Pengaruh Dukungan Sosial Terhadap Tingkat Stres Mahasiswa Perantauan Di Jurusan Bimbingan Dan Konseling Islam (BKI) Uin Sultan Maulana Hasanudin Banten

DOI: https://doi.org/10.26618/zrah8e29

Penulis

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh dukungan sosial terhadap tingkat stres yang dialami oleh mahasiswa perantauan di Jurusan Bimbingan dan Konseling Islam (BKI) UIN Sultan Maulana Hasanudin Banten. Memasuki dunia perkuliahan, khususnya sebagai mahasiswa perantauan, merupakan periode transisi yang penuh dengan tantangan unik yang dapat menjadi sumber stres signifikan, mulai dari adaptasi budaya, kemandirian finansial, hingga tekanan akademik. Dukungan sosial secara teoretis dipandang sebagai faktor protektif utama yang dapat memitigasi dampak negatif dari stresor tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain korelasional. Sampel penelitian terdiri dari 27 mahasiswa perantauan Jurusan BKI yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner skala Likert untuk mengukur variabel dukungan sosial (independen) dan tingkat stres (dependen), kemudian dianalisis menggunakan perangkat lunak SPSS. Teknik analisis data mencakup uji asumsi klasik (normalitas, linearitas, dan heteroskedastisitas) dan uji hipotesis menggunakan analisis regresi linear sederhana. Hasil uji asumsi klasik menunjukkan bahwa data berdistribusi normal, memiliki hubungan linear, dan tidak terdapat gejala heteroskedastisitas. Namun, hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa dukungan sosial tidak memiliki pengaruh yang signifikan secara statistik terhadap tingkat stres mahasiswa perantauan, dengan nilai signifikansi p=0.190 (dimana p>0.05). Nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0.068 mengindikasikan bahwa dukungan sosial hanya mampu menjelaskan 6.8% variasi dalam tingkat stres. Berdasarkan temuan ini, hipotesis alternatif (Ha) ditolak. Temuan yang tidak signifikan ini kemungkinan besar disebabkan oleh keterbatasan metodologis, terutama ukuran sampel yang sangat kecil yang mengurangi kekuatan statistik penelitian, serta potensi adanya variabel lain yang lebih dominan seperti resiliensi dan strategi koping individu yang tidak diukur dalam model ini.

Referensi

Agustina, M. W., & Deastuti, P. W. P. (2023). Hardiness dan Stres Akademik pada Mahasiswa Rantau. IDEA: Jurnal Psikologi, 7(1), 34–45. https://doi.org/10.32492/idea.v7i1.7104

Ambarsarie, D. (2019). Strategi Koping Pelampiasan Stres pada Mahasiswa Rantau. Commsphere: Jurnal Ilmu Komunikasi, 2(2), 193-205.

Anggraeni, N. D., & Dunan, A. (2021). Adaptasi Kultural Mahasiswa Perantau Dalam Menghadapi Gegar Budaya Saat Pandemi. Majalah Semi Ilmiah Populer Komunikasi Massa, 1(2), 145–160.

Audina, M. (2023). Hubungan Dukungan Sosial dengan Stres Akademik. Jurnal Penelitian Perawat Profesional, 5(3), 1183-1190. https://doi.org/10.37287/jppp.v5i3.1673

Christanti, M. P. D., & Wati, D. E. (2023). Pengaruh Dukungan Sosial Terhadap Stres Akademik Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Tambusai, 9(1), 604-614.

Datuchtidha, S., & Huwae, A. (2023). Tantangan Menjalani Kehidupan di Perantauan: Studi Hubungan Antara Regulasi Diri dengan Kesejahteraan Psikologis pada Mahasiswa Rantau di Salatiga. Jurnal Psikologi, 21(2), 198–205. https://doi.org/10.24167/psidim.v21i2.4764

Fazila, A. (2021). Hubungan antara Efikasi Diri dengan Stres Akademik pada Mahasiswa UIN Ar-Raniry Banda Aceh di Masa Pandemi Covid-19.. UIN Ar-Raniry Institutional Repository.

