SALURAN DAN MARGIN PEMASARAN PRODUK IKAN ASAP DI KABUPATEN FAKFAK

Muh Haidir Hakim

Abstract


Indonesia merupakan Negara kepulauan yang memiliki potensi wilayah perairan laut Indonesia berupa ikan bernilai ekonomis tinggi antara lain tuna, cakalang, udang, tongkol, tenggiri, kakap, cumi-cumi, dan lainnya. Salah satu wilayah di Indonesia yakni Provinsi Papua Barat, wilayah yang memiliki laut luas serta berpeluang untuk di kembangkannya sektor perikanan.Melihat banyaknya potensi perikanan yang sangat menjanjikan, membuat masyarakat harus bisa melakukan pemanfaatan ikan menjadi suatu produk yang bernilai ekonomis. Salah satu produk dari hasil perikanan yaitu ikan asap, salah satu kabupaten di Papua Barat yang memiliki produsen ikan asap adalah Kabupaten Fakfak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui saluran pemasaran ikan asap di Kampung Kapartutin Kabupaten Fakfak dan untuk mengetahui biaya margin ikan asap di Kampung Kapartutin Kabupaten Fakfak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Hasil penilitian ini menunjukan bahwa saluran pemasaran di Kampung Kapartutin terdiri dari 3saluran pemasaran yaitu saluran pemasaran tingkat nol dari produsen ke konsumen, saluran pemasaran tingkat 1 produsen membeli dari nelayan kemudian dijual ke pedagang pengecer lalu pedagang pengecer menjual ke konsumen dan saluran pemasaran tingkat 2 produsen membeli ikan segar dari nelayan dan diolah menjadi ikan asap setelah itu dijual kepada pedagang pengumpul, pedagang pengumpul menjual ke pedagang pengecer kemudian pedagang pengecer menjual ke konsumen. Jumlah Margin pada semua tingkat saluran pemasaran adalah Rp. 8.000/Ekor


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26618/agm.v3i1.9709

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

View My Stats