompok masyarakat dalam pengelolaan Hutan Mangrove di Desa Tongke-tongke Kabupaten Sinjai.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk kemitraan yang terjalin yaitu bentuk pseudo-partnership atau kemitraan semu yang merupakan sebuah persekutuan yang terjadi antara dua pihak atau lebih, namun tidak melakukan kerjasama secara sederajat.Penanaman yang dilakukan oleh pihak pemerintah dan kelompok masyarakat dalam pengelolaan hutan mangrove dapat dikatakan cukup baikdan berpotensi untuk mewujudkan hutan mangrove yang berkelanjutan.


Keywords


partnership ; mangrove forests ; Tonke - Tongke Kemitraan; Hutan Mangrove; Tonke-Tongke

Full Text:

PDF

References


Arief, A. 2003.Hutan Mangrove, Fungsi dan Manfaatnya.Yogyakarta: Kanisius.

Kordi. 2012. Ekosistem Mangrove, Potensi, Fungsi, dan Pengelolaan.Jakarta : Rineka Cipta.

Hurairah, Abu. 2008. Pengorganisasian dan Pengembangan Masyarakat. Bandung: Humaniora

Ife, Jim dan Tesoriero, 2008.Community Development: Alternatif Pengembangan Masyrakat di Era Globalisasi. Yogyakarta : Pustaka Pelajar,.

Supriharyono. 2000. Pelestarian dan Pengelolaan Sumber Daya Alam di Wilaya Pesisir Tropis, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Sulistiyani, Teguh Ambar, 2004. Kemitraan dan Model-Model Pemberdayaan, Yogyakarta : Gava Media.

Tarigan, M. S. 2008. Sebaran dan luas hutan mangrove di Wilayah Pesisir Teluk Pising Utara Pulau Kabaena Provinsi Sulawesi Tenggara. LIPI, Jakarta : Makara Sains.

Takbir,Mohammad.2013. Kemitraan Pemerintah Pusat Dan Pemerintah Daerah Dalam Pengelolaan Taman Nasional Komodo Di Kabupaten Manggarai Barat Provinsi Nusa Tenggara Timur. Skripsi, universitas muhammadyiah makassar.




DOI: https://doi.org/10.26618/ojip.v5i2.123

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Otoritas : Jurnal Ilmu Pemerintahan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Creative Commons License

Otoritas : Jurnal Ilmu Pemerintahan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
View My Stats