Fauziah, F. Y., dkk. (2020). Pengaruh Sertifikasi Halal, Persepsi Harga, dan Citra Merek Terhadap Minat Beli Konsumen. Jurnal Administrasi Bisnis, 79(1).

Handayani, E., & Nirmalasari, N. (2020). Perbedaan Tingkat Stres Mahasiswa Perantauan dan Bukan Perantauan. Jurnal Penelitian Kesehatan Suara Forikes, 11(3), 63–66.

Kudus, A. A., dkk. (2022). Pengaruh Stres Akademik terhadap Kesejahteraan Psikologis Mahasiswa. Jurnal Psikologi Integratif, 10(1), 1-15.

Kurniawan, S. R., & Eva, N. (2020). Hubungan antara dukungan sosial dengan kesejahteraan psikologis pada mahasiswa rantau. Prosiding Seminar Nasional Psikologi dan Ilmu Humaniora (SENAPIH), 1(1), 12-20.

Lestari, S. P., & Ramadhani, M. (2017). Pengaruh Variasi Menu, Kualitas Pelayanan, dan Suasana Restoran Terhadap Kepuasan dan Minat Beli Ulang Konsumen. Jurnal Bisnis dan Manajemen, 4(2), 166-175.

Lestari, Y. I., & Purnamasari, A. (2022). Dukungan Sosial Teman Sebaya dan Stres Akademik pada Mahasiswa. Jurnal Psikologi, 15(1), 1-10.

Maryam, S. (2016). Strategi Coping: Teori dan Sumberdayanya. Jurnal Konseling Andi Matappa, 1(2), 101-107.

Meianisa, K., & Rositawati, S. (2023). Pengaruh Social Support terhadap Loneliness pada Mahasiswa Rantau di Kota Bandung. Bandung Conference Series: Psychology Science, 3(1), 640-646.

Najah, V. F. (2024). Strategi Koping Pelampiasan Stres pada Mahasiswa Rantau. Commsphere: Jurnal Ilmu Komunikasi, 2(2), 193-205.

Putro, A. W., & Simanjuntak, E. (2022). Stres Akademik Dan Dukungan Teman Pada Mahasiswa Tahun Pertama Selama Pembelajaran Daring. Experientia: Jurnal Psikologi Indonesia, 10(1), 81–94.

Rachman, A. (2022). Analisis Dampak Stres Akademik Mahasiswa dalam Penyelesaian Tugas Akhir.. UIN Suska Riau Repository.

Rahmah, A. D., Hidayat, M. F., Zahra, Y. S. A., Pramestiti, Y., & Vardia, M. A. (2025). Hubungan Antara Dukungan Sosial dan Stres Akademik pada Mahasiswa Psikologi Universitas Negeri Malang. Flourishing Journal, 5(2), 103–114. https://doi.org/10.17977/um070v5i22025p103-114

Rumbrar, D. M., & Soetjiningsih, C. H. (2022). Hubungan Antara Dukungan Sosial Dengan Stres Akademik Pada Mahasiswa Papua Program PKP3N Di Universitas Kristen Satya Wacana. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 12(3), 446–451.

Salmon, A. G., & Santi, D. E. (2021). Dukungan Sosial dengan Stres Akademik Mahasiswa Perantau dalam Pembelajaran Daring di Masa Pandemi. Buku Abstrak Seminar Nasional, 1(1), 128–135.

Sampe, P. D., Mahaly, S., & Makulua, I. J. (2023). Pengaruh Dukungan Sosial Terhadap Stres Akademik Mahasiswa. PEDAGOGIKA: Jurnal Pedagogik dan Dinamika Pendidikan, 11(1), 102-110. https://doi.org/10.30598/pedagogikavol11issue1page102-110

Sari, I. W. M. (2024, July 11). Mengatasi Tantangan dan Stres Bagi Mahasiswa Rantau: Dukungan Keluarga dan Lingkungan Sebagai Kunci Sukses. Fakultas Vokasi Universitas Airlangga.

Yulia Angraini, U., & Rahardjo, W. (2021). Psychological Well-Being Mahasiswa Rantau: Peran Resilience dan Optimisme. Psycho Idea, 19(2), 166-179.

Diterbitkan

2025-08-04