Peran Guru Bimbingan dan Konseling dalam Meningkatkan Kedisiplinan Peserta Didik di  SMK Muhammadiyah Kartasura

DOI: https://doi.org/10.26618/8f11re41

المؤلفون

  • Muharomatul Khoiriyah UIN Raden Mas Said Surakarta

الملخص

Penilitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran guru bimbingan dan konseling dalam meningkatkan kedisiplinan peserta didik di SMK Muhammadiyah Kartasura. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan menggunakan teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Disiplin meruapakan sikap taat pada aturan yang berlaku baik dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam kegiatan belajar di sekolah. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa guru bimbingan konseling mempunyai peranan yang sangat penting dalam meningkatkan perilaku kedisiplinan peserta didik khususnya dalam masalah keterlambatan siswa saat berangkat sekolah dan siswa yang suka membolos. Dalam pelaksanaannya, guru BK juga menghadapi sejumlah hambatan dari siswanya sendiri dan dari orang tua siswa. Dalam pelaksanaan ini sudah sesuai dengan fungsi bimbingan konseling, yaitu membantu peserta didik untuk berkembang secara optimal sesuai dengan perkembangan dan tuntunan yang terjadi.

المراجع

Affandi, M. A., Mujiburrohman, & Abdullah, M. (2023). Peran guru Bimbingan dan Konseling (BK) dalam meningkatkan karakter disiplin siswa kelas IX G di SMP Al-Islam 1 Surakarta tahun ajaran 2022/2023.

Andriyani, R., Putri, S. D., & Wijaya, R. (2023). Peran Guru BK sebagai Agen Perubahan Karakter di Era Merdeka Belajar. Jurnal Bimbingan dan Konseling Nusantara, 7(2), 133–148.

Andriyani, W. D. (2022). Pendekatan bimbingan konseling. Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(2), 234–241.

Firosad, M. A. (2021). Efektivitas Layanan Konseling Individual dalam Menangani Pelanggaran Disiplin Siswa. Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia, 5(1), 45–56.

Firosad, A. M. (2021). Peran guru Bimbingan dan Konseling mengatasi masalah kedisiplinan siswa. Al-Taujih: Bingkai Bimbingan dan Konseling Islam, 1(2), 87–96.

Mamonto, Samuel, Darno Wahidin, and Ika Agustin Adityawati (2023). Disiplin Dalam Pendidikan. Malang: PT. Literasi Nusantara Abadi Grup.

Nurani, L. M. (2022). Kemitraan Sekolah dan Orang Tua dalam Pembentukan Karakter Disiplin Siswa. Jurnal Pendidikan Karakter, 12(1), 78–89.

Nurani, D. (2023). Kolaborasi guru PAI dan guru BK dalam membentuk disiplin siswa. Jurnal Komprehensif, 4(1), 45–56.

Prabowo, H., & Setiawan, R. (2020). Korelasi Disiplin Siswa SMK dan Kesiapan Kerja. Jurnal Vokasional dan Teknologi, 5(1), 45–52.

Rufaedah, & Maesaroh. (2022). Analisis peran guru Bimbingan dan Konseling terhadap kedisiplinan siswa. Jurnal Quanta, 6(2), 120–130.

Sari, D. R. (2021). Peran Guru BK dalam Penanggulangan Masalah Kedisiplinan Siswa di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 9(2), 123–134.

Suryani, R. (2021). Efektivitas konseling kelompok dalam menangani siswa pembolos. Jurnal Psikologi dan Konseling, 17(1), 12–22.

Sutrisno, A. (2019). Pengaruh Lingkungan Keluarga terhadap Kedisiplinan Siswa di SMK Negeri 1 Sleman. Jurnal Pendidikan Karakter, 8(2), 101–110.

Wardhani, T. S. (2023). Pendekatan Sanksi Edukatif dalam Penanaman Nilai Disiplin Siswa SMK. Jurnal Pendidikan Nilai, 8(3), 211–225.

Wardhani, A. (2023). Pengaruh layanan konseling kelompok berbasis regulasi diri terhadap kedisiplinan belajar siswa. Jurnal Pendidikan Karakter, 13(1), 67–78

التنزيلات

منشور

2025-08-04