Kesulitan Belajar Siswa Selama Pembelajaran Daring Dimasa Pandemi COVID-19
Abstract
Abstrak : Pembelajaran daring menjadi alternatif dalam pembelajaran di tengah pandemi COVID-19. Hal ini menjadi tantangan baru baik bagi pemerintah, guru maupun siswa agar proses belajar mengajar dapat terus berlangsung. Penelitian ini bertujuan mengetahui karakteristik perilaku kesulitan belajar siswa selama pembelajaran daring dimasa pandemi Covid-19. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan deskriptif analitik yang jumlah sampel 150 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesulitan belajar siswa selama pembelajaran daring pada kategori sedang. Adapun karakteristik kesulitan belajar yang dialami oleh siswa diantaranya: 1) Perhatian siswa mudah teralihkan oleh hal disekitar sehingga kurang fokus saat belajar; 2) Materi pelajaran sulit dipahami walau sudah berusaha mempelajarinya; 3) Kurang mampu berkonsentrasi saat belajar; 4) Membutuhkan tambahan waktu untuk menyelesaikan tugas; 5) Mudah mengantuk/bosan saat belajar sendiri.
Kata kunci: kesulitan belajar, pembelajaran daring, Covid-19
Full Text:
PDFReferences
Abdurahman, M. (2012). Anak Berkesulitan Belajar; Teori, Diagnosis dan Remediasinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Ambarjaya, B.S. (2012). Psikologi Pendidikan & Pengajaran. Yogyakarta: CAPS.
Arifin, M.F. (2020). Kesulitan Belajar Siswa dan Penangannya pada Pembelajar Matematika SD/MI. Jurnal Inovasi Penelitian, Vol. 1 (5) Hal. 989-999
Almaghaslah, D., Ghazwani, M., Alsayari, A., & Khaled, A. (2018). Pharmacy Students’ Perceptions Towards Online Learning In A Saudi Arabia Pharmacy School. Saudi Pharmaceutical Journal, 26(5), 617-621. https://doi.org/10.1016/j.jsps.2018.03.001
Bourne, J., et.al. (2021). Advances for future working following an onlinedramatherapy group for adults with intellectual disabilitiesand mental ill health during the COVID‐19 pandemic:A service evaluation for Cumbria, Northumberland Tyne andWear NHS Foundation Trust. British Journal of Learning Disability: 1 – 9 https://doi.org/10.1111/bld.12462
Dhawan, S. (2020). Online Learning: A Panacea in the Time ofCOVID-19 Crisis. Journal of Educational Technology System, 49(1), 5-22. https://doi.org/10.1177/0047239520934018
Dalyono. (2012). Psikologi Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta
Djamarah, S.B. (2015). Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta
Farooq, F., Rathore, FA., Mansoor, SN. (2020). Challenges of Online Medical Education in Pakistan During COVID-19 Pandemic. Journal of the College of Physicians and Surgeons Pakistan, Vol. 30 (2) Hal. 67 – 69
Gray, J., & Diloreto, M. 2016. The effects of student engagement, student satisfaction, and perceived learning in online learning environments. International Journal of Educational Leadership Preparation, 11, 89–119
Hasanah, U, et.al. (2020). Gambaran Psikologis Mahasiswa dalam Proses Pembelajaran Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Keperawatan Jiwa, Vol. 8 (3) Hal. 299 – 306
Kasih, A.P. (2020). Survei UNICEF: 66 Persen Siswa Mengaku Tak Nyaman Belajar di Rumah. Diakses dari https://edukasi.kompas.com/read/2020/06/24/090832371/survei-unicef-66-persen-siswa-mengaku-tak-nyaman-belajar-di-rumah?page=all. Pada tanggal 28 Juni 2020
Mertawati. E. (2021). Indentifikasi Kesulitan Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Berbasis Online pada Kelas VI di SDN 1 Tanjung Ratu Ilir Kecamatan Way Pangubuan Lampung Tengah Pada Masa Pandemi. Skripsi. http://repository.radenintan.ac.id/16568/1/SKRIPSI%20%20BAB%201%26%205.pdf
Prayudha, J. (2021). Students’ Problems Face In Online Learning Amidt Pandemic Covid-19. Acitya: Journal of Teaching & Education, Vol. 3 (2) Hal. 188 – 197 https://journals.umkt.ac.id/index.php/acitya/article/view/2197/889
Putri, MD & Mapaung, J. (2018). Studi Deskripsi Tentang Tingkat Kesulitan Belajar Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 50 Batam. Jurnal Cahaya Pendidikan: Vol.4 (1) Hal. 34 – 43
Surat edaran Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19)
Windiarti, S., Fadilah, N., Dhermawati, E., & Pratolo, B. W. (2019). Teachers’ Perception Toward the Obstacles of E-learning Classes. Ethical Lingua Journal of Language Teaching and Literature, Vol. 6 (2), 117-128. https://doi.org/10.30605/25409190.v6.117-128
Yunisari, R., Hanifah, U. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Minat Belajar SIswa pada Masa Pandemi Covid-19. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol 2 (3) Hal. 232 – 243. https://edukatif.org/index.php/edukatif/index
Yanti, N., Sumianto. (2021). Analisis Faktor-faktor yang Menghambat Minat Belajar Dimasa Pandemi Covid-19 pada Siswa SDN 008 Salo. Jurnal Pendidikan Tambusai, Vol. 5 (1) Hal. 608 – 614. https://jptam.org/index.php/jptam/article/download/992/893
DOI: https://doi.org/10.26618/jbkpi.v1i02.8089
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View J-BKPI Stats