IMPLEMENTASI KURIKULUM AL ISLAM KEMUHAMMADIYAHAN DAN BAHASA ARAB TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER NILAI SPIRITUAL PESERTA DIDIK DI SMP MUHAMMADIYAH MAMUJU
Abstract
Abstrak: Pendidikan Karakter spiritual di SMP Muhammadiyah sangat Penting melalui penerapan kurikulum Al Islam Kemuhammadiyahan dan Bahasa Arab (ISMUBA), dengan didasari bahwa SMP Muhamadiyah adalah sekolah swasta umum sebagai amal usaha Muhammadiyah yang memiliki ciri khas khusus dan keunggulan kurikulum Ismuba dengan muatan materi pendidikan karakter. Pendidikan pembentukan karakter peserta didik melalui kurikulum Ismuba dianggap paling efektif yang sesuai dengan tujuan pendidikan karakter serta pentingnya optimalisasi penerapan kurikulum ismuba disekolah Muhammadiyah dengan melihat kondisi perkembangan peserta didik yang mengalamai degradasi moral. Penelitian ini merupakan Penelitian lapangan (Field Reseacrch) dengan menggunakan metode Deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Adapun Metode pengumpulan data penelitian yaitu melalui observasi, wawancara dan dokumentasi.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk pelaksanaan dan Implementasi Kurikulum Ismuba, dan untuk mengetahui Hambatan-Hambatan Implementasi Kurikulum Ismuba di SMP Muhammadiyah Mamuju.
Full Text:
PDFReferences
Abdullah. Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktik. Jakarta: Gaya Media Pratama, 1999.
Agustian, Ary Ginanjar. Rahasia Sukses Membangun Kecerdasan Emosional dan spiritual. Jakarta: Arga Wijaya Persada, 2021.
Aini, Syarifah. Impelementasi Nilai Karakter Melalui Al Islam dan Kemuhammadiyahan di SMP 01 Medan. Skripsi. Medan: Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, 2020.
Andayani, Dian dan Abdul Majid. Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Islam. (Bandung: Insan Cita Utama, 2010. Al-Qur’an dan Terjemahannya Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI, 2019.
Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta, 1998
Bagir, Haidar. Belajar dari Pengalaman Finlandia. sebuah Pengantar dalam Pasi Sahlberg, Finnish Lessons: Mengajar Lebih Sedikit, Belajar Lebih Banyak Basyir, Ahmad Azhar. Akidah Islam (Beragama Secara Dewasa) Edisi Revisi. Yogyakarta : UII Press, 2013.
Bahri, Syamsul, “Pengembangan Kurikulum Dasar dan Tujuannya”, Jurnal Ilmiah Islam Futura, Vol. XI, No. 1, Agustus 2011.
Burhan. Penelitian Kualitatif. Jakarta: Kencana, 2007. Departemen Agama. Standar Kompetensi. Jakarta: DEPAG, 2004.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Ke-2. Jakarta: Balai Pustaka, 1995.
Doe, Mimi. Walch, Marsha. 10 Prinsip Spiritual parenting. Bandung: Kaifa, 2002.
Dradjat, Zakiah. Dkk. Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam. Jakarta: Bumi Aksara, 2001.
Hardani. Dkk. Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Yogyakarta: CV Pustaka Ilmu Group, 2020
Hasan, Abdul Wahid. SQ NABI Aplikasi dan Strategi Model Kecerdasan Spiritual (SQ) Rasulullah Masa Kini. Yogyakarta: IRCiSoD, 2006.
lyas, Yunahar. Kuliah Akhlaq. Yogyakarta: LPPI UMY, 2018.
J.R, Sutarjo AdisusiloPembelajaran Nilai-nilai Kontstruktivisme dan VCT Sebagai Inovasi Pendekatan Pembelajaran Afektif. Jakarta: Rajalawi Press, . 2012.
Jalil, Abdul. SPIRITUAL INTERPRENEURSHIP Transformasi Spiritualitas Kewirausahaan.
Yogyakarta: LkiS, 2013.
Juwariyah, “Kurikulum Ideal Antara Cita dan Realita”, Jurnal Pendidikan Agama Islam, Vol. 1, No. 2, 2004.
Jamaluddin, Syakir. Sholat Sesuai Tuntunan Nabi SAW. (Mengupas Kontroversi Hadist Sekitar Sholat). Yogyakarta: LPPI UMY, 2017.
Kahmad, Dadang. Sosiologi Agama. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2002.
Khan, Inayat. Kehidupan Spiritual, terj. Imron Rosjadi. Yogyakarta: Putaka Sufi, 2002. Koesoema, Doni. Pendidikan Karakter Strategi Mendidik Anak Di Zaman Global. Jakarta:
Grasindo, 2010
Maksum, Ali. Tasawuf Sebagai Pembebasan Manusia Modern: Telaah Signifikasi Konsep Tradisionalisme Islam. Surabaya: PS4M, 2003.
Mansur, Junaidi. Mahfud. Rekonstruksi Sejaran Pendidikan Islam di Indonesia. Jakarta: Departemen Agama RI.
Maunah, Binti. Metodologi Pengajaran Agama Islam. Yogyakarta: penerbit TERAS, 2009. Moleang. J, Lexi. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosda karya,
Mudiya, Dasa. Metode Internalisasi Nilai-Nilai Akhlak Dalam Mata Pelajaran AL islam dan Kemuhammadiyahan Pada SMP Muhammadiyah 3 Bandar Lampung. Skripsi, Lampung: Universitas Islam Negeri Raden Intan, 2017
Muhaimin, dkk., Paradigma Pendidikan Islam: Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama di Sekolah, Bandung, PT. Remaja Rosdakarya,2012.
Muhaimin. Dkk. Paradigma Pendidikan Islam. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2002. Muhyidin, Muhammad. Manajemen ESQ Power. Jogjakarta: DIVA Press, 2003.
Mulyana, Dedi. Metodologi Peneltian Kualitatif. Bandung: PT Remaja RosdaKarya, 2004 Nasution. Metode Research. Bandung: Bumi Aksara, . 2006.
Nurmadiah, N. “Kurikulum Pendidikan Agama Islam,”. Dalam Al-Afkar, Vol. 2, no. 2, 2016.
Pujaswarno, Sayekti, 1996. Bimbingan dan Konseling. Yogyakarta: Menara Mas Ofset. Wardono, Boby Hendro, Efektivitas Kegiatan Ekstrakurikuler Rohis Dalam Mengembangkan Karakter Nilai Spiritual Siswa/I Di SMA Negeri 7 Bengkulu Selatan. Tesis IAIN Bengkulu. Diakses pada 14 Juli 2021 melalui scholar.google.co.id.
Wijayanti, Yuni, Peran Ekstrakurikuler Keagamaan Dalam Membentuk Karakter Nilai Spiritual Siswa Di SMPN 3 Malang. Skiripsi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Diakses pada 20 Januari 2020 melalui scholar.google.co.id.
Yusuf, Muri Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Penelitian Gabungan, Jakarta:Kencana, 2014.
DOI: https://doi.org/10.26618/jbkpi.v4i1.17346
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View J-BKPI Stats