Pendidikan Islam dan Pelestarian Budaya Lokal di Era Globalisasi Pada Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Ajangale
DOI: https://doi.org/10.26618/rqhrr180
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menggali peran Pendidikan Agama Islam (IRE) dalam melestarikan budaya lokal di era globalisasi, khususnya di SMP Negeri 1 Ajangale. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif, penelitian ini menemukan bahwa integrasi nilai-nilai budaya Bugis—seperti siri', warani, dan mapaccing—ke dalam pengajaran IRE dapat memperkuat identitas siswa dan menumbuhkan kesalehan kontekstual. Guru bertindak sebagai agen pelestarian budaya melalui pendekatan kontekstual dan kegiatan keagamaan yang berakar pada tradisi lokal. Tantangan utama termasuk pengaruh budaya global dan terbatasnya ruang dalam kurikulum nasional. Studi ini merekomendasikan penguatan kurikulum berbasis sekolah yang berakar pada kearifan lokal dan kolaborasi dengan tokoh masyarakat sebagai upaya strategis untuk melestarikan budaya melalui pendidikan Islam.
Kata kunci: Pendidikan Islam, Budaya Lokal, Globalisasi, SMP.
Referensi
Abdullah, I. (2015). Konstruksi dan reproduksi kebudayaan. Pustaka Pelajar.
Al-Attas, S. M. N. (1993). Islam and secularism. ISTAC.
Baidhawy, Z. (2014). Islamic education and local wisdom in Indonesia. Heritage of Nusantara: International Journal of Religious Literature and Heritage, 3(2), 165–182.
Creswell, J. W. (2014). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches (4th ed.). SAGE Publications.
Firmansyah, A., Hermansyah, R., & Nurdin, M. (2023). Dampak globalisasi terhadap pendidikan Islam. Jurnal Global Edukasi, 6(2), 130–145.
Giddens, A. (2003). Runaway world: How globalization is reshaping our lives. Routledge.
Heryana, D., Syahril, M., & Rahman, A. (2024). Penguatan pendidikan karakter berbasis budaya lokal. Jurnal Tadib, 9(2), 112–122.
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative data analysis: An expanded sourcebook (2nd ed.). SAGE Publications.
Moleong, L. J. (2017). Metodologi penelitian kualitatif (ed. revisi). Remaja Rosdakarya.
Rahim, R. (2023). Pendidikan karakter melalui pendekatan budaya lokal dalam pembelajaran PAI. Jurnal Edukasi Islam, 5(1), 77–90.
Sugiyono. (2019). Metode penelitian kualitatif, kuantitatif, dan R&D. Alfabeta