Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Kelas X.10 SMA Negeri 9 Gowa
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di kelas X.10 SMA Negeri 9 Gowa. Metode yang digunakan adalah eksperimen dengan desain pre-test dan post-test. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode alur yang meliputi reduksi data,penyajian data dan penarik kesimpulan. Yang mana hasil dari penelitian ini ,menunjukkan hasil belajar pada mata pelajaran pendidikan agama islam pra siklus 55% pada akhir siklus 1sebesar 76,75% dan pada akhir siklus II mengalami peningkatan yang cukup besar sehingga mencapai 92% peserta didik yang mencapai kriteria ketuntasan tujuan pembelajaran (KKTP). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Jigsaw meningkatkan pemahaman materi dan keterlibatan siswa dalam proses belajar. Penelitian ini memberikan rekomendasi bagi penggunaan model Jigsaw sebagai alternatif strategi pembelajaran yang efektif di kelas.
Kata Kunci: Hasil Belajar, strategi kooperatif model jigsaw
Full Text:
PDFReferences
Aat Syafaat, Sohari Sahrani, Muslih, Peranan Pendidikan Islam Dalam Mencegah Kenakalan Remaja Jakarta:Pt.Raja Grafindo Persada, 2008
Agus suprijono, cooperative learning, Yogyakarta: pustaka pelajar, 2012
Anas Sudijono, pengantar statistik pendidikan, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2011 Andhika Octa Wijayanti,, Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Pendidikan Agama
Aronson, E. (1971). The Jigsaw Classroom. Sage Publications
IslamMelalui Metode Jigsaw Learning pada peserta didik kelas X di SMA Negeri 01 Metro Tahun 2009/2010, Skripsi IAIN Jurai Siwo Tahun 2009.
Aunurrahman, belajar dan pembelajaran, Bandung : alfabeta, 2012
Dirman, Cicih Juarsih, penilaian dan evaluasi, Jakarta : Pt. Rineka Cipta, 2014
Deni Damayanti, Panduan Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah, (Yogyakarta: Araska, 2014), hlm. 9.
Hamzah B Uno,dkk (2011) Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi aksara
Ismail Sukardi, Model-Model Pembelajaran Modern, (Jogyakarta: Tunas Gemilang Press, 2013), hlm. 5.
Jamal, Meningkatka hasil belajar peserta didik melalui tipe jigsaw, (Tarowang, 2023).
Jumanta Hamdayama, Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter, (Ghalia Indonesia: Bogor, 2014), hlm. 87.
Mei Silberman, Active Learning 101 Strategi Pembelajaran Aktif, (Pustaka Insan Madani : Yogyakarta, 2005), hlm., 168.
Miftahul Huda, Cooperative Learning, (Yogyakarta: PUSTAKA PELAJAR, 2014), hlm. 120.
Rani Marolasasi, model kooperatif tipe Jigsaw dalam kegiatan belajar mengajar dapat meningktkan aktifitas dan hasil belajar pada mata pelajaran IPS kelas V SDN 02 Metro Timur tahun ajaran 201/2014, Skripsi IAIN Jurai Siwo Tahun 2013.
Ramayulis, Metodologi PAI, (Jakarta: Kalam Mulia, 2010), hlm. 165.
Ridwan Abdullah Sani, Inovasi Pembelajaran, (Jakarta: Bumi Aksara, 2013), hlm. 136. Rohmalina Wahab, Psikologi Belajar, (Palembang: Grafika Telindo Press, 2014), hlm.
Rusman (2014) Model-Model Pembelajaran, Mengembangkan Profesionalisme Guru Jakarta : PT Raja Grafindo Persada
Rusman, Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru, Jakarta : PT Raja Grafindo Persada, 2013
Siti Umayah, Guru SDN 04 Tempuran, Pra Survey, 11 April 2018
Slamet, Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya, Jakarta:PT Rineka Cipta, 2003
Syaiful Bahri Djamarah, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta, 2010 Trianto, Model Pembelajaran Terpadu : Konsep, Strategi Dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) (Jakarta : Bumi Aksara, 2013), hal. 51Warsono, Pembelajaran Aktif, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2013
DOI: https://doi.org/10.26618/jbkpi.v3i2.15818
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View J-BKPI Stats