Eksplorasi Persepsi Diri dan Implikasinya terhadap Kesejahteraan Psikologis Mahasiswa

Ratna Wulandari, Sandi Pratama

Abstract


Penelitian ini mendalami eksplorasi mengenai persepsi diri mahasiswa dan dampaknya terhadap kesejahteraan psikologis mereka. Melibatkan pendekatan kualitatif dengan desain fenomenologi, penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana mahasiswa membentuk persepsi diri mereka dalam berbagai dimensi, termasuk penilaian kemampuan akademik, citra tubuh, hubungan sosial, dan pencapaian pribadi. Hasil penelitian menyoroti peran penting lingkungan sosial dan tekanan akademik dalam membentuk persepsi diri mahasiswa. Mahasiswa yang mendapatkan dukungan sosial yang positif cenderung memiliki persepsi diri yang lebih positif, sementara tekanan akademik dapat merangsang berbagai respons yang mempengaruhi cara mahasiswa menilai diri mereka sendiri. Mahasiswa dengan persepsi diri positif cenderung memiliki tingkat kesejahteraan psikologis yang lebih tinggi. Implikasinya, penelitian ini menekankan pentingnya mendukung mahasiswa dalam membentuk persepsi diri yang sehat melalui penguatan dukungan sosial, pendekatan sensitif terhadap tekanan akademik, dan pengembangan strategi koping yang positif.

Full Text:

PDF

References


Afifa, I. N., Rahayu, P. Y., Nur’aini, D., Vitaloka, V. J., Salsabila, S., & Zubaidah. (2023). Dampak persepsi bagi kesehatan mental individu. JPT: Jurnal Pendidikan Tematik, 4(3), 256–260.

Hayundaka, A. (2023). Pengaruh harga diri terhadap kesejahteraan psikologis dan kesepian pada mahasiswa. 3(2), 171–176. https://doi.org/10.22219/pjsp.v3i2.28365

Husnayaini, I. (2016). Persepsi Diri Terhadap Kemampuan Berbahasa Mahasiswa Bahasa Inggris. Persepsi Diri Terhadap Kemampuan ….. SCIENTIA, 1(1), 133–155. http://www.merriam-webster.com/dictionary/emotion

Junaedi, A. (2017). Student Adaptation Strategy in Dealing With the Differences of Tegal Cultural Culture (Study Case Students Pgsd Upp Tegal Fip Unnes). Jurnal Kreatif September, September 2017, 180–191.

Kurniawati, I., Raharjo, T. J., & Khumaedi. (2019). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah untuk Mempersiapkan Generasi Unggul Menghadapi Tantangan abad 21. Seminar Nasinal Pascasarjana, 21(2), 702.

Ranny, M, R. A. A., Rianti, E., Amelia, S. H., Novita, M. N. N., & Lestarina, E. (2017). Konsep Diri Remaja dan Peranan Konseling. Jurnal Penelitian Guru Indonesia, 2(2), 40–47.

Santoso, O. R., & Satwika, Y. W. (2019). Hubungan antara harga diri dengan kesejahteraan psikologis pada wanita menikah yang bekerja. Jurnal Penelitian Psikologi, 06.(3), 1–11.

Sara, G., Oktafany, O., & Hanriko, R. (2019). Persepsi Mahasiswa terhadap Umpan Balik yang Diberikan dalam Diskusi Problem-Based Learning di Fakultas Kedokteran Universitas Lampung: Sebuah Studi Kualitatif. Jurnal Majority, 8(2), 76–84.




DOI: https://doi.org/10.26618/jbkpi.v3i1.13682

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View J-BKPI Stats