Penerapan Teknik Shaping Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Kelas VIII SMPS Muhammadiyah Bateballa Kab Bantaeng

Nurintan Nurintan, Rukiana Novianti Putri, Ana Fitriani

Abstract


Tujuan dari penenlitian ini untuk untuk mengetahui penerapan teknik shaping untuk meningkatkan kedisiplinan siswa dan mengetahui gambaran perilaku siswa yang muncul setelah menerapkan teknik shaping Kelas VIII SMPS Muhammadiyah Bateballa Kab. Bantaeng. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi dan angket. Hasil dari penelitian peran teknik shaping dalam meningkatkan  kedisiplinan belajar siswa kelas viii sekolah menengah pertama swasta (SMPS) muhammadiyah bateballa kabupaten bantaeng  menunjukkan bahwa nilai rata-rata pre-test pada hasil analisis disiplin belajar siswa yang berjumlah 5 orang yaitu 36.2. sedangkan nilai rata-rata post-test yaitu 56 Artinya nilai rata-rata post-test lebih tinggi dibandingkan nilai rata-rata pre-test, hal ini membuktikan bahwa teknik shaping efektif untuk meningkatkan disiplin belajar siswa.

Full Text:

PDF

References


Ananda, G. P., & Nora, D. (2022). Faktor-Faktor Penyebab Rendahnya Karakter Disiplin Siswa Kelas X IPS di SMA Negeri 1 Junjung Sirih. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran, 4(1). https://doi.org/10.24036/sikola.v4i1.196

Angguni, R. (2021). Teknik Shaping Untuk Meningkatkan Disiplin Belajar Daring Pada Seorang Anak Di Wonoayu Sidoarjo. UIN Sunan Ampel Surabaya.

Dana, P. W., Harum, A., & Thalib, S. B. (2023). Peningkatan Kedisiplinan Belajar Siswa Melalui Teknik Shaping. Indonesian Journal of Learning Education and Counseling, 5(2).

Doni, L., Biringan, J., & Pangalila, T. (2021). Hubungan kedisiplinan siswa terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran PKn di SMP Negeri 1 Kabangka Kabupaten Muna. Jurnal Civic Education: Media Kajian Pancasila dan Kewarganegaraan, 4(2). https://doi.org/10.36412/ce.v4i2.2374

E, M., & Gredler. (2011). Learning and Instruction: Teori dan Aplikasi: Edisi Keenam. In Jakarta: Kencana.

Fatimah, A. N., Sujayati, W., & Yuliani, W. (2019). Efektivitas Teknik Self-Management Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Siswa SMA. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling dalam Pendidikan), 2(1). https://doi.org/10.22460/fokus.v2i1.4173

Lu, Y., & Ana Hamu, Y. (2022). Teori Operant Conditioning Menurut Burrhusm Frederic Skinner. Jurnal Arrabona, 5(1). https://doi.org/10.57058/juar.v5i1.65

Mu’min, A., Sindring, A., & Fadhilah Umar, N. (2022). Analisis Rendahnya Kedisiplinan Belajar Siswa dan Penanganannya (Study Kasus Siswa Kelas X Sman 5 Enrekang). Pinisi Journal of Education, 1.

Mukhlasin, A., Era, D. I., & Industri, R. (2019). Kepemimpinan Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Tawadhu, 3(1), 674–692.

Navariani, D. (2019). Identifikasi Faktor Penyebab Rendahnya Kedisiplinan Siswa Kelas V. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(8).

Nezhad, A. S., & Vahedi, M. (2011). The role of educational psychology in teacher education programs. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 30. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2011.10.064

Rahmadani, R., Neviyarni, & Firman. (2021). Manajemen Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2).

Setiadi, E., & Jaswandi, L. (2019). Pengaruh Teknik Shaping Trhadap Perilaku Menyontek Pada Siswa Kelas Viii Smpn 2 Narmada Kabupaten Lombok Barat. Realita : Jurnal Bimbingan dan Konseling, 4(1). https://doi.org/10.33394/realita.v4i1.2155

Khalsa, S. S. (2019). Pengajaran disiplin dan harga diri.

Sugiarto, A. P., Suyati, T., & Yulianti, P. D. (2019). Faktor Kedisiplinan Belajar Pada Siswa Kelas X Smk Larenda Brebes. Mimbar Ilmu, 24(2). https://doi.org/10.23887/mi.v24i2.21279




DOI: https://doi.org/10.26618/jbkpi.v4i1.17206

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View J-BKPI Stats