PENGARUH PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DI SMA NEGERI 14 GOWA

Juli Anis, Sutarto Sutarto, Dewi Purnamasari

Abstract


Penelitian ini membahas tentang Pengaruh Pendidikan Agama Islam dalam Budi Pekerti terhadap Karakter Siswa di SMA Negeri 14 GOWA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif asosiatif, yaitu penelitian yang bertujuan untuk mengumpulkan dan memberikan gambaran terhadap ada tidaknya hubungan antara Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam pemebntukan Karakter Siswa di SMA Negeri 14 GOWA. Data-data yang diperlukan dalam penelitian ini diperoleh melalui hasil analisis skor kusioner dan dokumentasi dari responden. kusioner diberikan melalui dua tahap, tahap pertama pemberian kuis untuk mengukur tingkat Pendidikan Agama Islam dan budi pekerti pada siswa. sedangkan pada tahap kudua, responden yang sama kemudian diberikan kuis untuk mengetahui tingkat karakter siswa. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Pendidikan Agama Islam dan budi pekerti memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap pembentukan karakter siswa. Sehingga dapat dikatakan bahwa semakin baik pemahaman dan kualitas belajar siswa pada pelajaran Pendidikan Agama Islam maka akan semakin baik pula karakter siswa di SMA Negeri 14 GOWA. Walaupun tak dapat dipungkiri adanya faktor lain yang dapat mempengaruhi karakter siswa di luar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti seperti dipengaruhi oleh faktor guru, orang tua, lingkungan, media sosial, dan pergaulan yang didapatkan oleh siswa.


Full Text:

PDF

References


Ainiyah, Nur. (2013). Pembentukan Karakter melalui Pendidikan Agama Islam. Jurnal Al-Ulum 13, No.1.

Anwar, Syaiful & Agus S. (2018). Pendidikan Islam dalam Membangun karakter Bangsa di Era Milineal. Jurnal Pendidikan X, No.2.

Farda, Siti. (2016). Pendidikan Karakter dalam Perspektif Islam. Jurnal Pendidikan, Vol.1 No.1.

Fathurrahman, suryana Dkk. (2013). Pengembangan Pendidikan Karakter. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Hadiwinarto. (2014). Analisis Faktor Hasil Penilaian Budi Pekerti. Jurnal Psikologi, Vol.41 No.2.

Hisanah, Nurul H. (2020). Dampak Penanaman Sikap Budi Pekerti terhadap Karakter Siswa dan Keberhasilan Belajar Siswa Kelas 8 di MTs Nurul Islam Sekarbela Tahun Ajaran 2019/2020. Jurnal Pendidikan UIN Mataram.

Marzuki. (2017). Pendidikan Karakter Islam. Jakarta: Amzah.

Ramdhani, Muhammad A. (2014). Lingkungan pendidikan dalam Implementasi Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, Vol.08 No.01

Rohmadi, Syamsul H. (2012). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Yogyakarta: Araska.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kualitatif untuk penelitian yang bersifat: eksploratif, enerpretif, interaktif, dan konstruktif. Bandung: Alfabeta.

Sutiyono, (2023). Penerapan Pendidikan Budi Pekerti sebagai Pembentukan Karakter Siswa di Sekolah: Sebuah Fenomena dan Realita. Jurnal Pendidikan Karakter, Tahun III No.3

Sutrisno, Suyatno. (2015). Pendidikan Islam di Era Peradapan Modern. Jakarta: Prenadamedia Group.

Syafri, Ulil A. (2014). Pendidikan Karakter Berbasis Al-Qur’an. Jakarta: Rajawali Pers.

Syazali, Novalia & Muhammad. (2014). Olah Data Penelitian Pendidikan. Bandar Lampung: Anugrah Utama Raharja.

Widarjono, Agus. (2018). Analisis Regresi dengan SPSS. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Zubaedi. (2013). Desain Pendidikan Karakter. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Zubaedi. (2011). Design Pendidikan Karakter. Jakarta: Premada Media Group.




DOI: https://doi.org/10.26618/jbkpi.v3i2.15853

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View J-BKPI Stats